jenjang karir admin tambang

Tugas Admin Tambang: Kualifikasi, Cara Menjadi, dan Gajinya

Diposting pada 8,167 views

Admin tambang adalah salah satu posisi penting dalam industri pertambangan. Admin tambang bertanggung jawab untuk mengurus berbagai hal administratif yang berkaitan dengan operasional tambang, seperti perizinan, perencanaan, pengawasan, pelaporan, dan lain-lain. Admin tambang juga harus berkoordinasi dengan berbagai pihak, baik internal maupun eksternal, seperti manajemen, karyawan, kontraktor, pemasok, pemerintah, dan masyarakat sekitar.

Tugas Admin Tambang

Berikut adalah beberapa tugas admin tambang yang umum dilakukan:

  • Membuat dan mengurus dokumen perizinan tambang, seperti Izin Usaha Pertambangan (IUP), Izin Pinjam Pakai Kawasan Hutan (IPPKH), Amdal, Rencana Kerja dan Anggaran Biaya (RKAB), dan lain-lain.
  • Membuat dan mengupdate database operasional tambang, seperti data produksi, kualitas, stok, pengiriman, biaya, dan lain-lain.
  • Membuat dan menyajikan laporan operasional tambang secara berkala kepada manajemen dan pihak terkait, seperti laporan bulanan, triwulanan, tahunan, dan lain-lain.
  • Mengawasi dan memastikan kepatuhan terhadap peraturan dan standar yang berlaku di bidang pertambangan, seperti Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), Lingkungan Hidup (LH), Good Mining Practice (GMP), dan lain-lain.
  • Menjalin komunikasi dan hubungan baik dengan berbagai pihak yang terlibat dalam operasional tambang, seperti karyawan, kontraktor, pemasok, pemerintah, dan masyarakat sekitar.
  • Menyelesaikan masalah dan keluhan yang muncul terkait dengan operasional tambang secara cepat dan profesional.
  • Melakukan tugas-tugas administratif lainnya yang diperlukan sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Persyaratan dan Keterampilan Admin Tambang

Admin tambang harus memiliki keterampilan dan kompetensi yang sesuai dengan tugasnya. Beberapa keterampilan dan kompetensi yang dibutuhkan adalah:

  • Pendidikan minimal D3/S1 jurusan administrasi bisnis, manajemen, akuntansi, atau sejenisnya.
  • Pengalaman kerja minimal 2 tahun di bidang administrasi tambang atau sektor pertambangan lainnya.
  • Menguasai peraturan dan standar yang berlaku di bidang pertambangan.
  • Menguasai aplikasi komputer yang berkaitan dengan administrasi tambang, seperti Microsoft Office, SAP, AutoCAD, dll.
  • Memiliki kemampuan komunikasi yang baik, baik lisan maupun tulisan.
  • Memiliki kemampuan analisis dan problem solving yang baik.
  • Memiliki kemampuan kerjasama tim yang baik.
  • Memiliki integritas dan loyalitas yang tinggi terhadap perusahaan.

Admin tambang adalah pekerjaan yang menantang namun juga menarik. Admin tambang harus siap menghadapi berbagai situasi dan kondisi yang dinamis di lapangan. Admin tambang juga harus siap belajar dan berkembang sesuai dengan perkembangan industri pertambangan. Dengan demikian, admin tambang dapat memberikan kontribusi yang positif bagi perusahaan dan lingkungan sekitarnya.

Cara Menjadi Admin Tambang

Admin tambang adalah salah satu profesi yang menarik dan menantang di sektor pertambangan. Admin tambang bertanggung jawab untuk mengurus berbagai hal administrasi yang berkaitan dengan operasional tambang, seperti perizinan, pengadaan, keuangan, sumber daya manusia, keselamatan, dan lingkungan. Admin tambang juga berperan sebagai penghubung antara manajemen tambang dengan pihak-pihak terkait, seperti pemerintah, masyarakat, mitra kerja, dan kontraktor.

Untuk menjadi admin tambang yang handal, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan dan ditingkatkan, antara lain:

1. Pendidikan

Minimal lulusan D3 atau S1 dari jurusan yang relevan dengan bidang pertambangan, seperti administrasi bisnis, manajemen, akuntansi, hukum, atau teknik. Selain itu, admin tambang juga harus memiliki sertifikat kompetensi yang sesuai dengan peraturan yang berlaku, seperti sertifikat POP (Pengawas Operasional Pertama) atau POM (Pengawas Operasional Madya).

2. Pengalaman

Pengalaman kerja di bidang pertambangan sangat membantu untuk memahami proses dan regulasi yang ada di sektor ini. Admin tambang bisa mulai dari posisi entry level, seperti staff administrasi, sekretaris, atau asisten manajer. Dengan bekerja keras dan menunjukkan kinerja yang baik, admin tambang bisa naik ke posisi yang lebih tinggi, seperti supervisor, koordinator, atau manajer.

3. Keterampilan Yang Harus Dimiliki

Admin tambang harus memiliki keterampilan yang dibutuhkan untuk menjalankan tugasnya dengan efektif dan efisien, seperti keterampilan komunikasi, negosiasi, organisasi, analisis, penyelesaian masalah, dan pengambilan keputusan. Selain itu, admin tambang juga harus menguasai penggunaan komputer dan aplikasi yang berkaitan dengan pekerjaannya, seperti Microsoft Office, SAP, AutoCAD, atau software lainnya.

4. Sikap Yang Harus Dimiliki

Admin tambang harus memiliki sikap profesional dan etis dalam bekerja. Admin tambang harus bisa bekerja sama dengan tim dan pihak-pihak lain secara harmonis dan saling menghormati. Admin tambang juga harus bisa beradaptasi dengan situasi yang berubah-ubah dan menyelesaikan tantangan yang dihadapi dengan tenang dan bijaksana. Admin tambang juga harus memiliki integritas dan tanggung jawab yang tinggi terhadap pekerjaannya.

Dengan mempersiapkan dan meningkatkan hal-hal di atas, admin tambang bisa meniti jenjang karirnya dengan sukses dan membanggakan. Admin tambang adalah profesi yang penting dan berkontribusi besar bagi kemajuan sektor pertambangan di Indonesia.

Jenjang Karir Admin Tambang

Jenjang karir admin tambang dapat sangat bervariasi tergantung pada perusahaan tambang dan kompleksitas dari operasi tambang itu sendiri. Di industri pertambangan, seorang admin tambang dapat mengembangkan karir mereka dari posisi awal menjadi posisi yang lebih senior dengan meningkatkan keterampilan dan pengalaman. Berikut adalah beberapa tahapan jenjang karir yang umum dalam peran admin tambang:

  1. Admin Tambang Junior / Staf Administrasi: Ini adalah posisi awal dalam karir admin tambang. Sebagai staf administrasi junior, tugas utama meliputi membantu dengan tugas-tugas administratif harian, mengelola dokumen, mengarsipkan data, dan memberikan dukungan umum pada operasional tambang.
  2. Admin Tambang Senior: Setelah memiliki pengalaman yang cukup, seorang admin tambang bisa naik ke posisi senior. Di tingkat ini, tanggung jawabnya menjadi lebih luas, seperti mengelola tim administrasi, koordinasi proyek, dan melibatkan diri lebih dalam dalam pengambilan keputusan strategis terkait administrasi tambang.
  3. Koordinator Administrasi Tambang: Pada tingkat ini, seorang admin tambang dapat menjadi koordinator administrasi yang bertanggung jawab untuk mengawasi dan mengkoordinasikan seluruh tim administrasi. Mereka juga dapat berperan sebagai perantara antara departemen lain di tambang dan menjadi pemimpin dalam peningkatan proses administratif.
  4. Supervisor Administrasi Tambang: Sebagai seorang supervisor, tanggung jawabnya mencakup mengelola dan mengarahkan tim administrasi, memberikan pelatihan, dan memastikan kualitas kerja yang tinggi dalam operasi sehari-hari.
  5. Manajer Administrasi Tambang: Pada tingkat manajerial, seorang admin tambang dapat menjadi manajer administrasi. Dalam peran ini, mereka bertanggung jawab untuk mengelola seluruh tim administrasi tambang, mengawasi operasi, membuat keputusan strategis, dan berpartisipasi aktif dalam perencanaan jangka panjang perusahaan.
  6. Manajer Senior / Eksekutif: Jika memiliki kemampuan kepemimpinan yang kuat dan berpengalaman bertahun-tahun dalam industri tambang, seorang admin tambang berpotensi mencapai posisi manajer senior atau eksekutif. Pada tahap ini, mereka terlibat dalam pengambilan keputusan strategis perusahaan secara keseluruhan dan berkontribusi pada arah dan pertumbuhan perusahaan.

Gaji Admin Tambang

Jika Anda tertarik untuk bekerja di sektor pertambangan, salah satu posisi yang bisa Anda lamar adalah admin tambang. Admin tambang adalah orang yang bertanggung jawab untuk mengurus administrasi dan dokumen yang berkaitan dengan kegiatan pertambangan, seperti perizinan, kontrak, laporan, dan lain-lain. Admin tambang juga harus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait, seperti manajemen, karyawan, pemasok, pelanggan, dan pemerintah.

Gaji admin tambang tentu saja berbeda-beda tergantung pada perusahaan, lokasi, pengalaman, dan kualifikasi yang dimiliki. Namun, berdasarkan data dari situs pencari kerja Indeed.com, rata-rata gaji admin tambang di Indonesia adalah Rp 5.474.000 per bulan. Gaji ini bisa lebih tinggi atau lebih rendah tergantung pada faktor-faktor yang telah disebutkan sebelumnya.

Selain gaji, admin tambang juga bisa mendapatkan tunjangan dan fasilitas lainnya dari perusahaan, seperti uang makan, transportasi, asuransi kesehatan, bonus, dan lain-lain. Tentu saja, hal ini juga tergantung pada kebijakan perusahaan masing-masing.

Baca juga:

Gambar Gravatar
Tim Editorial KitaPunya.net adalah seorang profesional di bidang Manajemen, Teknologi Digital dan Marketing dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. KitaPunya.net saat ini menjadi situs pendidikan dan karir yang selalu berusaha memberikan inforamasi akurat, terpecaya dan terupdate.