√ Bisnis Fotografi, Bisnis yang Sangat Menguntungkan dan Mudah

Bisnis Fotografi - Akhir akhir ini mencari pekerjaan yang cocok itu sangat sulit. Banyak orang yang memilih resign karena pekerjaan yang mereka lakukan sekarang tidak cocok dengan fashion ataupun kedaan mereka. Sehingga banyak dari mereka yang tidak tenang ketika melakukan pekerjaannya dan merasa terbebani.

Memang memiliki pekerjaan sesuai pasion itu merupakan anugrah tersendiri bagi sebagian orang. Karena tidak semua orang bisa mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan keinginan mereka. Berdasarkan permasalahan kebutuhan itu lah yang membuat banyak dari mereka memilih bertahan di pekerjaan tersebut demi memenuhi kebutuhan mereka sehari hari.

Source: https://www.instagram.com/p/Bo8Iyo0grxe/

Pekerjaan dan Hobi? Apakah bisa?

Siapa toh yang tidak suka dengan pekerjaan yang selaras dengan hobi kita. Tentu semua orang sangat menyukainya bukan. Di satu sisi, anda bisa mengasah dan menyalurkan hobi anda sehingga anda merasa senang. Dan di sisi lain anda juga bisa menghasilkan uang karena melakukan pekerjaan tersebut.

Dari sekian banyak pekerjaan yang ada, salah satu pekerjaan yang  menjadi pilihan sekaligus untuk menyalurkan hobi ialah fotografi. Banyak sekali orang yang memiliki hobi berfotografi, namun tidak semua orang mengerti bagaimana cara mendapatkan uang dari bisnis fotografi itu sendiri. 

Nah jikalau anda masih bingung bagaimana cara mendapatkan uang dari hobi fotografi ini, ada beberapa step by step yang harus anda lewati. Yaitu, anda harus memiliki kamera sendiri, dapat memfoto sesuatu dengan cantik, mengerti teknik dalam memotret dan lain lain. Jika syarat tersebut sudah terpenuhi, waktunya anda menghasilkan uang dari bisnis fotografi. Berikut ini adalah macam macam Bisnis Fotografi yang Bisa Anda Coba.

1. Jasa Fotografer Makanan

Menjamurnya restoran dewasa ini berhasil menciptakan lowongan pekerjaan bagi seorang fotografer. Kebutuhan marketing pada sebuah produk makanan bisa dijadikan ide bisnis. Anda bisa kok menjadi fotografer makanan di suatu restoran. Sebelum anda terjun di bisnis ini, anda harus bisa menentukan lighting dan komposisi yang bagus pula. Selain itu, sudut pengambilan gambar pun juga diperhitungkan agar makanan yang anda foto dapat menggugah selera pelanggan.

Jika anda mantap untuk terjun di jasa fotografer makanan, anda harus mempersiapkan kamera beresolusi tinggi. Lalu bagaimana dengan penghasilan dari jasa ini? Anda bisa mematok harga sesuai anda. Semakin bagus foto yang anda keluarkan, maka semakin tinggi pula bayaran yang bisa anda minta.

2. Jasa Fotografer Wedding dan Prewedding

Memiliki keahlian dalam memotret suatu momen dengan tepat merupakan kelebihan sendiri bagi seorang fotografer. Nah dengan memanfaatkan karunia ini, anda bisa menjadi seorang fotografer prewedding ataupun wedding. Sebelum itu, anda harus memiliki kamera yang canggih dan bagus. Sehingga pada saat momen momen wedding atau prewedding dapat diabadikannya dengan baik. 

Jika anda menawarkan jasa foto prewedding, anda bisa menawarkan harga sesuai dengan kualitas foto yang anda hasilkan. Semakin bagus dan semakin rumit teknik memotret maka harga yang anda tawarkan bisa semakin tinggi. Namun jika untuk fotografer wedding, biasanya telah terbentuk kesepakatan tersendiri antara anda dengan calon. Entah itu bayaran per jam, atau per foto yang diabadikan dengan kualitas tertentu. 

3. Jasa Photobooth

Selain fotografer untuk wedding atau prewedding, photoboot juga sama larisnya. Photobooth sendiri ialah jasa foto yang biasanya terdapat di suatu acara acara dan foto tersebut langsung cetak. Biasanya foto foto tersebut dijadikan oleh oleh atau cinderamata. Photobooth bisa hadir di acara perpisahan, wisuda, seminar dan lain sebagainnya.

Menjadi photobooth sebenarnya tidak membutuhkan modal yang besar. Karena modal anda hanyalah kamera dengan resolusi tertentu saja dan printing untuk mencetak foto. Harga jual fotonya pun juga beragam, tergantung dari ukurannya. Biasanya harga per foto dibanderol Rp. 15.000 hingga Rp. 40.000. Namun kerugian dari seorang photobooth ialah apabila foto yang telah anda cetak tidak laku terjual, maka anda harus siap menanggung rugi kertas dan tinta warnanya.

4. Fotografer Perusahaan dan Periklanan

Kedua ini merupakan cara yang cukup sulit untuk tembus dan bisa memikat hati calon konsumen. Tidak semua fotografer bisa menjadi fotografer perusahaan. Karena untuk bisa menjadi fotografer perusahaan, biasanya perusahaan akan melakukan seleksi terlebih dahulu mengenai kelayakan kita untuk menjadi fotografer.. Biasanya seleksi tersebut bisa melalui portofolio atau sertifikat kita. Masalah penghasilan bisa anda bicarakan bersama perusahaan tersebut.

Berbeda dengan fotografer perusahaan, fotografer jenis ini terbilang agak sedikit ringan. Anda hanya bisa memotret suatu benda yang hendak diiklankan dengan teknik tertentu sehingga bisa menghasilkan foto dengan kualitas yang bagus. Untuk penghasilan, bisa anda dapatkan dengan menakar kualitas foto yang anda hasilkan. Semakin bagus, maka semakin tinggi pula anda menawarkannya.

5. Fotografer Lepas

Fotografer jenis ini merupakan pekerjaan yang terbilang santai dan tidak dikejar oleh target atau deadline. Selain itu, menjadi fotografer lepas anda bisa memotret apa saja yang menurut anda bagus. Lalu untuk apa foto foto tersebut? Ya tentu saja foto foto tersebut bisa anda jual. 

Kemudian muncul pertanyaan di benak anda, kemanakah foto tersebut bisa anda jual? Ada beberapa website yang bisa dijadikan tempat untuk menjual foto. Diantaranya ialah shutterstock.com, fotolia.com, dreamstime.com, istockphoto.com, dan lain lain. Siapakah yang membeli foto foto tersebut? tentu saja dari website website terkenal atau website jurnalistik. Mereka membeli foto tersebut untuk kebutuhan ilustrasi di artikel mereka. 


Bagaimana Cara Mengenalkan Diri Sebagai Seorang Fotografer

Ada banyak cara agar orang orang tahu bahwasanya anda seorang fotografer. Cara cara tersebut terbagi menjadi 2 tinjauan. Jika anda menjadikan fotografi sebagai sebuah hobi, maka anda bisa tuh memotret sebuah gambar yang kemudian anda upload di Instagram atau akun medsos anda yang lainnya. Tentu saja gambar yang anda upload harus memiliki kualitas yang bagus dan baik. Nah jika nantinya calon konsumen akan tertarik dengan hasil jepretan anda sehingga jasa anda akan digunakan untuk kepentingan mereka.

Cara lain ialah dengan mempromosikan jasa fotografi di media sosial. Modal utama anda ialah foto yang berkualitas. Sembari memamerkan hasil jepretan anda, anda bisa sekalian mempromosikan diri menjadi seorang fotografer sewaan. Tentu saja sebelum anda menjadi seorang fotografer, anda diharuskan bisa mengedit foto agar memiliki kualitas yang jauh lebih baik lagi dan menyentuh.

Keuntungan Menjadi fotografer

Bisa dibilang, bisnis fotografi merupakan bisnis yang paling santai dan fleksibel. Karena anda tidak terikat dengan waktu. Selain untuk menyalurkan hobi berfoto, fotografer juga bisa mengekspresikan perasaan mereka ketika memotret suatu momen atau kejadian. 

Anda bisa menempatkan bisnis fotografi ini menjadi pekerjaan sampingan anda. Semisal anda bisa tuh seminggu sekali berlibur ke suatu tempat untuk mencari momen yang bagus untuk dipotret. Dengan begitu, bukan hanya liburan saja yang bisa anda dapatkan, namun juga foto berkualitas pun juga.

Belum ada Komentar untuk "√ Bisnis Fotografi, Bisnis yang Sangat Menguntungkan dan Mudah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel