apa itu funding officer

Apa Itu Funding Officer? Disertai 7 Tugas dan Tanggung Jawabnya

Diposting pada 70 views

Adakah dari kalian yang masih jarang mendengar profesi sebagai funding officer? Yap, memang funding officer terdengar masih jarang sekali di telinga masyarakat. Maka dari itu, berikut ini akan mengulas tentang profesi FO ini mulai dari pengertian, tugas dan tanggung jawabnya.

Apa itu Funding Officer?

Funding officer (FO) merupakan profesi yang bergelut di dunia perbankan atau pembiayaan. Seorang yang berprofesi sebagai FO biasanya bertugas untuk mencari nasabah untuk mempromosikan, memasarkan, memperkenalkan produk dari bank tersebut.

Funding officer akan mencari nasabah untuk memperkenalkan perbankan tempat ia bekerja kepada mereka agar nasabah mau untuk menyimpan dananya.

FO juga terbilang tak jauh-jauh dengan profesi sebagai marketing yaitu yang memiliki fokus untuk memasarkan produk kepada konsumen. Setelah mengetahui definisi funding officer, berikut ini 7 tugas dan tanggung jawab seorang FO.

Baca juga : Collection Officer – Tugas, Persyaratan dan Gajinya

Tugas dan Tanggung Jawab Funding Officer

1. Melakukan promosi produk bank

Seperti penjelasan di atas sebelumnya, seorang funding officer memiliki tugas untuk mencari nasabah dan mempromosikan produk-produk perbankan seperti tabungan, giro, dan deposito.

Karena tugasnya melakukan promosi produk dengan baik, seorang FO harus mampu menguasai produk agar memberikan presentasi yang baik dan optimal pada target konsumen perbankannya.

2. Menjalin hubungan baik dengan nasabah

Setelah melakukan promosi dan mendapatkan target konsumen yang sesuai, seorang funding officer harus mampu menjalin hubungan dengan nasabah secara baik, berkomunikasi secara baik dan professional agar mempertahankan nasabah tetap menyimpan dan berinvestasi pada perusahaan perbankan tersebut.

3.Akuisisi

Seorang FO bertugas untuk membuat dan menyusun program marketing produk perbankan perusahaannya. Mereka dituntut untuk dapat kreatif dan memberikan ide untuk program yang dijalankan perbankan dengan tujuan untuk mendatangkan income kepada perusahaan perbankan tempat ia bekerja.

Contoh akuisisi ialah seorang FO yang diberikan anggaran untuk membeli sebuah souvenir, spanduk, baliho, dan beberapa biaya lain untuk membuat sebuah program. Nah anggaran tersebut harus memiliki perhitungan yang tepat dan setiap program memiliki target jumlah produk yang harus terjual untuk menutupi biasaya anggaran tersebut.

4. Retensi

FO bertugas untuk meningkatkan jumlah dana yang tersimpan di cabang dengan program retensi. Contohnya ialah mengumpulkan nasabah untuk mengikuti program yang dibuat oleh FO dengan meningkatkan jumlah tabungan nasabah untuk mendapatkan hadiah langsung dari bank yang ditentukan.

5. Meningkatkan loyalitas pada nasabah

Salah satu tugas yang dilakukan seorang FO yaitu harus mempertahankan nasabah dan meningkatkan loyalitas pada nasabah. Hal ini dapat dilakukan dengan cara memberikan kado/kue ulang tahun, karangan bunga ketika hajatan atau berduka, dan memberikan souvenir.

Loyalitas ini bertujuan untuk mempertahankan hubungan FO dan nasabah agar semakin dekat dan kekeluargaan. Bentuk loyalitas ini juga tidak mewajibkan untuk nasabah menambah dana di rekeningnya.

6. Memonitoring produk bank yang telah terjual

Setelah funding officer melakukan penjualan beberapa produk perbankan seperti tabungan, deposito, kredit, mesih edc, dan lain sebagainya ia harus melakukan monitoring perkembangannya.

Kadang kali FO juga harus melakukan kunjungan lapangan untuk memantau salah satu produk yang terjual tersebut.

7. Memberikan laporan

Setelah melakukan atau membuat berbagai program yang telah dibuat, funding officer harus harus melaporkan segala jenis aktifitas dan program tersebut seperti melakukan laporan pembukuan dana-dana yang digunakan, menghimpun kwitansi pembelian, hingga menghitung perkiraan sisa anggaran.  

FO harus memberikan laporan yang spesifik, lengkap serta detail mengenai program yang telah dijalankan.

Baca juga : Tugas Seorang Field Officer & Skill Yang Dibutuhkan

Itulah pengertian profesi sebagai FO. Jika kamu seorang yang menyukai tantangan dan bertemu dengan orang banyak, kamu dapat mencoba berkarir menjadi pada posisi ini di beberapa perusahaan perbankan di Indonesia, banyak kok lowongannya..

Berkarir menjadi seorang funding officer merupakan hal yang tidak mudh, ia memiliki target per tahun yang harus dijalankan. Namun posisi ini memiliki jenjang karir yang cukup menjanjikan dengan menurut ketentuan perusahaan masing-masing, jabatan ini dapat meningkat menjadi manager pemasaran/marketing.

Dalam beberapa pengalaman, FO difasilitasi beberapa layanan oleh masing-masing perusahaan perbankannya dengan motor/mobil untuk menunjang tugas seorang funding officer tetapi ini juga tergantung pada perusahaan tempat masing-masing bekerja.

Gambar Gravatar
Seorang Sarjana Bahasa dan Sastra yang suka menulis. Linked in