Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Penawaran

Kita Punya . Net - Sebelumnya kami sudah membahas tentang faktor faktor yang mempengaruhi permintaan, nah setelah itu kita menuju ke penawaran. Karena kemarin juga sudah dijelaskan tentang pengertian penawaran beserta dengan hukum dan kurvanya, maka saat ini yang akan kita bahas adalah faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran.

Penawaran adalah kesediaan penjual/produsen untuk menjual barang atau jasa pada berbagai tingkat harga dan pada waktu tertentu. Sama halnya dengan permintaan, penawaran juga tidak bisa tetap setiap saat. Terkadang naik dan juga terkadang turun, tergantung dari beberapa hal berikut ini.

" Faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran "

Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Penawaran
Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Penawaran

1.  Faktor teknologi
Faktor pertama yang mempengaruhi penawaran yang adalah teknologi, atau alat-alat yang digunakan untuk memproduksi barang di suatu perusahaan. Tentunya semakin canggih teknologi yang ada pada suatu perusahaan, jumlah produksi mereka semakin banyak, barang/produk yang ditawarkanpun juga semakin banyak. Semakin banyak barang yang ditawarkan, harga penawarkan perusahaan tersebut juga semakin rendah.

Sebagai contoh :
Harga dari keramik yang dibuat dari cetakan mesin tentunya lebih murah, bila dibandingkan dengan harga keramik buatan tangan. Namun demikian, perusahaan yang memproduksi dengan mesin tentunya mampu memproduksi lebih banyak keramik. Tapi yang menggunakan tangan juga memiliki kelebihan, yaitu kualitas dan keindahannya benar-benar terjamin.

2. Faktor biaya produksi
Faktor yang mempengaruhi penawaran yang kedua adalah biaya produksi. Perusahaan tentu memiliki data tentang biaya produksi per harinya. Semakin besar biaya produksi, tentu perusahaan akan mengambil tindakan entah itu dengan mengurangi jumlah produksi, mengurangi porsi (untuk makanan) atau menaikkan harga. 

Apabila perusahaan memilih untuk mengurangi jumlah produksi, tentu penawaran akan turun. Apabila perusahaan memilih untuk mengurangi porsi atau menaikkan harga jual, perusahaan juga akan menurunkan penawaran, hal ini disebabkan perusahaan takut kalau produknya tidak laku di pasaran. Dan begitu juga dengan sebaliknya. 

3. Faktor Harga Bersaing
Faktor ketiga yang mempengaruhi pengawaran adalah harga bersaing. Misal saja harga produk yang sejenis dari perusahaan lain harganya lebih mahal, maka untuk melawannya adalah dengan memproduksi lebih banyak agar harga barang dapat dijual dengan lebih murah.

Harga pasar dari barang-barang yang dihasilkan oleh produsen akan memengaruhi penawaran yang diajukan oleh produsen lain. Sebagai contoh seorang penjual komputer, misal komputer a dengan spek sekian memiliki harga pasaran Rp 5.000.000 maka perusahaan atau pedangan komputer harus menjual komputer tersebut juga Rp 5.000.000 atau kurang. Kalau diatasnya mungkin masyarakat kurang minat, karena di toko lainnya harganya lebih murah.

Seorang produsen yang bagik juga harus dapat memperhitungkan harga penawaran yang ia ajukan. Tujuannya agar ia tidak mengalami kerugian akibat tidak terjadinya keseimbangan antara harga pasar dan harga penawaran.

4. Faktot Tujuan Tertentu
Faktor ke-empat yang mempengaruhi penawaran adalah faktor tujuan tertentu. Faktor ini misalkan seperti keuntungan, misalkan kalau ingin mendapatkan keuntungan yang lebih besar maka jumlah produksi ditambah dan penawaran juga ditingkatkan.

Adakalanya juga, suatu perusaan menurunkan harga penawaran yang ia ajukan untuk menambah daya saing dari barang yang ia produksi. Tujuannya agar barang yang dihasilkan dapat mengalahkan barang sejenis yang dihasilkan oleh produsen lain.

Produsen juga berpatokan pada harga barang pengganti. Jika harga barang pengganti naik, penawaran produsen tersebut ditingkatkan. Alasanya, karena konsumen pasti akan mencari barang lainnya (barang pengganti) yang lebih murah. Jadi penawaran juga ditentukan oleh tujuan-tujuan tertenu.

5. Besarnya keuntungan yang diharapkan
Hampir sama dengan yang no 4, besar keuntungan juga mempengaruhi tinggi rendahnya penawaran. Seorang produsen harus menghitung dengan cerman keuntungan yang akan diperoleh jika memproduksi barang sekian dalam sehari, nah kalau ingin mendapatkan laba  yang lebih besar lagi maka ia harus memproduksi lebih banyak barang, dan meningkatkan penawaran. Ia juga dapat bermain dengan harga barang, produksi barang semakin banyak maka harga penawarannya akan semakin rendah. Kemungkinan konsumen membeli produk tersebut semakin besar, jadi harus ditingkatkan penawarannya.


Load disqus comments

0 comments