Arti Wigati tegese

Arti Wigati : Tegese lan Tuladha Ukara

Diposting pada 493 views

Apa arti wigati? Simak ulasan lengkapnya beserta contoh kalimat (ukara) di artikel kali ini.

“Kesehatan kuwi wigati kanggo uripe manungsa, mula kudu bisa njaga kesehatan awake dhewe.”


“Skimming yaiku cara maca kanggo goleki bab-bab kang wigati

Apakah teman-teman pernah mendengar kalimat di atas? Perkembangan teknologi saat ini turut serta dalam perkembangan bahasa. Dahulu masyarakat sangat hafal dengan bahasa daerahnya, namun saat ini bahasa daerah lebih jarang digunakan untuk berkomunikasi.

Sebagian besar remaja dan generasi millenial merasa bingung dalam memahami arti dari bahasa daerah termasuk Bahasa Jawa. Bahkan, mereka tak jarang lebih paham bahasa asing. Bahayanya, perlahan bahasa daerah bisa punah.

Percakapan singkat sebelumnya menimbulkan pertanyaan apa sebenarnya arti kata wigati. Kata wigati ini berasal dari Bahasa Jawa. Yuk langsung aja, simak ulasan lengkapnya di artikel ini.

Tembung Wigati Tegese Podo Karo

Wigati berasal dari bahasa jawa. Dalam bahasa indonesia arti kata wigati adalah penting dan sangat penting. Bila teman-teman menjumpai pertanyaan tegese wigati atau sinonim wigati maka jawabannya adalah penting. Pertanyaan ini biasanya sering muncul dalam pembelajaran Bahasa Jawa.

Secara sederhana, wigati menggambarkan segala sesuatu atau hal yang penting dan sangat penting. Oleh karenanya, sesuatu hal yang penting (wigati) biasanya menjadi hal utama yang perlu diperhatikan.

Menurut teman-teman apa saja hal-hal penting (wigati) yang perlu diperhatikan dalam kehidupan? Hal penting tersebut misalnya lingkungan, sumber daya alam, kesehatan, keluarga hingga masa depan. Hal penting tersebut pasti akan kita prioritaskan misalnya kesehatan, keluarga dan masa depan. Selain itu lingkungan dan sumber daya alam pasti akan kita jaga karena sangat penting bagi kelangsungan hidup makhluk hidup.

Contoh selanjutnya berkaitan dengan mata pelajaran di sekolah, misalnya dalam pelajaran bahasa (Indonesia dan Jawa) mungkin kamu pernah menjumpai pertanyaan “Apa saja hal-hal penting dalam menyusun puisi?” atau “Apa materi kang wigati sajrone ngarang geguritan?”. Pertanyaan-pertanyaan ini tidak bisa kita jawab sembarangan karena dalam menyusun puisi (geguritan) terdapat poin penting yang harus diperhatikan.

Bagaimana teman-teman mudah bukan untuk memahami arti wigati? Sederhanya, wigati mempunyai arti penting.

Gawea Ukara Nganggo Tembung Wigati

Membuat kalimat merupakan alternatif dalam memahami arti dari sebuah kata. Sama  halnya dengan kata wigati yang sedang kita bahas di artikel kali ini. Yuk, kita membuat beberapa kalimat (ukara) dengan kata wigati. Langsung aja simak contohnya di bawah ini!

  1. Bapak ana keperluan kang wigati mangkane dheweke budhal menyang rumah sakit isuk iki.
  2. Warga Desa Pepe ngresiki lingkungan amarga wigati kanggo uripe kabeh manungsa.
  3. Kesehatan kuwi wigati kanggo uripe manungsa.
  4. Pendidikan wigati kanggo kabeh generasi bangsa supaya bisa pinter lan mujudake cita-cita.

Kamu sedang mencari arti kata dalam bahasa jawa lainnya?
Kunjungi juga : Adigang Adigung Adiguna Tegese
Arti Jer Basuki Mawa Beya

Kesimpulan :    

Dalam Bahasa Jawa wigati tegese penting. Sebagian besar, sesuatu yang penting (wigati) akan diprioritaskan terlebih dahulu dibandingkan dengan yang lainnya. Selain itu hal yang bersifat penting tidak mudah untuk dicari penggantinya. Oke teman-teman itulah arti wigati.

Kalau teman-teman terbantu dengan artikel ini, silakan bagikan agar bermanfaat juga bagi yang lainnya. Sampai jumpa di artikel kitapunya selanjutnya.