pengertian komunikasi

Komponen Komunikasi Adalah: Pengertian dan Macam-macamnya

Diposting pada 6,287 views

Komunikasi adalah proses pertukaran informasi dan ide antara dua orang atau lebih. Dalam setiap proses komunikasi, terdapat lima komponen utama komunikasi, yaitu sumber, pesan, saluran, penerima, dan umpan balik.

Pemahaman yang tepat tentang komponen-komponen komunikasi sangat penting dalam memastikan pesan yang disampaikan oleh sumber dapat diterima dengan baik oleh penerima. Kesalahan dalam salah satu komponen dapat menyebabkan kesalahpahaman atau ketidaksepahaman antara sumber dan penerima.

Oleh karena itu, penting bagi sumber untuk mempertimbangkan dengan seksama semua komponen tersebut sebelum mengirimkan pesan. Dalam membangun hubungan yang baik dengan orang lain, keahlian dalam berkomunikasi merupakan hal yang penting, dan pemahaman yang baik tentang komponen-komponen komunikasi menjadi salah satu keterampilan dasar dalam hal tersebut.

Berikut ini mari kita bahas tentang pengertian komponen komunikasi beserta dengan macam-macamnya:

Pengertian Komunikasi

Menurut Everette M. Roger (dalam Mulyana,2005a: 62) menyatakan bahwa pengertian komunikasi adalah proses di mana satu ide dialihkan dari sumber komunika ke seorang penerima atau lebih, dengan maksud untuk mengubah tingkah laku mereka:”  

Dari definisi tersebut sebenarnya sudah menggambarkan tentang tujuan dan proses suatu komunikasi. Nah pengertian komunikasi secara umum dapat kita rumuskan bersama, bahwa komunikasi adalah :

Proses pertukaran pesan di antara manusia untuk mencapai saling pengertian.

Penyampaian atau pertukaran pesan dapat dilakukan dengan pesan verbal (kata-kata) maupun dengan cara nono verbal (di luar kata-kata seperti bahasa tubuh, mimik wajah, intonasi, gambar, simbol, sandi dll).

Kemudian komunikasi juga bisa dilakukan secara langsung (tatap muka) atau melalui perantara media lain seperti telepon, hp, sosmed dll.

Pengertian Komponen Komunikasi

Komponen komunikasi adalah unsur-unsur yang harus ada agar proses komunikasi dapat berlangsung dengan baik.

Menurut Laswell, ada lima komponen komunikasi, yaitu:

  • Komunikator (sender) adalah pihak yang mengirimkan pesan kepada pihak lain.
  • Pesan (message) adalah isi atau tujuan yang akan disampaikan oleh salah satu pihak kepada pihak lain.
  • Saluran (channel) adalah media di mana pesan yang disampaikan kepada komunikan. Dalam komunikasi interpersonal (tatap muka), saluran bisa berupa udara yang mengalirkan nada atau suara. Dalam komunikasi massa, saluran bisa berupa radio, televisi, surat kabar, internet, dan sebagainya.
  • Komunikan (receiver) adalah pihak yang menerima pesan dari komunikator.
  • Efek (effect) adalah dampak atau hasil dari proses komunikasi yang terjadi antara komunikator dan komunikan.

Selain itu, ada juga beberapa komponen tambahan dalam komunikasi, seperti:

  • Pengkodean (encoding) adalah proses mengubah pikiran atau gagasan menjadi lambang-lambang yang berarti, seperti kata-kata, gambar, gestur, dan sebagainya.
  • Penguraian (decoding) adalah proses memahami atau menginterpretasikan lambang-lambang yang diterima oleh komunikan.
  • Umpan balik (feedback) adalah respon atau reaksi dari komunikan terhadap pesan yang diterima dari komunikator.
  • Konteks (context) adalah situasi atau latar belakang di mana proses komunikasi berlangsung. Konteks bisa berupa fisik, sosial, budaya, psikologis, atau historis.
  • Gangguan (noise) adalah segala hal yang mengganggu atau menghambat proses komunikasi. Gangguan bisa bersifat fisik, semantik, psikologis, atau mekanis.

Dengan memahami komponen-komponen komunikasi, kita dapat meningkatkan keterampilan dan efektivitas berkomunikasi dengan orang lain.

Macam Komponen Komunikasi

Komponen-komponen komunikasi merupakan bagian dari suatu proses komunikasi, apa saja sih komponen-komponen komunikasi?   

  1. Komunikator
    Komunikator adalah orang yang menyampaikan pesan, di dalamnya mencakup faktor-faktor seperti keterampilan komunikasi, sikap, pengetahuan dan sistem sosial serta pengaruh kultural, sosiokultural dan psikokultural.
  2. Pesan
    Pesan merupakan sesuatu yang disusun dengan elemen, isi, struktur tertentu yang merupakan hasil transformasi dari pikiran/gagasan/perasaan dalam proses encoding yang dilakukan komunikator yang kemudian di-decode oleh komunikan
  3. Media atau saluran komunikasi
    Adalah sesuatu yang dipergunakan untuk menyampaikan pesan yang diserap melalui pancaindra. 
  4. Komunikan
    Komunikan adalah orang yang menerima pesan, di dalamnya juga terdapat faktor-faktor seperti yang ada pada komunikator.
  5. Efek
    Efek adalah akibat dari kegiatan komunikasi yang biasanya dirumuskan sebagai perubahan atau peneguhan sikap, pendapat dan perilaku. Efek pun adakalanya juga disebut sebagai tujuan komunikasi atau untuk menunjukkan keberhasilan komunikasi.
  6. Umpan-balik
    Feed back atau umpan balik adalah merupakan respons komunikasi selama proses komunikasi berlangsung yang bisa mengubah pesan komunikasi, media komunikasi atau komunikator.
  7. Gangguan komunikasi
    Merupakan gangguan yang dapat membuat komunikasi tidak efektif. 
  8. Lingkungan
    Salah satu yang mempengaruhi proses komunikasi manusia karena proses komunikasi tidak berlangsung di ruang hampa.

Demikian artikel tentang arti komuniasi, pengertian dan komponen komunikasi, semoga bermafaat dan terimakasih.

FAQ tentang Komponen Komunikasi

Apa itu komponen-komponen komunikasi?

Komponen-komponen komunikasi adalah elemen-elemen yang membentuk proses komunikasi, yaitu sumber, pesan, saluran, penerima, dan umpan balik.

Mengapa pemahaman tentang komponen-komponen komunikasi penting?

Pemahaman yang tepat tentang komponen-komponen komunikasi sangat penting untuk memastikan pesan yang disampaikan oleh sumber dapat diterima dengan baik oleh penerima. Kesalahan dalam salah satu komponen dapat menyebabkan kesalahpahaman atau ketidaksepahaman antara sumber dan penerima.

Apa itu sumber atau pengirim dalam komunikasi?

Sumber atau pengirim adalah orang atau organisasi yang mengirimkan pesan dalam proses komunikasi. Sumber bertanggung jawab atas isi dan tujuan pesan yang ingin disampaikan.

Apa itu saluran atau media komunikasi dalam komunikasi?

Saluran atau media komunikasi adalah sarana atau alat yang digunakan untuk mengirimkan pesan dari sumber ke penerima dalam proses komunikasi. Saluran dapat berupa lisan, tulisan, gambar, atau media elektronik seperti telepon, email, atau media sosial.

Apa itu umpan balik dalam komunikasi?

Umpan balik adalah respons atau tanggapan dari penerima terhadap pesan yang diterima dalam proses komunikasi. Umpan balik dapat membantu sumber memperbaiki pesan yang disampaikan dan memastikan bahwa pesan tersebut diterima dengan baik oleh penerima.

Apa itu penerima dalam komunikasi?

Penerima adalah orang atau kelompok yang menerima pesan dari sumber dalam proses komunikasi. Penerima harus mampu memahami pesan yang disampaikan oleh sumber agar proses komunikasi dapat berjalan dengan baik.

Pelajari lebih dalam tentang arti komunikasi dengan membaca artikel berikut ini :

1. Prospek Kerja Jurusan Ilmu Komunikasi
2. Komunikasi Pemasaran (Marketing Communication) Lengkap
3. Pengertian Komunikasi Pemasaran Terpadu (IMC) dan Alat Bauran Promosi

Gambar Gravatar
Tim Editorial KitaPunya.net adalah seorang profesional di bidang Manajemen, Teknologi Digital dan Marketing dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. KitaPunya.net saat ini menjadi situs pendidikan dan karir yang selalu berusaha memberikan inforamasi akurat, terpecaya dan terupdate.