gaji relationship officer

Gaji Relationship Officer di Bank-Bank Yang ada di Indonesia

Diposting pada 542 views

Kisaran Gaji Relationship Officer pada 10 Bank di Indonesia – Profesi relationship officer ini merupakan salah satu profesi yang banyak dicari oleh lulusan baru yang ingin berkarir di bidang perbankan. Kata “relationship” memiliki arti hubungan, dan officer memiliki arti “pekerja”.

Sehingga dapat kita definisikan bahwa relationship officer adalah seorang staff/pekerja yang tugasnya untuk membangun hubungan yang baik, dengan siapa? Kalau perusahaan ya dengan konsumennya, kalau bank ya dengan nasabahnya.

Tentu saja tidak hanya membangun hubungan yang baik saja, tapi juga menawarkan produk dan layanan perusahaan. Dalam artikel ini kami akan membahas lebih lanjut gaji seorang relationship officer.

Semoga dengan mengetahui gaji relationship officer ini, kamu menjadi lebih bersemangat dan tertarik untuk menjadi relationship officer.

Apa Tugas Relationship Officer?

Relationship officer adalah pekerjaan yang bertanggung jawab untuk menjalin hubungan baik dengan nasabah bank atau lembaga keuangan lainnya. Relationship officer harus mampu memberikan pelayanan yang profesional, ramah, dan sesuai dengan kebutuhan nasabah.

Sebagai seorang Relationship officer harus dapat mengenal produk dan layanan yang ditawarkan oleh bank atau lembaga keuangan dengan baik, karena salah satu ugasnya adalah menginformasikan kepada nasabah tentang manfaat, fitur, dan syarat-syaratnya. Relationship officer berperan penting dalam meningkatkan loyalitas, kepuasan, dan penjualan nasabah.

Baca juga: Pengertian Relationship Officer Adalah

Tugas Utama Relationship Officer

Berikut adalah beberapa tugas utama relationship officer:

  • Mencari dan menarik nasabah baru melalui berbagai cara, seperti telepon, email, media sosial, atau kunjungan langsung.
  • Menjaga dan memperkuat hubungan dengan nasabah lama, dengan memberikan layanan yang berkualitas, cepat, dan solutif.
  • Menawarkan produk dan layanan yang sesuai dengan kebutuhan dan profil nasabah, serta memberikan penjelasan yang jelas dan lengkap.
  • Menangani keluhan, pertanyaan, atau permintaan nasabah dengan cara yang profesional dan sopan.
  • Membuat laporan aktivitas dan kinerja relationship officer secara berkala kepada atasan atau manajer.
  • Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan relationship officer tentang produk, layanan, dan perkembangan terbaru di industri perbankan atau keuangan.

Kisaran Gaji Relationship Officer di Bank-bank Indonesia

Namun, berapa sih gaji Relationship Officer di bank-bank Indonesia? Apakah ada perbedaan antara bank pemerintah dan bank swasta? Bagaimana prospek karirnya? Berikut ini kami akan memberikan informasi mengenai gaji Relationship Officer di 10 bank Indonesia, baik BUMN maupun swasta, berdasarkan data dari situs pencari kerja Glassdoor.

1. Gaji Relationship Officer di Bank Mandiri

Bank Mandiri adalah bank BUMN yang didirikan pada tanggal 2 Oktober 1998, sebagai bagian dari program restrukturisasi perbankan yang dilaksanakan oleh pemerintah Indonesia.

Selanjutnya pada bulan Juli tahun 1999, empat bank milik pemerintah diantaranya yaitu Bank Bumi Daya, Bank Dagang Negara, Bank Ekspor Impor Indonesia dan Bank Pembangunan Indonesia dilebur menjadi satu menjadi Bank Mandiri.

Bank mandiri merupakan salah satu bank terbesar yang ada di Indonesia, sehingga gaji karyawannya tentu sangat menggiurkan. Dilansir dari berbagai sumber, gaji seorang relationship officer di bank Mandiri berkisar Rp 5,5 juta hingga Rp 7 juta per bulan, belum termasuk tunjangan dan bonus.

2. Gaji Relationship Officer Bank Republik Indonesia (BRI)

Bank bri adalah salah satu bank terbesar di Indonesia yang menawarkan berbagai produk dan layanan keuangan kepada nasabahnya. Bank bri memiliki visi untuk menjadi bank yang unggul, terpercaya, dan berdaya saing tinggi di pasar domestik dan regional. Bank bri juga memiliki misi untuk memberikan solusi keuangan yang inovatif, inklusif, dan berkelanjutan bagi masyarakat Indonesia.

Berdasarkan berbagai sumber, Relationship Officer di Bank BRI memiliki gaji sekitar Rp 4,5 juta hingga Rp 6 juta per bulan, dan belum termasuk tunjangan dan bonus.

3. Gaji Relationship Officer Bank Negara Indonesia (BNI)

Bank BNI adalah salah satu bank terbesar dan terpercaya di Indonesia yang berdiri sejak tahun 1946. Bank BNI memiliki lebih dari 2.000 cabang dan 17.000 ATM di seluruh Indonesia, serta jaringan koresponden di lebih dari 100 negara.

Bank BNI menawarkan berbagai produk dan layanan perbankan, seperti tabungan, deposito, kredit, kartu kredit, remitansi, asuransi, investasi, dan e-banking. Bank BNI juga memiliki unit usaha syariah yang menyediakan solusi keuangan sesuai dengan prinsip syariah. Bank BNI berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada nasabahnya dengan mengedepankan nilai-nilai keunggulan, integritas, profesionalisme, dan inovasi.

Gaji Relationship Officer di Bank BNI sekitar Rp 4 juta hingga Rp 5,5 juta per bulan, belum termasuk tunjangan dan bonus.

4. Gaji Relationship Officer di Bank BCA

Bank Central Asia (BCA) adalah salah satu bank swasta terbesar di Indonesia yang didirikan pada tahun 1957. BCA menyediakan berbagai produk dan layanan perbankan, seperti tabungan, deposito, kredit, kartu kredit, internet banking, mobile banking, dan lain-lain. BCA juga memiliki unit usaha syariah yang bernama BCA Syariah.

Gaji Relationship Officer di Bank BCA sekitar Rp 6 juta hingga Rp 8 juta per bulan, belum termasuk tunjangan dan bonus.

5. Gaji Relationship Officer di Bank CIMB NIAGA

Bank CIMB Niaga adalah bank swasta nasional devisa yang merupakan hasil penggabungan antara Bank Niaga dan Bank Lippo pada tahun 2008. Bank ini merupakan bagian dari CIMB Group, salah satu grup perbankan terbesar di Asia Tenggara.

Bank CIMB Niaga menawarkan berbagai produk dan layanan perbankan, seperti tabungan, deposito, kredit, kartu kredit, wealth management, treasury, dan lain-lain. Bank ini juga memiliki unit usaha syariah yang bernama CIMB Niaga Syariah.

Gaji Relationship Officer di Bank CIMB Niaga berkisar antara Rp 5 juta hingga Rp 7 juta per bulan.

6. Gaji Relationship Officer di Bank BTN

Bank Tabungan Negara (BTN) adalah bank pemerintah yang berfokus pada pembiayaan perumahan. Bank ini didirikan pada tahun 1897 dengan nama Postspaarbank. BTN memiliki visi untuk menjadi bank perumahan terkemuka di Indonesia dengan misi untuk memberikan solusi perumahan bagi masyarakat Indonesia.

Bank BTN menyediakan berbagai produk dan layanan perbankan, seperti tabungan, deposito, kredit perumahan, kredit mikro, kartu kredit, e-banking, dan lain-lain. BTN juga memiliki unit usaha syariah yang bernama BTN Syariah.

Gaji Relationship Officer di Bank BTN berkisar antara Rp 4 juta hingga Rp 7 juta per bulan

7. Gaji Relationship Officer di BANK PERMATA

Bank Permata adalah bank swasta nasional devisa yang didirikan pada tahun 2002 sebagai hasil merger dari lima bank, yaitu Bank Bali, Bank Universal, Bank Prima Express, Bank Artamedia, dan Bank Patriot. Bank Permata merupakan anak perusahaan dari PT Astra International Tbk dan Standard Chartered Bank.

Bank Permata menawarkan berbagai produk dan layanan perbankan, seperti tabungan, deposito, kredit, kartu kredit, wealth management, treasury, dan lain-lain. Bank Permata juga memiliki unit usaha syariah yang bernama Permata Syariah.

Bank Permata memberikan gaji Relationship Officer sekitar Rp 4 juta hingga Rp 5,5 juta per bulan, belum termasuk tunjangan dan bonus.

8. Gaji Relationship Officer di Bank Danamon

Bank Danamon adalah bank swasta nasional devisa yang didirikan pada tahun 1956 dengan nama Bank Kopra Indonesia. Bank Danamon merupakan bagian dari MUFG Bank, salah satu bank terbesar di dunia.

Bank Danamon menyediakan berbagai produk dan layanan perbankan, seperti tabungan, deposito, kredit, kartu kredit, bancassurance, investment banking, dan lain-lain. Bank Danamon juga memiliki unit usaha syariah yang bernama Danamon Syariah.

Gaji Relationship Officer di bank danamon berkisar antara Rp 3,5 juta hingga Rp 5 juta per bulan,

9. Gaji Relationship Officer di Bank Jateng

Bank Jateng adalah bank pembangunan daerah (BPD) yang dimiliki oleh pemerintah daerah di Jawa Tengah. Bank ini didirikan pada tahun 1963 dengan nama BPD Jawa Tengah I. Bank Jateng memiliki tujuan untuk mendukung pembangunan ekonomi dan sosial di Jawa Tengah melalui penyediaan produk dan layanan perbankan yang berkualitas. Bank Jateng menyediakan berbagai produk dan layanan perbankan, seperti tabungan, deposito, kredit mikro, kredit usaha rakyat (KUR), e-banking, dan lain-lain.

Dilansir dari berbagai sumber, gaji seorang relationship officer di bank jateng adalah antara Rp 3 juta hingga 6 juta rupiah per bulan.

10. Gaji Relationship Officer di Bank BSI

Bank Syariah Indonesia (BSI) adalah bank syariah terbesar di Indonesia yang didirikan pada tahun 2021 sebagai hasil penggabungan dari tiga bank syariah milik BUMN, yaitu Bank Syariah Mandiri, BNI Syariah, dan BRI Syariah.

BSI memiliki visi untuk menjadi bank syariah terdepan di dunia dengan misi untuk memberikan solusi keuangan syariah yang inklusif, berdaya saing, dan berdampak positif bagi masyarakat. BSI menyediakan berbagai produk dan layanan perbankan syariah, seperti tabungan, deposito, pembiayaan, kartu kredit, e-banking, dan lain-lain.

Gaji seorang relationship officer di bank BSI berkisar antara 4 juta hingga 7 juta rupiah per bulan. Gimana tertarik bekerja sebagai RO di Bank BSI?

Kesimpulan

Demikianlah informasi mengenai gaji Relationship Officer di 10 bank Indonesia. Tentu saja, gaji Relationship Officer tidak hanya ditentukan oleh nama bank, tetapi juga oleh faktor-faktor lain seperti pendidikan, pengalaman, kinerja, dan target. Selain itu, gaji Relationship Officer juga bisa berbeda-beda di setiap daerah, tergantung pada tingkat persaingan dan biaya hidup.

Jika Anda tertarik untuk menjadi Relationship Officer, Anda harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik, pengetahuan yang luas tentang produk dan layanan perbankan, serta motivasi yang tinggi untuk mencapai target. Selain itu, Anda juga harus siap bekerja di bawah tekanan, berhadapan dengan berbagai macam nasabah, dan bersaing dengan Relationship Officer dari bank lain.

Menjadi Relationship Officer memang tidak mudah, tetapi juga menawarkan banyak peluang karir dan pengembangan diri. Jika Anda berhasil menjadi Relationship Officer yang handal, Anda bisa mendapatkan penghasilan yang besar, promosi yang cepat, dan jaringan yang luas. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin menjadi Relationship Officer atau yang sudah menjadi Relationship Officer. Terima kasih telah membaca.

Baca juga:

Gambar Gravatar
Tim Editorial KitaPunya.net adalah seorang profesional di bidang Manajemen, HR, dan Marketing dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. KitaPunya.net saat ini menjadi situs pendidikan dan karir yang selalu berusaha memberikan inforamasi akurat, terpecaya dan terupdate.