arti jer basuki mawa beya tegese

Arti Jer Basuki Mawa Beya : Tegese dan Contoh Kalimat

Diposting pada 13.650 views

Tegese Jer Basuki Mawa Beya – Pepatah Jer Basuki Mawa Beya pasti sudah tidak asing kita temui, terutama bagi masyarakat Jawa Timur. Mengapa? Karena pepatah ini merupakan semboyan Provinsi Jawa Timur.

Dalam budaya Jawa pasti semua pepatah mempunyai makna yang bisa kita pelajari dan terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Pepatah diambil dari ajaran luhur, sehingga sedikit banyak akan mengajarkan nilai-nilai kebaikan. Sama halnya dengan pepatah Jer Basuki Mawa Beya.  Apa arti dari Jer Basuki Mawa Beya? Yuk, kita akan bahas secara lengkap di artikel kali ini.


Jer Basuki Mawa Beya Tegese (Arti)

Secara harfiah, arti Jer Basuki Mawa Beya antara lain sebagai berikut:

  • Jer: memang
  • Basuki: selamat, bahagia dan berhasil
  • Mawa: memakai, membutuhkan dan memerlukan
  • Beya: biaya dan dana

Sehingga, Jer basuki Mawa Beya berarti untuk mencapai kebahagiaan atau keberhasilan membutuhkan biaya.  Atau dalam bahasa Jawa Jer Basuki Mawa Beya tegese Samubarang gegayuhan (cita-cita, kekarepan) mbutuhake wragat.

Namun, kita jangan salah mengartikan pepatah Jer Basuki Mawa Beya. Seseorang yang ingin mencapai kebahagiaan dan keberhasilan tidak hanya membutuhkan biaya saja. Ungkapan Jer Basuki Beya membahas bahwa untuk meraih keberhasilan atau kesuksesan manusia membutuhkan pengorbanan dan kerja keras. Pengorbanan ini bisa berupa perjuangan, biaya, waktu pikiran dan tenaga.

Apa Pelajaran yang Bisa Diambil?

Kata beya yang berarti biaya sering menimbulkan kesalahpahaman, bila ingin berhasil harus mempunyai biaya. Padahal seseorang yang mempunyai biaya atau materi yang cukup bila tidak bekerja keras dan berkorban dalam hidupnya juga belum tentu meraih keberhasilan.

Pengorbanan antara satu orang dengan yang lainnya pasti berbeda, ada yang berkorban waktu, harta, tenaga dan sebagainya. Beya yang dimaksud tidak hanya materi, melainkan kerja keras untuk meraih cita-cita yang diimpikan.

Pepatah ini mengajarkan kita sebagai manusia hendaknya bekerja keras dan berjuang lebih untuk meraih apa yang diinginkan bukan hanya berharap akan datang keajaiban.

Contoh Kalimat dari Kata Jer Basuki Mawa Beya

Membuat kalimat akan semakin memudahkan kita dalam memahami makna dari sebuah kata. Dalam pelajaran Bahasa Jawa tak jarang kita diminta untuk membuat contoh kalimat. Nah, di bawah ini beberapa contoh kalimat :

  1. Ninda dadi lulusan terbaik perguruan tinggi amarga wong tuwane ora tau leren nyambut gawe, pancen kabeh yen kepengen sukses kudu Jer Basuki Mawa Beya.
  2. Pak Budi uwong kang Jer Basuki Mawa Bea, dheweke ngedol lemahe kanggo usaha anake nganthi sukses saiki keluargane uripe kepenak.
  3. Bu Wina menehi piwulang marang anake sifat Jer Basuki Mawa Bea supaya anake kerja keras lan berkorban ndadekake cita-citane.

Baca Juga :

Cangkriman Bahasa Jawa

Adigang Adigung Adiguna

Kesimpulan :                     

Dalam bahasa Jawa Jer Basuki Mawa Beya tegese samubarang gegayuhan (cita-cita, kekarepan) mbutuhake wragat. Tetapi wragat (biaya) yang dimaksud tidak hanya materi namun kerja keras dan usaha juga diperlukan. Lebih jauh lagi, ungkapan ini membahas bahwa untuk meraih keberhasilan atau kesuksesan manusia membutuhkan pengorbanan dan kerja keras.