Ngangsu Kawruh Tegese

Ngangsu Kawruh Tegese

Diposting pada 11.869 views

Ngangsu Kawruh Tegese?

“Para murid lagi ngangsu kawruh ing sekolahan.” Pernah nggak teman-teman mendengar kalimat di atas. Tak jarang kalimat ini menimbulkan pertanyaan apa arti ngangsu kawruh. Bagi kamu yang sering menggunakan bahasa jawa dalam obrolan sehari-hari pasti sudah tidak asing dengan artinya.


Faktanya, penggunaan bahasa daerah saat ini telah mengalami penurunan. Bahkan generasi muda lebih percaya diri menggunakan bahasa asing. Hal ini berdampak pada pemahaman bahasa daerah yang kurang dan lunturnya budaya.

Ngangsu kawruh termasuk tembung entar. Kita biasa menyebut tembung entar sebagai kata kiasan.  Penggunaan kata kiasan berfungsi untuk memberikan makna lebih atau penekanan terhadap suatu hal yang disampaikan.

Artikel kali ini akan mengulas arti ngangsu kawruh dan contoh kalimatnya. Yuk langsung saja!

Tegese Ngangsu Kawruh

Kalimat ngangsu kawruh berasal dari bahasa jawa. Apa teman-teman pernah menjumpai pertanyaan apa arti (tegese) ngangsu kawruh? Pertanyaan ini biasanya sering muncul dalam pembelajaran bahasa jawa.

Ngangsu kawruh berasal dari dua kata yaitu ngangsu dan kawruh.  Ngangsu dalam bahasa jawa berarti ngolek. Kawruh berarti ilmu. Sehingga kalau kita gabungkan ngangsu kawruh tegese golek ilmu atau golek ngelmu.

Sekarang, mari kita artikan ngangsu kawruh dalam Bahasa Indonesia. Ngangsu kawruh berarti mencari pengetahuan atau mencari ilmu. Harapannya ilmu ini dapat bermanfaat bagi diri sendiri, keluarga dan lingkungan sekitar.

Generasi muda hingga orang dewasa hendaknya mempunyai semangat yang tinggi dalam mencari ilmu. Selain lewat pendidikan formal, menuntut ilmu juga bisa kita dapatkan dari berdiskusi dengan orang-orang di lingkungan sekitar, mengikuti online course, belajar bersama teman, mengembangkan soft skill melalui pelatihan dan masih banyak lagi. Bagaimana banyak cara bukan untuk menuntut ilmu?

Apa kamu lagi mencari arti kata dalam bahasa jawa lainnya?

Kunjungi juga: 
Arti Njanur Gunung : Tegese dan Contoh Kalimat
Arti Andhap Asor:  Tegese lan Gawe Ukara

Gawea Ukara Nganggo Tembung Ngangsu Kawruh

Membuat kalimat (ukara) merupakan salah satu cara agar bisa mengingat arti dengan lebih mudah. Sama halnya dengan tembung ngangsu kawruh yang akan kita buat contoh kalimatnya. Yuk langsung saja simak contoh kalimat dari tembung ngangsu kawruh.

Ukara Saka Tembung Ngangsu Kawruh
  1. Para murid lagi ngangsu kawruh ing sekolahan.
  2. Guru uga ngangsu kawruh supaya lancar mulang murid-muride.
  3. Dilla ngangsu kawruh ana salah sawijing kampus kedokteran ing Surabaya.
  4. Nalika ngangsu kawruh kudu semangat ojo nganti gampang pasrah.
  5. Bagus ngangsu kawruh ana salah sawijining kursus Bahasa Inggris ing Kediri.

Kesimpulan :

Dalam Bahasa Jawa ngangsu kawruh tegese ngolek ilmu. Ngolek ilmu berarti mencari ilmu atau menuntut ilmu. Siapa pun hendaknya mempunyai semangat yang tinggi dalam menuntut ilmu.

Itulah arti (tegese) ngangsu kawruh. Bila teman-teman merasa terbantu dengan artikel ini, silakan bagikan agar bermanfaat juga bagi yang lain. Kunjungi Kitapunya untuk dapatkan update artikel terkait pendidikan dan karier. See you.