Njanur gunung tegese

Arti Njanur Gunung : Tegese dan Contoh Kalimat

Diposting pada 26.668 views

Apa tegese njanur gunung ? “Suatu hari aku pergi berkunjung ke rumah sahabatku semasa SMA. Aku ingin menemuinya karena sudah rindu karena lama tak bertemu. Setelah keputusanku merantau ke luar kota untuk berkuliah, tahun ini aku baru bisa pulang ke kampung halaman.”

“Sahabatku menyambut dengan ramah, kita mengobrol di dalam rumah dan saling bercerita apa yang terjadi selama satu tahun ini”


“Njanur gunung, kadingaren dolan mrene.” Di tengah perbincangan kami sahabatku berkata seperti itu.

Percakapan singkat di atas menimbulkan pertanyaan apa arti kata njanur gunung. Kata njanur gunung berasal dari Bahasa Jawa. Meskipun kata njanur gunung sering digunakan oleh masyarakat Jawa, namun bagi sebagian orang masih terdengar asing, terutama bagi generasi millenial.

Untuk itu artikel kali ini akan membahas arti atau tegese njanur gunung lengkap dengan contoh kalimat.

Tembung Njanur Gunung Tegese

Janur adalah daun kelapa yang masih muda. Habitat pohon kelapa banyak tumbuh di sekitar pantai. Janur gunung menggambarkan daun kelapa muda (janur) dari pohon aren yang tumbuh di daerah pegunungan. Habitat pohon kelapa yang tumbuh di pegunungan akan terlihat tidak biasa dibandingkan ketika tumbuh di habitat aslinya yaitu di pantai.

Kata Njanur Gunung tegese kadingaren artinya sesuatu yang tidak biasa atau jarang terjadi. Dalam bahasa Indonesia kadingaren bermakna sama dengan tumben atau jarang terjadi.

Dari penjelasan di atas kita bisa menyimpulkan tembung njanur gunung tegese kadingaren, tumben lan ora biasane.

Contoh Kalimat (Ukara Saka Tembung Njanur Gunung)

Beberapa contoh kalimat di bawah ini menunjukkan penggunaan kalimat njanur gunung. Bisa kamu gunakan untuk menambah referensi ketika ada tugas membuat kalimat atau ukara dalam Bahasa Jawa.

  1. Raka njanur gunung gelem budhal sekolah isuk.
  2. Siti njanur gunung nesu marang kancane, biasane dheweke bocah sing sabar.
  3. Keluarga Pak Joko njanur gunung tumbas janganan ing pasar biasane ing supermarket.
  4. Rika njanur gunung dolan nganthi bengi karo kanca-kancane.
  5. Rapote Miranda njanur gunung dipundhut karo bapake, biasane saben rapotan sing mundhut mesti ibuke.

Baca Juga :
Adigang Adigung Adiguna Tegese
Arti Pepalang

Kesimpulan :

Njanur gunung termasuk paribasan dalam Bahasa Jawa atau peribahasa. Berdasarkan pengertian di atas dan beberapa referensi, njanur gunung tegese kadingaren atau ora biasane. Dalam Bahasa Indonesia bermakna sama dengan kata tumben yang berarti jarang atau tidak biasa.

Ketika teman-teman tidak sengaja disebut njanur gunung oleh orang lain, kamu tidak perlu tersinggung. Biasanya mereka mengatakan ini karena merasa sudah akrab, namun lama tidak mendengar kabarmu.

Nah itulah arti njanur gunung dan contoh kalimat. Semoga artikel ini mampu menambah pengetahuan baru kamu dalam Bahasa Jawa kedepannya. Sampai jumpa di artikel kitapunya selanjutnya.