peranan website dalam digital marketing

Pengertian Web Developer disertai Pembagian dan Tugasnya

Diposting pada 267 views

Pengertian Web Developer – Bursa tenaga kerja kini marak dengan berbagai profesi menarik, mulai dari Data Scientist, Devops Enginer, hingga Web Developers. Ketiga profesi tersebut tidak jauh dari lingkup pekerjaan mengenai pemograman komputer. Namun, memiliki peran yang berbeda – beda sehingga dibutuhkan oleh perusahaan yang mulai bermigrasi ke ranah digital.


Pengertian Web Developer


Web Developer adalah profesi yang bekerja untuk merancang, memelihara dan membuat situs web. Tidak semua perusahaan memiliki Web Developer in house, tetapi mereka menyerahkan pengelolaan dengan perusahaan pengembang IT.


Seorang Web Developer dituntut untuk menciptakan aplikasi dan layanan web yang bersifat konsisten dan efisien. Apa yang diinginkan oleh klien serta permasalahan yang terjadi seputar website harus dapat diperbaiki oleh web deveoper.

Pembagian Web Developer

Mungkin banyak yang mengira pekerjaan Web Developer hanyalah membuat webstite dan mengoperasikannya. Terlihat sederhana,namun sebenarnya lingkup pekerjaan yang dilakukan cukup luas sehingga harus dibagi menjadi tiga bagian.

Front – End Developer

Merupakan orang yang bertangung jawab atas tampilan depan website yag diakses oleh user seperti warna, font tulisan, menu dropdown dan slider. Lingkup kerjannya meliputi pembuatan user interface dan user experience.

Back – End Developer

Back End Developer memiliki tanggung jawab untuk membangun dan mengelola teknologi yang mendukung komponen server, aplikasi dan database. Bahasa pemrograman yang biasa digunakan adalah PHP, Ruby, Python, Java, dan .Net untuk membangun aplikasi dan tools seperti MySQL.

Full Stack Developer

Full Stack Developer memiliki tugas untuk mengolah program html dan juga membuat tampilan website. Namun, Full Stack Developer juga mengerjakan tugas dari front ent serta back end developer, ditambah dengan mengembangkan aplikasi, debunging, troubleshooting, bahkan membuat fitur baru. Bagian ini dituntut untuk memiliki pengetahuan luas mengenai keseluruhan bagian agar mampu menganalisa mengenai pemasalahan proyek yang sedang berjalan.


Tugas Web Developer

Tak hanya sekedar membuat dan mengawasi jalannya website perusahaan, seorang Web Developer memiliki Jobdesk yang terbagi seperti berikut :

1. Mengembangkan Fitur React JS

Seorang Web Developer dituntunt untuk mengembangkan Fitur React JS yaitu Library Javascript yang sifatnya open source dan digunakan untuk membangun user interface (UI) secara spesifik untuk satu page dalam aplikasi. React JS banyak dipilih oleh para developer karena banyaknya pilihan template yang tersedia di internet.

2. Mengintergrasikan Aplikasi Browser ke Perangkat Seluler

Tidak semua developer dapat mengintergrasikan aplikasi browser ke perangkat seluler,karena itu seorang Web Developer harus mampu melakukannya. Hal ini diinginkan oleh perusahaan , agar costumer dapat mengakses website perusahaan dengan mudah.

3. Mengunakan Pemrograman PHP

Web Developer wajib menguasai pemrograman PHP, hal ini dikarenakan bahasa pemrograman ini mampu membuat website menjadi dinamis.

Dipakai oleh mayoritas website di seluruh dunia, PHP adalah bahasa pemrograman yang mudah dipahami, dapat dipelajari secara otodidak,bersifat open source sehingga tidak mengeluarkan biaya sama sekali.

4. Melakukan Analisa terhadap sistem

Setelah website selesai dibuat, Web developer harus terus memamtau jalannya sistem serta sebagai problem solving jika terjadi permasalahan. Karena itu seorang Web Developer dituntut selalu siga dab juga tanggap.

Baca juga: Cara Menjadi SEO Specialist