cara cek umur domain

Cara Cek Umur Domain Website / Blog Paling Mudah

Diposting pada 107 views

Cara Cek Umur Domain Website/Blog – Domain adalah nama dari sebuah website/blog yang terkait dengan IP Addres seperti example.com. Domain memiliki berbagai macam ekstensi seperti .com, .net, .co.id, .id, .org dan masih banyak lagi.

Nama domain diperlukan agar memudahkan dalam mengakses sebuah website, dikarenakan apabila mengakses IP address yang berupa kumpulan angka tentu akan sangat sulit untuk diingat.


Bayangkan saja apabila di dunia tidak ada domain, maka ketika kita ingin akses sebuah website kita harus mengaksesnya menggunakan IP address yang terdiri dari beberapa angka, misalnya 43.441.32.455. Jika satu website mungkin masih mungkin kita hafal, tetapi jika ada 10 website, 100 website?

Nah untuk itu mari kita ketahui lebih dulu definisi domain.

Pengertian Domain

Domain adalah nama dari sebuah website/blog yang terkait dengan IP Addres seperti example.com. Domain memiliki berbagai macam ekstensi seperti .com, .net, .co.id, .id, .org dan masih banyak lagi.

Pemilihan nama domain menjadi sangat penting karena mempengaruhi SEO (Search Engine Optimization). Domain akan lebih bagus apabila memiliki jumlah karakter yang sedikit, unik dan mudah diingat.

Saat ini harga domain cukup terjangkau, dengan uang 150 ribu Anda bisa mendapatkan domain dengan berekstensi .com. Kamu bisa mendapatkan domain murah di berbagai penyedia domain seperti Niagahoster.

Mengapa Perlu Mengetahui Umur Domain?

Mengetahui umur domain biasa dilakukan pada saat kita kepo dengan sebuah website, atau ketika kita ingin bekerja sama dengan website tersebut dan kita ingin mengetahui kualitasnya dari sisi umur website.

Apabila umur domain tersebut sudah lama, tentu kredibilitasnya akan lebih tinggi daripada website baru. Walupun bisa juga tidak demikian.

Tidak hanya itu, mungkin Anda yang ingin membeli expired domain perlu mengetahui umur domain. Umur domain sangat penting diketahui karena menjadi salah satu indikator kualitas expired domain. Walaupun, tidak semua domain yang memiliki umur tua memiliki kualitas bagus, ada faktor lain seperti track record, niche, kualitas dan jumlah backlink dll.

Nah artikel kali ini kita akan membahas bagaimana cara mengetahui umur sebuah domain. Berikut ini adalah beberapa cara mengetahui umur domain.

Cara Mudah Cek Umur Domain

1. Cara Cek Umur Domain Melalui Website Terkait

Cara yang paling mudah dan simple untuk dilakukan adalah dengan mencari tahu di website tersebut halaman yang bisa memberikan informasi tentang umur website seperti :

  • Tahun website dibuat, biasanya ada di halaman about atau tentang kami
  • Melihat tanggal di post/artikel yang pertama kali di publish
  • Komentar pertama di artikel / post

Cara ini relatif sederhana, namun tidak semua website menyediakan informasi ini. Terkadang hasilnya juga kurang akurat mengingat tanggal terbit sebuat artikel bisa diatur sesuai dengan kehendak pemilik website.

2. Cara Cek Umur Domain dengan Bantuan Google

Cara yang kedua untuk memeriksa umur domain adalah dengan bantuan google pencarian. Cara ini tidak jauh berbeda dengan cara yang pertama, yaitu dengan melihat tanggal post atau artikel pertama terbit. Ada beberapa langkah yang perlu Anda lakukan diantara adalah sebagai berikut ini:

  • Kunjungi google.co.id
  • Lakukan pencarian dengan kata kunci site:namasitus.com
  • Kemudian klik “Tools”
  • Atur range tanggal dan tahun perkiraan. Kira-kira saja.
  • Jika di tahun tersebut ada artikelnya, maka website tersebut sudah ada sejah tahun tersebut.

3. Cara Cek Umur Domain dengan Carbon Dating

Jika kamu tidak ingin ribet sendiri dengan 2 langkah di atas, kamu bisa menggunakan tools carbon dating. Tools ini akan mencoba menghitung berapa usia sebuah domain / website.

Cara cek usia domain dengan carbon dating ini cukup mudah, selain itu cara yang ke tiga ini juga dinilai lebih akurat daripada 2 cara di atas. Untuk tutorialnya bisa ikuti langkah-langkah berikut ini !

  • Kunjungi website berikut ini : https://carbondate.cs.odu.edu/
  • Masukkan url blog / website yang ingin Kamu cek umur domainnya, misalnya https://www.kitapunya.net/
  • Kemudian tunggu prosesnya dan baca hasilnya.

Ini adalah contoh hasil cek website saya menggunakan carbon dating.

Selamat mencoba :).

4. Cara Cek Umur Domain dengan Wayback Machine

cek umur domain

Cara yang ke-empat untuk mengecek umur domain adalah dengan wayback machine. Kamu dapat melihat history sebuah website, kapan pertama kali website ditemukan bahkan sampai tampilan lama sebuah website.

Untuk memeriksanya cukup mudah, kamu tinggal kunjungi halaman ini : https://web.archive.org/. Kemudian ketikkan website yang ingin Anda cek umur websitenya.

Disitu akan kelihatan kapan pertama kali website tersebut terecord. Selamat mencoba!

5. Cara Cek Usia Domain dengan https://websiteseochecker.com/

Cara cek umur domain yang kelima adalah dengan websiteseochecker.com. Cara ini juga simple dan efektif, kamu tinggal memasukkan url website / blog yang ingin kamu ketahui umurnya.

Selain umur, kamu juga akan mengetahui DA (Domain Authorithy) sekali PA (Page Autorithy). Jadi bisa sekali jalan bukan?

Cara ini yang paling sering saya pakai ketika ingin melihat kualitas sebuah domain. Informasinya cukup lengkap mulai dari DA, PA, Spam Score, Trust Flow hingga usia atau umur domain. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  • Pertama kunjungi https://websiteseochecker.com/domain-authority-checker/
  • Masukkan url website / blog yang ingin dicek
  • Verifikasi captcha
  • Klik cek dan tunggu hingga proses selesai
  • Lihat hasilnya

Ini adalah hasil analisis website kitapunya.net :

cek umur website
Dari gambar di atas kita dapat melihat beberapa metrix sekaligus seperti :
  • DA (Domain Authorithy)
  • PA (Page Autorithy)
  • TB (Total Backlink)
  • QB (Qualitas Backlink)
  • PQ (Percent Quality of Backlink)
  • SS (Spam Score)
  • Age (Umur domain)
  • TF (Trust flow)
  • CF (Citation Flow)

Langsung ketahuan bukan umur website saya? Ya, website ini sudah berumur 6 tahun 233 hari. Dengan kata lain sudah hampir 7 tahun.

Kesimpulan

Mengetahui umur domain sangat mudah bukan? Kamu bisa memilih mana cara yang paling mudah untuk dilakukan. Melihat umur domain sangat penting dilakukan pada saat kita ingin membeli expired domain atau ingin memasang content placement.

Semoga dengan tutorial di atas, Kamu bisa terbantu. Jangan lupa share artikel ini ke teman-teman kalian yaa! Terimakasih.

Baca Juga artikel terkait:

Gambar Gravatar
Seorang praktisi Pemasaran, SEO dan Digital Marketing. Suka dengan kata dan cinta dengan karya. Turut memajukan dan mencerdaskan kehidupan bangsa melalui beragam artikel pendidikan di kitapunya.net.