Pengertian dan Bentuk-bentuk Interaksi Sosial

Yogyakarta, Sabtu 8 Agustus 2015 - Kita Punya akan share tentang materi IPS SMA/SMK kelas 10 dengan materi tentang Interaksi sosial, pada kali ini kita mulai dengan pengertian interaksi sosial dan bentuk-bentuk interaksi sosial. Dan berikut ini ulasan dan penjabarannya :

Pengertian atau Definisi Interaksi Sosial

Dalam kamus besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata interaksi mempunyai arti sebagai suatu hal yang saling melakukan aksi, berhubungan atau saling mempengaruhi satu sama lain. Dengan demikian pengertian interaksi sosial adalah :
Hubungan timbal balik berupa aksi saling mempengaruhi antara individu dengan individu, antara individu dengan kelompok, dan juga antara kelompok dengan kelompok.
Menurut H. Bonner interaksi sosial adalah suatu hubungan antara dua individu atau lebih, di mana tingkah laku individu yang satu mempengaruhi, mengubah, memperbaiki tingkah individu yang lain ataupun juga sebaliknya. Hampir sama ya, dengan pengertian interaksi sosial secara umum.

Suatu kondisi tertentu di manan berlangsung hubungan atau saling berhubungan antara dua individu atau lebih disebut dengan situasi sosial. Situasi sosial ini dibedakan menjadi dua, yaitu sebagai berikut :
  1. Togetherness situaion atau situasi kebersamaan, yaitu situasi di mana sejumlah individu berkumpul bersama.
  2. Group situation disebut juga dengan situasi kelompok atau kelompok sosial.

Bentuk-bentuk Interaksi Sosial

Interaksi sosial terdapat beberapa bentuk, dan berikut ini bentuk interaksi sosial dapat dibedakan menjadi berikut ini :
Pengertian dan Bentuk-bentuk Interaksi Sosial
Pengertian dan Bentuk-bentuk Interaksi Sosial
1. Interaksi sosial menurut caranya
  • Interaksi langsung terjadi secara fisik.Misalnya bersalaman, berjabat tangan, memeluk, memukul, merangkul, menendang, menggendong, bergandengan tangan dan lain sebagainya.
  • Interaksi tidak langsung terjadi melalui suatu media atau perantara tertentu, misalnya melalui telefon, radio, TV, media sosial seperti facebook, twiiter dan lain sebagainya.
2. Interaksi sosial menurut jenisnya
  • Interaksi sosial antara individu dengan individu, misalnya Si D berbicara dengan Si C, 
  • Interaksi sosial antara iindividu dengan kelompok, misalnya seorang guru yang mengajar di depan murid-muridnya, beberapa santri belajar bersama dengan seorang ustad
  • Interaksi antara kelompok dengan kelompok, misalnya permainan sepak bola antara tim A dan tim B.
3. Interaksi sosial menurut sifatnya
  • Interaksi positif mengara pada suatu kerja sama. Contoh, seorang pedagang melayani pelanggannya dengan baik dan si pelanggan merasa puas dalam transaksi jual beli tersebut.
  • Interaksi negatif mengarah pada suatu pertentangan bahkan berakibat memutuskan interaksi sebagaimanan tampak dalam perang Irael dengan Palestina.
4. Interaksi sosial menurut hubungannya
  • Interaksi primer terjadi apabila orang yang mengadakan hubungan langsung bertemu dan bertatap muka. Misalnya orang-orang tersebut berjabat tangan, berpelukan dan lain sebagainya.
  • Inraksi sekunder memerlukan suatu perantara atau media, baik orang maupun alat. Misalnya dengan berinteraksi melalui sosial media seperti facebook, twitter, dll. Atau bisa juga melalui sms, telephone, email dan lain sebagainya.
Load disqus comments

0 comments