apa itu account manager

Tugas Account Manager

Diposting pada 1.141 views

Pengertian Account Manager

tugas account manager

Account manager – Pernah mendengar profesi Account Manager di beberapa portal lowongan pekerjaan? profesi yang berhubungan dengan tim sales dan klien ini kerap kali dibutuhkan beberapa perusahaan. Sebelum mengarah pada tugas dan tanggung jawabnya mari kita membahas pengertian dasar profesi ini.

Account Manager merupakan seorang yang bekerja di sebuah perusahaan yang memiliki tanggung jawab terhadap manajemen perusahaan dan menjalin hubungan terhadap konsumen perusahaan.

Merekaakan bertanggung jawab terhadap memelihara hubungan dengan klien/konsumen perusahaan untuk terus menggunakan perusahaan.

Intinya, seorang Account Manager bertugas membina relasi dengan klien dan berkerjasama dengan tim sales dan marketing. Mereka memiliki peran yang penting dalam suatu perusahaan untuk menyajikan solusi kebutuhan klien.


Tugas dan Tanggung Jawab Account Manager

Setelah mengetahui pengertian dasar mengenai Account Manager, berikut ini akan dijelaskan mengenai beberapa tugas dan tanggung jawabnya. Simak uraiannya di bawah ini:

Bekerja sama dengan tim sales dan marketing

Tugas Account Manager adalah memelihara hubungan perusahaan dengan klien. Maka dari itu mereka tak jarang akan bekerjasama dengan tim sales dan marketing untuk membuat metode penjualan produk dan tentu saja membuat proposal bisnis

1. Membuat strategi pemasaran

Karena akan berhubungan dengan tim marketing dan sales, profesi ini juga memiliki tugas untuk merancang dan membuat strategi pemasaran yang efektif untuk sebuah perusahaan dan dapat diaplikasikan dengan baik pada target pasar yang dituju.

2. Merencanakan dan menentukan metode sales

Account manager akan berkerja sama dengan tim penjualan untuk merencanakan dan menentukan metode penjualan yang ditargetkan pada pasar. Karena tugas Account Manager akan selalu berhubungan dengan klien perusahaan.

3. Mengatur budget pemasaran

Account manager juga berperan untuk mengatur segala budget pemasaran seperti penguluaran dan pendapatan. Ia akan berkolaborasi dengan tim marketing dan menentukan pemasaran yang efektif.

4. Menjaga hubungan baik dengan klien

Seorang account manager akan selalu berhubungan dengan klien. Ia bertanggung jawab untuk menjaga hubungan baik dengan klien seperti memberikan pelayanan prima, selalu berkomunikasi dengan klien melalui email atau telepon, mampu meyakinkan klien dengan baik, dan menjadi pendengar yang baik bagi klien.

Hal ini bertujuan agar memelihara hubungan baik antara perusahaan dan klien.

5. Memantau penggunaan produk pada klien

Karena memiliki tanggung jawab untuk memelihara hubungan dengan klien, maka seorang Account Manager juga memiliki tugas untuk memantau penggunaan produk pada klien. Mereka juga akan menganalisis dan mengevaluasi penggunaan pada klien.

6. Mengidentifikasi peluang bisnis baru

Account Manager akan bertugas untuk mengidentifikasi peluang bisnis baru. Account Manager akan menganalisa mengenai kebutuhan pelanggan, memberikan informasi, solusi, atau alternatif produk sesuai kebutuhannya.

Baca juga : Accounting Staff – Jobdesk, Tugas, Kualifikasi dan Gajinya

Skill yang Dibutuhkan Account Manager

Profesi satu ini memiliki peran yang sangat penting bagi perusahaan dan sebagai divisi yang menjembatani klien dengan perusahaan. Maka dari itu ia harus memiliki beberapa skill yang dibutuhkan. Berikut beberapa skill utama yang dibutuhkan Account Manager.

1. Komunikasi yang baik

Profesi ini akan berhubungan dengan divisi lain seperti marketing, sales dan banyak bertemu dengan klien perusahaan. Maka dari itu komunikasi yang baik dan sifat ramah/humble harus dimiliki seorang Account Manager agar komunikasi yang dijalin antardivisi tidak terjadi kesalahan begitupula komunikasi yang dijalin dengan klien harus memberikan kenyamanan pada mereka.

2. Memiliki manajemen waktu yang baik

Pekerjaan satu ini sudah pasti akan berhubungan dengan klien. Maka tak jarang akan diminta untuk presentasi sewaktu-waktu di waktu yang tidak menentu.

Jika kamu kebetulan memiliki tugas yang bersamaan, hal inilah yang akan membuatmu harus memiliki manajemen waktu yang baik. Usahakan kamu dapat memetakan kebutuhan klien dan pandai mengatur prioritasnya.

3. Pintar dalam membaca peluang

Salah satu tugas Account Manager adalah mengidentifikasi peluang bisnis baru. Hal inilah yang mengharuskan profesi tersebut harus pandai dalam membaca peluang,

Jika kamu berminat pada profesi ini, kamu harus mengerti betul target klien yang akan dicapai. Terlebih lagi jika kamu memiliki banyak klien, maka harus pintar-pintar dalam memanejemen waktu dengan secara baik.

4. Berpengalaman menangani banyak proyek

Setiap perusahaan besar biasanya akan mengutamakan seorang Account Manager yang telah memiliki pengalaman yang banyak dalam menangani berbagai proyek.

Tentu saja karena tugas-tugas account manager tidak mudah. Dengan memilih kandidat yang berpengalaman diharapkan tugas-tugas yang akan dilalui akan berjalan dan baik.

5. Kritis dan analitis

Account Manager harus memiliki sikap kritis dan analitis pada sesuatu. Berpikir kritis dan analitis sangat penting dan dibutuhkan terlebih lagi pekerjaan satu ini yang juga akan terlibat dalam penetuan strategi pemasaran dan membaca peluang pasar/klien.

6. Paham software pendukung

Account Manager di perusahaan besar akan selalu berhadapan dengan software CRM (salesforce). Software CRM akan sangat berguna bagi perusahaan untuk mengukur hubungan klien dengan perusahaan dan mengetahui setiap pencapaian.

Baca juga : 10 Tips Menjadi Akuntan Profesional yang Sukses

Peluang Karir dan Gaji Account Manager

Account Manager di Indonesia terbilang merupakan profesi yang cukup menjanjikan. Biasanya Account Manager akan ditempati seorang lulusan S1 dengan jurusan Akuntansi, Komunikasi, Keuangan, Manajemen, dan Periklanan, jika kamu memiliki latar belakang dengan jurusan Administrasi Bisnis akan menjadi nilai plus tersendiri.

Kandidat Account Manager yang dicari banyak perusahaan kebanyakan harus memiliki sebelumnya pengalaman dalam menangani banyak proyek.

Ini berguna karena profesi ini memang tidak mudah dan memiliki tanggung jawab yang besar sehingga seorang yang memiliki lebih banyak pengalaman dalam menangani proyek akan dapat mengatur dan menjalankannya dengan baik. Untuk kisaran gaji profesi sebagai Account Manager di Indonesia adalah mulai dari Rp7.500.000-. sampai Rp12.750.000-, / bulan.

Baca juga : Jobdesk Staff Pajak (Tax Accounting) – Tugas, Syarat dan Gaji

Perbedaan Account Manager dan Account Eksxecutive

Pernah mendengar profesi Account Excecutive? Account Executive merupakan profesi yang memiliki wewenang untuk mengkoordinasi para salesman. Nah profesi ini biasanya sering sekali dikaitkan atau bahkan dianggap hampir sama dengan Account Manager.

Padahal, sebenarnya kedua profesi ini memiliki tugas dan tanggung jawab yang berbeda. Tugas Account Executive biasanya terjadi pada tahap pra-penjualan.

Artinya, profesi ini umumnya melakukan presentasi produk, meyakinkan klien yang semula calon pelanggan menjadi pelanggan, dan melakukan kontrak penjualan.

Sedangkan pada tugas Account Manager lebih pada kegiatan purna jual seperti memelihara hubungan klien dengan perusahaan dan bertugas untuk mengetahui kebutuhan pelanggan. Profesi ini memang cukup mengisi satu sama lain. Di beberapa perusahaan yang terbilang cukup kecil tak jarang Account Excecutive dan Account Manager digabung menjadi satu.

Baca juga : Accounting Assistant Manager – Tugas, Persyaratan dan Gajinya

Itulah pembahasan mengenai Account Manager mulai dari pengertian hingga perbedaannya dengan Account Excecutive. Jika Kamu memang memiliki keinginan untuk berkarir sebagai profesi account manager perhatikan mengenai tugas dan kualifikasi yang dibutuhkan pada setiap perusahaan.

Account Manager merupakan sebuah profesi yang membutuhkan seorang yang mampu humble agar dapat menjalin dan memelihara hubungan dengan klien/pelanggan secara baik.

Gambar Gravatar
Seorang Sarjana Bahasa dan Sastra yang suka menulis. Linked in