√ Prospek Kerja Jurusan Ilmu Komunikasi

Prospek Kerja Jurusan Ilmu Komunikasi - Ada banyak sekali jurusan kuliah yang kita ketahui. Dari sekian banyak jurusan kuliah tersebut, memiliki perannya masing masing di dunia kerja. Oleh karena itu, untuk bisa bersaing di dunia kerja, anda harus pintar pintar memilih jurusan yang cocok di dunia kerja nantinya. 

Memang seiring dengan berkembangnya jaman, kebutuhan tenaga kerja pun selalu mengikuti perkembangan jaman yang ada. Hal ini juga beriringan dengan kebutuhan industri dan tenaga ahlinya. Oleh sebab itu anda harus bisa mencari peluang terbesar untuk mendapatkan jurusan yang nantinya memiliki peluang kerja yang besar.

Source: http://komunikasidalamberita.blogspot.com/


Salah satu jurusan yang memiliki prospek kerja besar ialah Ilmu Komunikasi. Ya memang, manusia ialah makhluk sosial. Manusia tidak bisa hidup secara individu, dan setiap manusia pasti membutuhkan yang namanya bersosialisasi atau berkomunikasi. Melihat hal itu, ilmu komunikasi banyak orang yang mencarina karena selalu mengikuti perkembangan jaman.

Mengapa Jurusan Ilmu Komunikasi?

Ilmu Komunikasi ialah ilmu yang mempelajari tentang bagaimana cara menyampiakan sesuatu berupa informasi kepada khalayak umum atau orang dengan efektif dan efisien. Dengan begitu, hasil dari penyampaian tersebut akan terpenuhi. Mengapa Ilmu Komunikasi sangat cocok dengan perkembangan jaman? Karena ilmu ini pun juga ikut berkembang apabila teknologi informasi dan komunikasi berkembang.

Memang tidak semua tertarik untuk masuk ke ilmu komunikasi. Namun perlu diingat bahwasannya ada beberapa daya tarik mengapa anda harus memilih ilmu komunikasi. Berikut ini adalah Alasan Mengapa Harus Masuk Jurusan Ilmu Komunikasi.

1. Semua aspek kehidupan memerlukan ilmu komunikasi, guna penyampaian informasi dengan baik dan benar
2. Ilmu komunikasi ialah salah satu ilmu sepanjang masa digunakan
3. Akar dari beberapa cabang ilmu yang berkaitan dengan sosial
4. Ilmu komunikasi mengajari anda bagaimana cara menulis, membaca dan berbicara dengan baik dan benar
5. Orang yang pandai komunikasi, pasti pandai juga beretorika
6. Selalu mengikuti perkembangan jaman
7. Ilmu komunikasi selalu terhubung dengan media online maupun offline
8. Menguasai ilmu komunikasi, maka anda terlihat pandai di berbagai bidang (walaupun anda tidak menguasai betul bidang tersebut)
9. Prospek kerja ilmu komunikasi itu menjanjikan
10. Orang yang dari ilmu komunikasi selalu menjadi penggerak

Nah itulah alasan mengapa anda harus masuk ilmu komunikasi. Memang begitu banyak daya tarik yang menganjurkan anda untuk masuk ke ilmu komunikasi. Walau demikian, tidak semua orang tertarik dengan ilmu komunikasi, namun orang tersebut mau tidak mau harus belajar tentang ilmu komunikasi dengan baik. 

Mata Kuliah Ilmu Komunikasi

Jika anda tertarik untuk masuk ilmu komunikasi, apakah anda tahu apa saja yang dipelajari di ilmu komunikasi? Ada beberapa mata kuliah yang wajib anda pelajari guna mencapai keberhasilan dalam membangun ilmu ini. Berikut ini adalah mata kuliah yang terkait dengan ilmu komunikasi.

  • Pengantar ilmu komunikasi
  • Teori ilmu komunikasi
  • Sosiologi komunikasi
  • Komunikasi massa
  • Psikologi komunitas
  • Komunikasi keorganisasian
  • Komunikasi antar pribadi
  • Teknologi komunikasi
  • Metode penelitian komunikasi
  • Pengantar ilmu jurnalistik
  • Filsafat komunikasi
  • Komunikasi politik
  • Hukum etika pers
  • Public relations
  • Media relations
  • Manajemen media massa
  • Komunikasi lintas budaya
  • Komunikasi internasional
  • Public speaking
  • Teknik wawancara cetak dan elektronik
  • Penulisan naskah film dan TV
  • Jurnalistik online
  • Ekonomi politik media
  • Penulisan feature
  • Komunikasi grafis
  • Fotografi
  • Komunikasi pemasaran
  • Jurnalistik radio
  • Kajian iklan
  • Perkembangan teknologi komunikasi
  • Teknik presentasi dan negosiasi
Melihat mata kuliah apa saja yang dipelajari di ilmu komunikasi sangatlah banyak. Mungkin terlintas dipikiran anda, mengapa mata kuliah ilmu komunikasi ini sangat banyak? Ya karena ilmu ini merupakan pondasi ilmu sosial yang harus tertanam di setiap manusia. Oleh karena itu, anda harus bisa ikut bersaing dalam jurusan ini. 

Prospek Kerja Ilmu Komunikasi

Setelah mengetahui alasan mengapa harus masuk ilmu komunikasi dan mata kuliah apa saja yang akan dipelajari di ilmu komunikasi, selanjutnya anda harus bisa mengetahui prospek apa saja dari ilmu komunikasi itu sendiri. Sangat perlu diketahui, karena jika tidak sangat disayangkan anda kuliah di ilmu komunikasi.

Sebenarnya prospek kerja ilmu komunikasi itu sangatlah banyak. Karena disetiap instansi, perusahaan dan perkantoran pasti membutuhkan orang yang ulung dalam berkomunikasi dan bernegosiasi. Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut ini adalah Prospek Kerja Ilmu Komunikasi.

1. Penyiar, Presenter, dan Announcer di Berbagai Media 

Nah ini ialah salah satu prospek kerja andalan dari ilmu komunikasi. Orang komunikasi pasti memiliki jiwa komunikatif dan bisa berkomunikasi dengan baik serta padat. Oleh karena itu, prospek ini sangat membuka besar bagi sarjana komunikasi

Selain itu, biasanya presenter atau penyiar membutuhkan seorang penyiar acara yang luwes dan tidak kaku. Maka dari itu, orang orang ilmu komunikasi dibekali dengan mental yang kuat. Mental yang kuat ini biasanya dibuktikan dengan kepercayaan dirinya dalam menyampaikan informasi serta keprofesionalan orang tersebut ketika terjadi kesalahan. Mereka tidak akan ragu ketika membuat kesalahan. Kesalahan tersebut akan tertutupi secara cepat dengan pengalihan pembicaraan mereka.

2. Jurnalis

Sebenarnya jurnalis disini hampir sama dengan penyiar, presenter maupun announcer. Tapi yang membedakan ialah jurnalis bisa berupa jurnalis tulis atau wartawan. Mengingat dalam mata kuliahnya diajari bagaimana cara mengemas berita dengan padat dan ringkas, maka prospek ini pun juga sangat terbuka untuk lulusan ilmu komunikasi.

Jurnalis, prospek kerja ilmu komunikasi ini bisa berupa bagian reporter, news anchor, news dubber, wartawan media massa dan lain lain. Prospek kerja jurnalis pun juga terbilang sangat besar, mengingat perkembangan pers atau media massa akan terus terjadi seiring dengan perkembangnya jaman.

3. MC atau Master of Ceremony

Setiap orang sebenarnya bisa menjadi MC. Yang dibutuhkan pertama untuk menjadi MC ialah kepercayaan diri. Nah kepercayaan diri inilah yang sudah terasah dengan baik oleh orang komunikasi. Bukan hanya itu saja, mereka juga bisa menyampaikan informasi secara padat dan jelas.

Namun demikian, karena mengingat semua orang bisa menjadi MC, kita sebenarnya berebut pekerjaan untuk menjadi MC. Karena untuk menjadi MC yang baik ialah jam terbang. Semakin lama jam terbang anda, maka semakin handal anda untuk menjadi MC.

4. Pemasaran dan Periklanan

Ya benar, orang lulusan komunikasi bisa sangat mudah menyampaikan informasi secara padat dan jelas. Oleh karena itu, kemampuan ini lah yang sangat banyak dicari oleh perusahaan. Hal ini berguna agar informasi produk dari perusahaan tersebut dapat tersampaikan dengan baik.

Bukan hanya itu saja, karena kemampuan itulah orang komunikasi dapat membujuk para calon pelanggan untuk membeli produknya. Karena calon pelanggan akan melihat daya tarik awalnya melalui cara orang tersebut berpromosi.

5. Event Organizer dan Public Relations

Orang lulusan komunikasi bisa mengemas suatu event menjadi menarik dan tujuan dari event tersebut dapat tersampaikan dengan baik. Intinya ialah sesuatu hal harus tersampaikan dengan baik. Nah dengan begini prospek ini sebenarnya menjadi peluang bagi jurusan ilmu komunikasi.

Diatas merupakan prospek kerja ilmu komunikasi. Sebenarnya propek kerja tersebut bisa menjadi luas, dan semua itu tergantung dari setiap orangnya. Apakah orang tersebut dapat melihat prospek kerja dengan jeli atau tidak.

Baca juga :
1. Prospek Kerja Jurusan Ekonomi Pembangunan dan Kelebihannya

Belum ada Komentar untuk "√ Prospek Kerja Jurusan Ilmu Komunikasi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel