cara setup konten kalender

Cara Setup Konten Kalender untuk Bisnis Online

Diposting pada 107 views

Cara Setup Konten Kalender untuk Bisnis Online – Salah satu strategi dalam pemasaran menggunakan media sosial adalah menjaga kestabilan konten yang terunggah serta kualitasnya. Nah, agar memudahkan Anda dalam mengatur setiap post konten, Anda dapat menggunakan Konten Kalender untuk mengembangkan bisnis online hosting tahunan murah.

Banyak cara, template, maupun aplikasi yang dapat digunakan untuk mempersiapkan konten kalender yang terbaik. Mulai dari yang sederhana hanya dengan memanfaatkan Google Sheets atau Microsoft Excel untuk mengatur setiap konten, hingga ke aplikasi yang rumit yang dapat memantau umpan dari followers. Bahkan, berbagai macam desain template pun tersedia yang bisa digunakan secara gratis. 

Baca juga:  7 Tips Memilih Web Hosting Terbaik Untuk Kamu Yang Sedang Membangun Website

Namun, sebelum belajar cara setup konten kalender untuk bisnis online yang Anda kelola, dalam hal ini kita akan menggunakan contoh bisnis domain murah. Nah ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu alasan mengapa konten kalender itu penting. 

Alasan Konten Kalender Penting untuk Mengembangkan Bisnis

1. Lebih menghemat waktu

Konten kalender untuk media sosial dapat menjaga Anda dari rasa frustasi akibat harus mencari konten inspiratif yang harus diposting hari itu juga. Kesia-siaan berjam-jam lantaran harus memandang beragam artikel atau quote untuk bahan menulis konten post pun dapat terhindarkan. Anda pun akan terhindar dari pekerjaan yang menumpuk. 

Berbagai ide kreatif akan dapat Anda simpan untuk nanti. Waktu yang digunakan untuk memposting konten pun akan lebih hemat. Pasalnya, persediaan sudah dimiliki, tinggal menunggu waktu yang tepat untuk memasangnya di media sosial. 

2. Konsisten dalam memposting konten

Kunci untuk meningkatkan followers media sosial atau subscriber Youtube adalah dengan menjaga konsistensi posting konten. Tidak ada cara lain yang tepat selain itu. Pasalnya, dengan menampilkan konten Anda secara konsisten di feed pelanggan, akan mampu menarik keterlibatan mereka. Interaksi pun akan terjaga dengan sendirinya. 

Baca juga: Manfaat dan Keuntungan Pemasaran Online (Online Marketing)

Lambat laun, dengan algoritma yang dimiliki tiap platform, maka konten-konten yang Anda post akan masuk dalam halaman konten terbaru. Akibatnya mampu menarik pengguna baru untuk mulai mengenali produk-produk Anda. 

3. Mengurangi kesalahan penulisan maupun hal yang lebih besar

Kesalahan bisa saja terjadi dalam memposting konten di media sosial. Seperti ejaan yang tidak tepat, penulisan yang typo, atau bahkan fakta yang tidak sesuai sehingga merusak citra perusahaan maupun produk jual beli domain murah yang tengah menjadi topik konten. 

Kesalahan-kesalahan tersebut dapat dikurangi jika Anda menggunakan kalender konten. Sehingga ada tim yang dapat membantu untuk menilai, mereview penulisan, serta memberi masukan yang tepat untuk memperbaikinya. 

Cara Setup Konten Kalender

Usai mendapatkan alasan yang tepat mengapa harus mempersiapkan konten kalender sebelum mempostingnya di media sosial, kini Anda perlu mempelajari cara setup konten kalender. 

Ada 4 langkah yang harus Anda ikuti, di antaranya: 

1. Analisis jaringan serta konten media sosial yang sudah ada

Langkah pertama adalah analisis konten serta jaringan media sosial yang ada. Pertama, saring akun-akun palsu yang menjadi pengikut Anda. Kemudian cobalah untuk mencari tahu algoritma yang digunakan media sosial tersebut dalam menaikkan engagement dengan audiens

Baca juga: 14 Cara dan Tips Membuat Konten di Instagram agar Sukses

Pilah-pilah juga konten seperti apa yang menarik untuk dinikmati oleh pembaca dengan riset melihat dari kompetitor lain. Kemudian mulai untuk mengubah konten lama menjadi konten yang lebih kreatif dan menarik lagi. 

2. Tentukan channel media sosial yang akan digunakan

Secara sekilas, semua media sosial mungkin memiliki algoritma yang sama. Tetapi, cara kerjanya berbeda. Maka, putuskan channel media sosial mana yang akan Anda gunakan untuk mempromosikan bisnis domain website murah Anda. Dengan begitu, setiap konten yang akan Anda post sesuai dengan algoritma platform yang digunakan. 

3. Putuskan apa yang harus dilakukan oleh konten kalender Anda

Menggunakan alat sederhana untuk membantu menyiapkan konten kalender memang bisa digunakan. Tetapi, jika Anda memiliki lebih dari 5 orang untuk mengelola konten bisnis online tersebut, maka diperlukan aplikasi khusus yang dapat membantu memantau siapa saja yang akan melakukan posting, kapan konten tersebut diposting, kapan disetujui, kemudian bagaimana hasilnya. 

Baca juga: 7 Inspirasi Bisnis Tanpa Modal di Instagram Yang Bisa Kalian Coba

Lebih detail lagi, hal yang perlu Anda persiapkan dan wajib ada dalam konten kalender adalah: 

  • Platform seperti feed post, story, IGTV, atau ads
  • Tanggal kapan akan diposting. 
  • Tanggal disetujui jika memerlukan persetujuan dari manajemen yang berada di jajaran lebih tinggi. 
  • Visual seperti foto, gambar ilustrasi, infografis, atau bahkan video. 
  • Geo Tag untuk menentukan audiens yang harus ditangkap oleh algoritma media sosial. 
  • Analisis hasilnya. 

4. Mulai putuskan apa yang akan diposting

Langkah selanjutnya adalah memutuskan tema apa saja yang akan diposting. Akan lebih baik jika dalam satu minggu, tema yang diposting seirama sehingga audiens akan terus menantikan kelanjutannya. Diselingi dengan beberapa konten interaktif seperti adanya giveaway atau kuis dapat menarik keterlibatan mereka. 

Itulah cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga konsistensi dalam memposting konten menggunakan konten kalender. Jadi, apa Anda sudah melakukannya? Jika belum, segera lakukan untuk menaikkan engagement audiens, ya. Selamat mencoba. 

Gambar Gravatar
Suka dengan kata dan cinta dengan karya.