alasan menjadi dokter

11 Alasan Menjadi Dokter Yang Bisa Jadi Inspirasi

Diposting pada 18,656 views

Menjadi dokter adalah salah satu profesi yang paling dihormati dan diminati di dunia. Banyak orang yang bercita-cita menjadi dokter sejak kecil, karena ingin membantu orang lain yang sakit dan menderita. Namun, menjadi dokter juga bukanlah hal yang mudah.

Dibutuhkan dedikasi, kerja keras, pengorbanan, dan tanggung jawab yang besar untuk menjalani profesi ini. Lalu, apa saja alasan yang membuat seseorang ingin menjadi dokter?

11 Alasan Menjadi Dokter Yang Menginspirasi

Berikut adalah 11 alasan yang mungkin bisa menginspirasi Anda.

1. Menyelamatkan nyawa orang lain

Ini adalah alasan utama dan paling mulia untuk menjadi dokter. Anda akan memiliki kesempatan untuk menyembuhkan penyakit, mengatasi cedera, dan mencegah kematian. Anda akan menjadi pahlawan bagi banyak orang yang membutuhkan bantuan medis.

2. Membantu orang lain

Selain menyelamatkan nyawa, menjadi dokter juga berarti membantu orang lain dalam berbagai aspek. Anda akan memberikan konsultasi, edukasi, dukungan, dan saran yang berguna bagi pasien dan keluarganya. Anda akan menjadi teman, sahabat, dan keluarga bagi mereka yang mempercayakan kesehatan mereka kepada Anda.

3. Meningkatkan kesehatan masyarakat

Menjadi dokter juga berarti berkontribusi untuk meningkatkan kesehatan masyarakat secara umum. Anda akan terlibat dalam program-program pencegahan, promosi, dan penanggulangan penyakit yang bersifat komunitas atau nasional. Anda akan menjadi agen perubahan yang positif bagi masyarakat.

4. Mendapatkan penghasilan yang baik

Menjadi dokter juga memiliki keuntungan finansial yang cukup besar. Anda akan mendapatkan penghasilan yang tinggi dan stabil, serta berbagai fasilitas dan tunjangan yang menarik. Anda akan bisa memenuhi kebutuhan hidup Anda sendiri dan keluarga Anda dengan lebih mudah.

5. Mendapatkan penghargaan dan rasa hormat

Menjadi dokter adalah profesi yang sangat dihormati dan dihargai oleh masyarakat. Anda akan mendapatkan rasa hormat dari pasien, keluarga, kolega, atasan, dan orang-orang di sekitar Anda. Anda juga akan mendapatkan penghargaan dari berbagai lembaga atau organisasi yang terkait dengan bidang kesehatan.

Profesi dokter sering kali dikaitkan dengan status sosial yang tinggi dan pengakuan yang luas atas kontribusi mereka dalam menyelamatkan nyawa dan meningkatkan kesehatan masyarakat.

6. Memiliki fleksibilitas waktu dan tempat kerja

Menjadi dokter juga memberikan Anda fleksibilitas dalam hal waktu dan tempat kerja. Anda bisa memilih jam kerja yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda, serta tempat kerja yang sesuai dengan minat dan spesialisasi Anda. Anda bisa bekerja di rumah sakit, klinik, puskesmas, sekolah, perusahaan, atau bahkan di luar negeri.

7. Memiliki banyak pilihan karir

Menjadi dokter juga memberikan Anda banyak pilihan karir yang beragam dan menarik. Anda bisa memilih spesialisasi yang sesuai dengan bakat dan minat Anda, seperti bedah, anak, penyakit dalam, kulit dan kelamin, mata, telinga hidung tenggorokan (THT), jantung, saraf, jiwa, paru-paru, gigi, radiologi, patologi klinik,

8. Memiliki minat dan bakat di bidang kedokteran

Beberapa orang mungkin memiliki ketertarikan yang mendalam terhadap ilmu kedokteran, terkadang ketertarikan itu muncul sejak kecil. Begitu juga dengan bakat seperti rasa ingin tahu terhadap tubuh mausia, penyakit dan cara menyembuhkannya.

9. Peluang untuk melakukan penelitian dan inovasi

Profesi dokter juga memberikan kesempatan untuk terlibat dalam penelitian medis dan berkontribusi pada penemuan baru dalam bidang kesehatan. Bagi mereka yang tertarik pada penelitian dan inovasi, menjadi dokter bisa menjadi jalan untuk menjalankan minat tersebut.

10. Berinteraksi dengan Banyak Orang

Dokter adalah profesi yang memberikan kesempatan untuk berinteraksi dengan banyak orang. Dokter dapat bertemu dan berkomunikasi dengan pasien, keluarga pasien, kolega dokter, perawat, apoteker, dll. Dokter juga dapat memperluas jaringan dan relasi profesionalnya dengan orang-orang dari berbagai latar belakang dan bidang keahlian.

11. Profesi Yang Membahagiakan

Dokter adalah profesi yang memberikan kepuasan batin. Dokter dapat merasakan kebahagiaan dan kebanggaan ketika berhasil membantu menyelamatkan nyawa atau membantu pasien sembuh dari penyakitnya. Dokter juga dapat merasakan rasa syukur dan penghargaan dari pasien dan keluarganya.

Demikian 11 alasan menjadi dokter yang bisa menjadi pertimbangan. Semoga niat baik kita semua dimudahkan oleh Tuhan.

Manfaat Menjadi Dokter

  • Dokter dapat membantu orang-orang yang sakit atau terluka dengan memberikan diagnosis, pengobatan, dan pencegahan penyakit.
  • Dokter dapat meningkatkan kesehatan masyarakat dengan berpartisipasi dalam program-program sosial, edukasi, dan penelitian yang berkaitan dengan masalah kesehatan.
  • Dokter dapat memperoleh penghasilan yang tinggi dan stabil dengan bekerja di rumah sakit, klinik, atau praktik pribadi.
  • Dokter dapat menikmati kepuasan batin dengan melayani masyarakat dan menyelamatkan nyawa manusia.
  • Dokter dapat mengembangkan kemampuan profesional dan intelektual dengan terus belajar dan mengikuti perkembangan ilmu kedokteran.

Cerita Motivasi Menjadi Dokter

Cerita Motivasi Menjadi Dokter

Menjadi dokter adalah impian banyak orang, tetapi tidak semua orang bisa mewujudkannya. Menjadi dokter membutuhkan dedikasi, kerja keras, dan pengorbanan yang tidak sedikit. Tidak hanya itu, menjadi dokter juga menuntut tanggung jawab yang besar untuk menyelamatkan nyawa dan kesehatan orang lain.

Namun, ada juga cerita-cerita motivasi yang bisa menginspirasi kita untuk tetap bersemangat dan berjuang untuk menjadi dokter. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Cerita Dr. Terawan Agus Putranto, Sp.Rad (K), MHA

Dr. Terawan adalah dokter spesialis radiologi yang dikenal sebagai penemu metode cuci otak atau intra-arterial heparin flushing (IAHF) untuk mengatasi penyakit stroke. Ia juga menjabat sebagai Menteri Kesehatan Indonesia sejak 2019.

Namun, perjalanan karirnya tidak selalu mulus. Ia pernah dipecat dari Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto karena dianggap melanggar kode etik dengan melakukan IAHF tanpa izin. Ia juga sempat dilarang praktik oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI) karena metodenya dianggap belum teruji secara ilmiah.

Namun, ia tidak menyerah dan terus berusaha membuktikan kebenaran dan manfaat metodenya. Ia bahkan mendirikan klinik sendiri yang menawarkan layanan IAHF kepada pasien stroke. Akhirnya, ia mendapatkan pengakuan dan penghargaan dari berbagai pihak, baik nasional maupun internasional.

2. Cerita Dr. Ryan Thamrin, dr., MHA

Dr. Ryan Thamrin adalah dokter umum yang juga dikenal sebagai presenter acara kesehatan “Dr. Oz Indonesia” di Trans TV.

Ia lahir dan besar di Bengkulu, sebuah provinsi kecil di Sumatera. Ia bercita-cita menjadi dokter sejak kecil karena terinspirasi oleh ayahnya yang juga seorang dokter.

Ia berhasil masuk ke Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) dan lulus dengan predikat cum laude. Ia kemudian melanjutkan studinya di Master of Health Administration (MHA) di Universitas Griffith, Australia. Selain menjadi dokter dan presenter, ia juga aktif sebagai pembicara motivasi, penulis buku, dan pengusaha.

3. Cerita Dr. Gamal Albinsaid, dr., M.Sc., Ph.D

Dr. Gamal Albinsaid adalah dokter muda yang juga dikenal sebagai pendiri Indonesia Medika, sebuah perusahaan sosial yang bergerak di bidang kesehatan masyarakat. Ia lahir dan besar di Malang, Jawa Timur.

Ia bercita-cita menjadi dokter sejak SMP karena ingin membantu orang-orang miskin yang tidak mampu membayar biaya pengobatan. Ia berhasil masuk ke Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (FKUB) dan lulus sebagai lulusan terbaik angkatannya.

Ia kemudian melanjutkan studinya di Master of Science in Public Health (M.Sc.) di Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Doctor of Philosophy in Public Health (Ph.D) di Universitas Airlangga (UNAIR). Selain menjadi dokter dan pendiri Indonesia Medika, ia juga aktif sebagai peneliti, dosen, konsultan, dan aktivis sosial.

Dari ketiga cerita di atas, kita bisa belajar bahwa menjadi dokter bukanlah hal yang mudah, tetapi juga bukan hal yang mustahil. Dengan tekad, usaha, dan doa yang kuat, kita bisa mencapai impian kita untuk menjadi dokter yang bermanfaat bagi sesama.

Baca juga:

Gambar Gravatar
Tim Editorial KitaPunya.net adalah seorang profesional di bidang Manajemen, HR, dan Marketing dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. KitaPunya.net saat ini menjadi situs pendidikan dan karir yang selalu berusaha memberikan inforamasi akurat, terpecaya dan terupdate.