Fungsi dan Peran Ekuitas Merek (Brand Equity) Bagi Perusahaan dan Konsumen

Fungsi dan Peran Ekuitas Merek (Brand Equity) Bagi Perusahaan - Ekuitas merek merupakan sekumpulan nilai yang dimiliki oleh suatu merek yang berguna untuk menangkap prefensi dan loyalitas konsumen (Kotler dan Amsrrong, 2008). Ekuitas merek menurut Aaker (1997) merupakan seperangkat aset dan liabilitas merek yang berkaitan dengan suatu merek, nama dan simbolnya, yang menambah atau mengurangi nilai yang diberikan oleh sebuah barang atau jasa kepada perusahaan atau para pelanggan perusahaan.

Dengan kata lain ekuitas merek (brand equity) adalah seperangkat nilai (kekayaan) yang mampu memberikan nilai tambah bagi perusahaan dan juga konsumen. Bagi perusahaan ekuitas merek yang tinggi dapat memberikan prefensi dan loyalitas konsumen, perusahaan dapat memberikan harga yang lebih tinggi pada merek-merek yang memiliki ekuitas tinggi. Baca juga : Pengertian Ekuitas Merek dan Elemen-elemennya

Kemudian bagi konsumen, ekuitas merek dapat memberikan nilai prestige, kebanggaan dan kepercayaan diri ketika memakai sebuah produk dengan merek yang kuat.

Biar semakin jelas tentang ekuitas merek ini, di bawah ini akan dijelaskan mengenai peran ekuitas merek atau fungsi ekuitas merek baik bagi perusahaan maupun bagi konsumennya.
Ekuitas Merek
Ekuitas Merek


1. Fungsi dan Peran Ekuitas Merek Bagi Perusahaan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa ekuitas merek merupakan seperangkat nilai yang dapat memberikan nilai tambah dari suatu produk. Suatu produk dengan ekuitas merek yang tinggi dapat dijual dengan harga yang lebih tinggi, lebih mudah dalam mempromosikannya, dan lebih mudah menangkap pelanggan serta membuatnya menjadi loyal terhadap perusahaan tersebut. 

Peran utama ekuitas merek bagi perusahaan adalah dapat membantu perusahaan dalam meningkatkan marginal cash flow melalui penambahan nilai dari produk atau jasa yang ditawarkan kepada konsumen. Cash flow atau arus kas merupakan pergerakan masuk dan keluarnya uang (kas) dengan kata lain perputaran uang. Ekuitas merek yang tinggi dapat meningkatkan terjadinya perputaran uang (cash flow)

Berikut adalah fungsi dan peran ekuitas merek bagi perusahaan :
a. Biaya pemasaran lebih kecil
Ekuitas merek yang tinggi didapat dari kesadaran merek dan loyalitas merek yang tinggi pula, ketika dua hal itu terjadi maka biaya pemasaran khususnya biaya promosi dapat dikurangi.

b. Memiliki posisi yang kuat
Dalam persaingan bisnis yang begitu ketat, sering kali terjadi saling menyaingi. Setiap perususahaan harus memiliki posisi yang kuat sehingga tidak mudah dijatuhkan oleh pesaing. Dengan ekuitas merek yang tinggi, maka posisi perusahaan di pasar akan kuat.

c. Mematok harga yang lebih tinggi
Ekuitas merek yang tinggi dan terkenal akan memberikan kesempatan bagi perusahaan untuk mematok harga yang lebih tinggi, sebagai contoh adalah produk iPhone. Jika dibandingkan dengan yang lain spek iPhone mungkin lebih rendah, namun iPhone mematok harga yang lebih tinggi dari pesaingnya. Mereka berani membayar lebih untuk merek tertentu yang memiliki nilai (ekuitas) lebih tinggi.

d. Lebih mudah meluncurkan perluasan merek (variasi baru) 
Merek dengan ekuitas tinggi berarti memiliki asosiasi merek yang kaitannya dengan brand image yang bagus. Maka ketika diluncurkan produk baru atau variasi produk baru akan lebih mudah dalam menangkap pelanggan baru.

Ukuran ekuitas merek yakni sejauh mana pelanggan bersedia membayar lebih tinggi untuk merek tertentu. Lalu apa fungsi dan peran ekuitas merek bagi konsumen?

2. Fungsi dan Peran Ekuitas Merek Bagi Konsumen

Ekuitas merek yang tinggi dapat memberikan nilai positif bagi konsumen, diantaranya adalah dapat menambah rasa percaya diri konsumen dalam melakukan keputusan pembelian dan dalam memakai produk tersebut.

Nilai yang diperoleh konsumen tersebut, berasal dari pengalaman-pengalaman sebelumnya serta pengetahuan tentang merek dan karakteristik yang dimiliki oleh produk tersebut. 

Ekuitas merek yang tinggi juga akan membuat konsumen merasa bangga ketika menggunakan produk tersebut, dan berakhir pada kepuasan (merasa puas) pasca pembelian. Ketika itu, konsumen akan membagikan pengalaman tersebut kepada orang lain. 


Itu adalah sedikit fungsi dan peran ekuitas merek bagi perusahaan dan konsumen. Jika ada salah kata, mari kita berdiskusi bersama.

Belum ada Komentar untuk "Fungsi dan Peran Ekuitas Merek (Brand Equity) Bagi Perusahaan dan Konsumen"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel