relationship officer

Relationship Officer: Pengertian, Tugas, Skills, Jenjang Karir dan Gajinya

Diposting pada 836 views

Apa itu relationship officer? Relationship officer adalah seorang profesional yang bertugas untuk menjaga dan menjalin hubungan baik dengan nasabah atau klien di bidang perbankan atau keuangan. Relationship officer juga bertanggung jawab untuk mengenalkan dan memasarkan produk atau layanan perusahaan, seperti kredit, tabungan, asuransi, dan lain-lain.

Di Indonesia kamu bisa bekerja sebagai relationship officer di bank-bank ternama seperti BCA, BRI, Mandiri, BTPN, Bank Sinarmas, Bank Bukopin, Bank CIMB Niaga dan masih banyak lagi bank-bank besar di Indonesia.

Relationship officer harus memiliki kemampuan analisis pasar, komunikasi, negosiasi, dan penjualan yang baik. Relationship officer juga harus mengikuti aturan dan regulasi yang berlaku di industri perbankan atau keuangan.

Berikut ini adalah ulasan lengkap tentang pengertian relationship officer, tugas dan tanggung jawab, skills serta gajinya.

Pengertian Relationship Officer

Relationship officer adalah seorang profesional yang bertugas untuk menjaga dan menjalin hubungan baik dengan nasabah atau klien di bidang perbankan atau keuangan.

Relationship officer bertanggung jawab dalam mengenalkan dan memasarkan produk atau layanan perusahaan, seperti kredit, tabungan, asuransi, dan lain-lain. Relationship officer harus memiliki kemampuan analisis pasar, komunikasi, negosiasi, dan penjualan yang baik. Relationship officer juga harus mengikuti aturan dan regulasi yang berlaku di industri perbankan atau keuangan.

Relationship officer biasanya bekerja di bawah divisi marketing atau sales di sebuah bank, lembaga keuangan, atau koperasi. Relationship officer sering bersinggungan langsung dengan nasabah atau calon nasabah, baik melalui telepon, email, media sosial, maupun kunjungan langsung.

Apabila kamu menjadi seorang Relationship officer, maka kamu harus mampu memberikan informasi yang akurat, jelas, dan menarik tentang produk atau layanan yang ditawarkan. Tidak hanya memberikan informasi, kamu juga harus mampu menyelesaikan keluhan atau masalah yang dialami oleh nasabah dengan cepat dan profesional.

Tugas dan Tanggung Jawab Relationship Officer

Sebagai seorang relationship officer, Anda akan memiliki berbagai tugas dan tanggung jawab yang berkaitan dengan pelayanan nasabah dan penjualan produk atau layanan perusahaan. Berikut adalah beberapa tugas dan tanggung jawab relationship officer:

  • Melakukan analisis pasar untuk menentukan segmen nasabah yang potensial dan sesuai dengan produk atau layanan perusahaan.
  • Membuat strategi marketing untuk menarik minat nasabah atau calon nasabah terhadap produk atau layanan perusahaan.
  • Menghubungi nasabah atau calon nasabah melalui telepon, email, media sosial, maupun kunjungan langsung untuk menawarkan produk atau layanan perusahaan.
  • Menjalin komunikasi internal dengan perusahaan untuk menyampaikan keluhan, saran, atau masukan dari pelanggan.
  • Menjalin komunikasi eksternal dengan publik untuk mempromosikan citra positif perusahaan dan meningkatkan loyalitas pelanggan.
  • Menjalin hubungan baik dengan investor untuk menginformasikan perkembangan dan kemajuan perusahaan, serta mencari peluang kerjasama baru.
  • Membuat laporan berkala tentang kinerja dan aktivitas relationship officer.
  • Memberikan informasi yang akurat, jelas, dan menarik tentang produk atau layanan perusahaan kepada nasabah atau calon nasabah.
  • Menjelaskan syarat dan ketentuan produk atau layanan perusahaan kepada nasabah atau calon nasabah.
  • Membantu nasabah atau calon nasabah dalam proses pengajuan produk atau layanan perusahaan, seperti mengisi formulir, melengkapi dokumen, maupun melakukan verifikasi data.
  • Menjaga hubungan baik dengan nasabah atau calon nasabah dengan memberikan pelayanan yang ramah, sopan, dan profesional.
  • Mengirimkan laporan aktivitas penjualan kepada atasan secara berkala.
  • Menyelesaikan keluhan atau masalah yang dialami oleh nasabah dengan cepat dan profesional.
  • Mencari peluang untuk meningkatkan loyalitas nasabah terhadap produk atau layanan perusahaan.

Skills Yang Harus Dimiliki Relationship Officer

Relationship officer harus mampu memberikan pelayanan yang profesional, ramah, dan sesuai dengan kebutuhan nasabah. Relationship officer juga harus mampu menawarkan produk dan layanan yang sesuai dengan profil dan kepentingan nasabah, serta mengatasi masalah atau keluhan yang mungkin timbul.

Untuk menjadi relationship officer yang handal, ada beberapa skills yang harus dimiliki, yaitu:

1. Interpersonal Skill

Interpersonal skill adalah kemampuan untuk berinteraksi dengan orang lain secara efektif dan menyenangkan. Interpersonal skill mencakup aspek seperti sikap, etika, bahasa tubuh, emosi, dan penyesuaian diri. Interpersonal skill sangat penting bagi relationship officer karena mereka harus bisa membangun kepercayaan, kredibilitas, dan loyalitas dari nasabah.

2. Communication Skills

Communication skills adalah kemampuan untuk menyampaikan dan menerima informasi secara jelas, tepat, dan persuasif. Communication skills mencakup aspek seperti mendengarkan, berbicara, menulis, membaca, dan berpresentasi. Communication skills sangat penting bagi relationship officer karena mereka harus bisa mengkomunikasikan produk dan layanan yang ditawarkan, menjelaskan manfaat dan risiko yang terkait, serta menjawab pertanyaan atau keberatan yang mungkin muncul.

3. Memperhatikan Detail

Memperhatikan detail adalah kemampuan untuk melakukan pekerjaan dengan teliti, akurat, dan rapi. Memperhatikan detail mencakup aspek seperti mengikuti prosedur, memeriksa data, mengisi formulir, dan membuat laporan. Memperhatikan detail sangat penting bagi relationship officer karena mereka harus bisa menangani data dan dokumen nasabah dengan hati-hati, menghindari kesalahan atau kelalaian yang bisa merugikan nasabah atau perusahaan.

4. Problem Solving

Problem solving adalah kemampuan untuk mengidentifikasi, menganalisis, dan menyelesaikan masalah secara kreatif dan logis. Problem solving mencakup aspek seperti berpikir kritis, membuat keputusan, mencari solusi alternatif, dan mengimplementasikan tindakan. Problem solving sangat penting bagi relationship officer karena mereka harus bisa mengatasi masalah atau keluhan nasabah dengan cepat dan efektif, serta mencegah masalah yang sama terulang di masa depan.

5. Relationship Management Tools

Relationship management tools adalah alat-alat yang digunakan untuk membantu relationship officer dalam menjalankan tugasnya. Relationship management tools mencakup aspek seperti sistem informasi nasabah (CRM), aplikasi mobile, media sosial, email, telepon, dan surat. Relationship management tools sangat penting bagi relationship officer karena mereka harus bisa memanfaatkan alat-alat tersebut untuk meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan kualitas pelayanan.

6. Marketing Skills

Marketing skills adalah kemampuan untuk mempromosikan produk dan layanan kepada nasabah secara efektif dan menarik. Marketing skills mencakup aspek seperti pengetahuan produk, penelitian pasar, segmentasi pasar, strategi pemasaran, teknik penjualan, negosiasi, dan penutupan. Marketing skills sangat penting bagi relationship officer karena mereka harus bisa meningkatkan penjualan, pangsa pasar, dan kepuasan nasabah.

7. Dasar-dasar Komputer

Dasar-dasar komputer adalah kemampuan untuk menggunakan komputer dan perangkat lunak yang terkait dengan pekerjaan relationship officer. Dasar-dasar komputer mencakup aspek seperti mengoperasikan sistem operasi (Windows), aplikasi perkantoran (Word, Excel), internet (browser), email (Outlook), dan perangkat keras (printer, scanner). Dasar-dasar komputer sangat penting bagi relationship officer karena mereka harus bisa menggunakan komputer untuk melakukan pekerjaan sehari-hari, seperti membuat laporan, mengirim email, atau mencetak dokumen.

Demikianlah beberapa skills yang harus dimiliki relationship officer. Dengan memiliki skills tersebut, relationship officer dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada nasabah dan membawa keuntungan bagi perusahaan.

Jenjang Karir Relationship Officer

Jenjang karir sebagai relationship officer sangat menjanjikan, Berikut adalah beberapa langkah potensial dalam jenjang karir Anda sebagai Relationship Officer:

1. Manager

Setelah beberapa tahun pengalaman sebagai Relationship Officer, Anda mungkin sudah menguasai seluk beluk profesi ini sehingga apabila ada kesempatan dapat naik ke posisi Relationship Manager. Di sini, Anda akan bertanggung jawab atas portofolio klien yang lebih besar dan lebih kompleks. Anda akan memiliki tanggung jawab yang lebih besar dalam menjaga hubungan yang baik dengan klien dan memastikan kebutuhan mereka terpenuhi.

2. Kepala Cabang atau Kepala Unit

Seiring dengan pengalaman dan keberhasilan Anda, Anda bisa naik ke posisi manajemen tingkat lebih tinggi, seperti Kepala Cabang atau Kepala Unit. Di sini, Anda akan bertanggung jawab atas operasi keseluruhan cabang atau unit, termasuk pengelolaan tim RO dan pencapaian target bisnis.

3. Manajemen Regional atau Regional Sales Manager

Jika Anda memiliki visi yang luas dan mampu mengkoordinasikan beberapa cabang atau unit, Anda mungkin bisa pindah ke peran manajemen regional. Anda akan memegang tanggung jawab atas pengembangan bisnis di wilayah tertentu.

4. Direktur Pemasaran atau Direktur Penjualan

Bagi mereka yang mencapai tingkat kepemimpinan tertinggi dalam perusahaan, ada potensi untuk menjadi Direktur Pemasaran atau Direktur Penjualan. Di sini, Anda akan terlibat dalam perumusan strategi bisnis keseluruhan perusahaan dan membuat keputusan strategis yang berdampak besar.

5. Pindah ke Spesialisasi Lain

Selain naik ke tingkat manajemen, beberapa RO memilih untuk memperluas jenjang karir mereka dengan pindah ke spesialisasi lain dalam industri keuangan, seperti manajemen investasi, manajemen aset, atau manajemen risiko.

Rata-rata Gaji Relationship Officer

Gaji seorang relationship officer bisa bervariasi tergantung pada faktor-faktor seperti pengalaman kerja, kualifikasi pendidikan, jenis perusahaan, lokasi kerja, dan lain-lain. Namun, berdasarkan data dari Glassdoor, rata-rata gaji relationship officer di Amerika Serikat adalah sekitar $87.439 per tahun. Gaji ini bisa lebih tinggi atau lebih rendah tergantung pada faktor-faktor yang telah disebutkan sebelumnya.

Gaji relationship officer di Indonesia bervariasi tergantung pada faktor-faktor seperti latar belakang pendidikan, pengalaman kerja, lokasi kerja, ukuran perusahaan, dan kinerja individu. Berikut adalah beberapa data gaji relationship officer di Indonesia dari beberapa sumber:

  • Menurut laman Kita Lulus, posisi relationship officer level junior dengan latar belakang lulusan baru S1 akan mendapat gaji di atas UMR, yaitu Rp4 juta hingga Rp5 juta per bulan.
  • Menurut laman Indeed , rata-rata gaji relationship officer di Indonesia adalah Rp4.336.549 per bulan. Angka ini diperbarui per 1 Desember 2022.
  • Menurut laman kumparan.com , gaji relationship officer di bank swasta bisa mencapai Rp6 juta hingga Rp8 juta per bulan. Sedangkan di bank BUMN bisa mencapai Rp10 juta hingga Rp15 juta per bulan.

Selain gaji pokok, seorang relationship officer juga bisa mendapatkan tambahan penghasilan berupa komisi, bonus, insentif, maupun tunjangan lainnya. Hal ini tentu akan menambah motivasi seorang relationship officer untuk bekerja lebih giat dan lebih baik.

Kesimpulan

Relationship Officer adalah profesi yang menantang dan menarik bagi kamu yang suka berinteraksi dengan banyak orang dan membantu mereka mendapatkan solusi terbaik dari perusahaan. Gaji relationship officer juga cukup tinggi dan kompetitif di pasaran.

Namun, kamu juga harus siap menghadapi tantangan sebagai relationship officer seperti tekanan kerja, target penjualan, atau persaingan dengan rekan kerja yang lainnya. Jika kamu tertarik menjadi seorang relationship officer, kamu harus memiliki kemampuan interpersonal, customer service, problem solving, marketing, dan computer yang baik.

Baca juga:

Gambar Gravatar
Tim Editorial KitaPunya.net adalah seorang profesional di bidang Manajemen, Teknologi Digital dan Marketing dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. KitaPunya.net saat ini menjadi situs pendidikan dan karir yang selalu berusaha memberikan inforamasi akurat, terpecaya dan terupdate.