pengertian brand ambassador

Tugas Brand Ambassador: Pengertian, Kualifikasi dan Gajinya

Diposting pada 899 views

Apa itu Brand Ambassador? Brand ambassador adalah individu yang dipekerjakan oleh sebuah perusahaan untuk merepresentasikan merek atau produk tertentu dalam upaya meningkatkan kesadaran merek dan memperluas jangkauan pasar.

Tugas utama brand ambassador adalah mempromosikan produk atau jasa, membangun hubungan dengan pelanggan, dan menciptakan citra positif bagi merek yang diwakilinya. Brand ambassador dapat berupa public figure, influencer, atau bahkan karyawan perusahaan itu sendiri yang ditunjuk sebagai perwakilan merek.

Keterlibatan brand ambassador dalam strategi pemasaran telah menjadi semakin penting dalam era pemasaran digital, di mana pengaruh media sosial semakin dominan dalam keputusan pembelian konsumen.

Persaingan dalam dunia bisnis yang kini semakin ketat menuntut pelaku bisnis untuk selalu inovatif. Tak lain tujuannya adalah untuk mendapatkan perhatian dari konsumen. Dengan menggunakan brand ambassador kini dianggap dapat menaikkan trend positif dalam untuk menarik perhatian konsumen.

Dalam era pemasaran modern, brand ambassador menjadi salah satu elemen kunci dalam membangun citra merek. Sebagai perwakilan merek, brand ambassador memainkan peran penting dalam mempromosikan produk atau jasa dan memperluas jangkauan pasar. Terlebih saat kebutuhan dari media sosial, akan semakin menguntungkan jika menggunakan jasa tersebut.

Namun, apa sebenarnya yang dimaksud dengan brand ambassador?

A. Pengertian Brand Ambassador

Pada zaman dahulu, word-of-mouth marketing menjadi andalan untuk mendukung pemasaran produk. Namun, kini hal itu telah mengalami pergeseran. Strategi tersebut telah mengalami modifikasi. Seiring berkembangnya teknologi, pemasaran mulai memasuki masa brand ambassador.

Melansir dari Everyone Social, brand ambassador adalah seorang yang diberi tugas mempromosikan suatu brand. Tujuan dari penggunaan jasa ini adalah untuk meningkatkan penjualan produk. Bahkan akan membentuk brand awareness pada konsumen.

Seorang brand ambassador juga bisa dikatakan sebagai seorang yang menyukai sebuah produk brand tertentu dan orang tersebut ingin mensukseskan bisnis yang memproduksi produk tertentu. Tak jarang pula jika orang tersebut dengan senang hati memakai produk tersebut.

Apabila suatu perusahaan bisnis memilih brand ambassador, promosi akan dilakukan secara terus menerus dalam waktu yang telah disepakati. Jadi, orang yang ditunjuk tersebut harus menyetujui kesepakatan baik yang terlihat dalam media sosial maupun tidak. Dan juga orang tersebut harus selalu loyal terhadap produk tersebut.

Pada umumnya, orang yang dipilih itu adalah orang yang memiliki reputasi atau seorang public figure. Misalnya, seseorang yang berpengaruh dan terkenal seperti artis, musisi, dan lain sebagainya. Dengan demikian, produk dari brand tersebut akan mudah menyebar dan dikenal konsumen. 

Meskipun demikian, modal terkenal saja tidak cukup. Seorang brand ambassador ibaratnya sebuah ikon. Jadi, orang tersebut harus mampu menyampaikan pesan yang terkait produk tersebut.

B. Orang Yang Cocok Jadi Brand Ambassador

Terdapat macam-macam jenis dari orang yang ditunjuk sebagai brand ambassador sebuah produk. Berikut ini akan dijelaskan orang-orang yang cocok dijadikan sebagai brand Ambassador :

1. Orang Dari Kalangan Terkenal

Sesuai dengan istilahnya, orang yang dipilih tersebut tidak berasal dari kalangan orang biasa. Melainkan memiliki pengaruh besar dalam pandangan masyarakat. Karena pengaruhnya cukup besar, tidak mengherankan apabila kesepakatan antara keduanya juga ketak.

Pihak pengguna jasa harus profesional dengan melakukan transaksi yang transparan dan memiliki ekspektasi besar. Sementara, orang yang ditunjuk mempromosikan akan dibimbing langsung oleh CRM perusahaan, tujuannya tentu agar segala program dan keperluan yang dijalankan oleh seorang duta merek bisa berjalan sesuai harapan.

2. Orang Keterikatan Bebas

Orang keterikatan bebas maksudnya adalah orang yang berasal dari penggemar fanatik suatu brand tertentu. Orang tersebut secara sadar dan bebas mempromosikan produk dari brand itu kepada orang lain. Kesepakatan antara kedua pihak tersebut tidak terlalu ketat.

Pada umumnya, orang tersebut merasa tidak masalah jika tidak dibayar sekalipun. Kepuasan yang didapat dari produk sudah cukup bisa membayar. Namun, seiring waktu berjalan apabila pengaruhnya cukup besar bagi brand, bisa terbentuk sebuah micro-influencer.

Baca juga : Tugas Brand Manager

C. Kualifikasi Brand Ambassador Yang Baik

Ada beberapa kriteria dari orang yang pantas ditunjuk sebagai pembawa pesan produk suatu brand. Hal ini harus diperhatikan saat ingin memilih seorang brand ambassador.

Berikut adalah beberapa kualifikasi yang dibutuhkan untuk menjadi seorang brand ambassador yang sukses:

1. Pemahaman tentang Merek

Seorang brand ambassador harus memiliki pemahaman yang mendalam tentang merek yang akan diwakilinya. Dia harus mengenal produk atau jasa yang dijual, tujuan merek, dan nilai-nilai merek tersebut.

2. Kemampuan Berkomunikasi

Seorang brand ambassador harus memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik, baik secara lisan maupun tertulis. Dia harus bisa mengkomunikasikan pesan merek secara jelas dan persuasif kepada publik.

3. Kemampuan Interpersonal

Seorang brand ambassador harus mampu berinteraksi dengan orang lain dengan baik. Dia harus memiliki kemampuan interpersonal yang kuat dan bisa berbicara dengan orang-orang dari berbagai latar belakang.

4. Kreativitas

Seorang brand ambassador harus kreatif dalam menciptakan ide-ide untuk mempromosikan merek. Dia harus bisa membuat konten yang menarik, unik, dan dapat menarik perhatian publik.

5. Kemampuan untuk Beradaptasi

Seorang brand ambassador harus mampu beradaptasi dengan situasi yang berbeda-beda. Dia harus bisa berubah dengan cepat sesuai dengan situasi yang ada dan bisa berpikir di luar kotak.

6. Penampilan yang Menarik

Seorang brand ambassador harus memiliki penampilan yang menarik dan sesuai dengan merek yang diwakilinya. Penampilan yang rapi, sopan, dan profesional adalah kunci penting untuk memperkuat citra merek.

7. Pengalaman yang Relevan

Seorang brand ambassador harus memiliki pengalaman yang relevan dalam industri atau bidang yang terkait dengan merek yang diwakilinya. Pengalaman ini dapat membantu dia memahami lebih baik merek dan memperkuat posisinya sebagai wakil merek tersebut.

8. Dedikasi dan Komitmen

Seorang brand ambassador harus memiliki dedikasi dan komitmen untuk merek yang diwakilinya. Dia harus sepenuh hati mendedikasikan dirinya untuk merek tersebut dan memiliki semangat untuk mempromosikannya.

Itulah beberapa kualifikasi yang dibutuhkan untuk menjadi seorang brand ambassador yang sukses. Kualifikasi ini dapat membantu seseorang menjadi seorang brand ambassador yang mampu memperkuat merek dan menciptakan citra merek yang positif di kalangan publik.

D. Tugas Brand Ambassador

Menurut pendapat dari Royan (2004), brand ambassador memiliki fungsinya untuk mempromosikan suatu produk. Disamping itu, ada tugas yang masih diembannya. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Memberikan testimoni yang bagus tentang produk
    Jika orang yang ditunjuk secara pribadi menggunakan produk, dapat memberikan pengalamannya. Hal itu bisa berupa kesaksian mengenai kualitas dan manfaat dari produk yang dipromosikan.
  • Memberikan dorongan dan penguatan terhadap produk
    Istilah populernya disebut dengan endorsement. Hal ini bertujuan agar konsumen semakin terdorong untuk melakukan keputusan pembelian.
  • Bertindak sebagai tokoh dalam topik yang dipromosikan dengan peran pada program tertentu
    Sehingga, orang yang ditunjuk tersebut harus mengetahui hal-hal yang terkait dengan produk yang akan ditawarkan.
  • Bertindak sebagai juru bicara sebuah produk tertentu
    Orang yang mempromosikan produk, juga harus menguasai materi saat menjadi pembicara. Penampilan orang tersebut harus berkaitan dengan produk.
  • Meningkatkan Kesadaran Merek
    Brand ambassador bertugas untuk meningkatkan kesadaran merek di kalangan publik. Hal ini dapat dilakukan dengan menghadiri acara promosi merek, melakukan aktivitas media sosial yang terkait dengan merek, dan berinteraksi dengan pengikut merek di media sosial.
  • Meningkatkan Penjualan
    Brand ambassador juga bertugas untuk meningkatkan penjualan produk atau jasa dari merek tersebut. Hal ini dapat dilakukan dengan memperkenalkan produk atau jasa kepada konsumen, mengajak konsumen untuk mencoba produk atau jasa, dan memberikan testimoni positif tentang produk atau jasa tersebut.
  • Menjalin Hubungan dengan Pelanggan
    Brand ambassador bertugas untuk menjalin hubungan dengan pelanggan dan memperkuat hubungan merek dengan konsumen. Hal ini dapat dilakukan dengan menjawab pertanyaan dan permintaan pelanggan, memberikan saran atau rekomendasi produk atau jasa, dan melakukan kegiatan sosial yang terkait dengan merek.
  • Membuat Konten Promosi Produk Yang Kreatif
    Brand ambassador juga bertugas untuk membuat konten kreatif yang terkait dengan merek tersebut. Hal ini dapat dilakukan dengan menghasilkan konten yang menarik dan informatif, mengajak konsumen untuk berpartisipasi dalam konten tersebut, dan mempromosikan merek melalui konten tersebut.
  • Merepresentasikan Merek dengan Baik
    Brand ambassador juga harus merepresentasikan merek dengan baik di setiap kesempatan. Hal ini dapat dilakukan dengan berpakaian yang sopan dan sesuai dengan merek, berbicara dengan sopan dan ramah, dan menjaga sikap yang profesional dalam setiap interaksi dengan publik.

Brand ambassador memiliki peran penting dalam memperkuat merek dan menciptakan citra positif di kalangan publik. Oleh karena itu, seorang brand ambassador harus memiliki kemampuan interpersonal yang baik, kreativitas, pengetahuan tentang merek, dan kemampuan untuk beradaptasi dengan cepat dengan situasi yang berbeda-beda.

Baca juga : Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian

E. Kisaran Gaji Brand Ambassador di Indonesia

Sebagai seorang brand ambassador, kisaran gaji yang diterima dapat berbeda-beda tergantung pada berbagai faktor seperti popularitas brand, pengalaman, jangkauan dan aktivitas promosi yang dilakukan, serta negosiasi antara pihak brand dengan brand ambassador tersebut.

Namun, secara umum, gaji seorang brand ambassador di Indonesia bisa berkisar antara beberapa juta hingga puluhan juta rupiah per bulan. Beberapa brand ambassador yang sudah memiliki popularitas yang tinggi bahkan bisa mendapatkan gaji yang lebih besar lagi.

Berikut adalah kisaran gaji brand ambassador berdasarkan popularitas:

  1. Brand ambassador yang masih baru dan belum terlalu dikenal biasanya akan mendapatkan gaji sekitar 3-5 juta rupiah per bulan.
  2. Brand ambassador yang sudah memiliki popularitas di kalangan masyarakat akan mendapatkan gaji sekitar 10-15 juta rupiah per bulan.
  3. Brand ambassador yang sudah memiliki nama besar dan pengaruh yang besar di masyarakat bisa mendapatkan gaji hingga puluhan juta rupiah per bulan.

F. Manfaat Brand Ambassador untuk Sebuah Merek

Terdapat beberapa manfaat saat menggunakan orang yang ditunjuk untuk melakukan promosi, antara lain adalah sebagai berikut:

1. Menjaga Reputasi Brand

Reputasi sebuah brand bisa saja mengalami kenaikan dan penurunan. Hal ini tergantung bagaimana keadaan pasar yang sedang terjadi. Peran orang yang ditunjuk sangat besar dalam mengangkat reputasi brand yang sedang turun. 

Pada umumnya, orang yang ditunjuk tersebut memiliki pengikut yang banyak. Pengaruhnya bisa dibilang cukup besar. Oleh sebab itu, hal tersebut dapat mengangkat reputasi yang sedang menurun tersebut.

Namun, orang yang terpilih tersebut juga dituntut untuk tidak menurunkan reputasi. Upaya tersebut dilakukan baik ketika dalam masa promosi maupun di luar masa tersebut. Mengingat posisinya sebagai public figure.

2. Mendekatkan Antara Brand Dengan Konsumen

Supaya produk tetap lekat dengan konsumen, peran orang yang ditunjuk itu ialah mendekatkan brand dengan konsumen. Meski hal itu tidak mudah, orang tersebut haruslah mampu melakukannya. Maka dari itu, kriteria pemilihan orang yang ditunjuk haruslah sesuai.

3. Memberikan Review yang Bagus

Setiap orang memang bisa saja memberikan review di media sosial. Namun, memberikan review tentulah tidak bisa sembarangan. Hanya orang terpilihlah yang bisa dipercaya konsumen untuk melakukannya.

Meski demikian, seorang yang ditunjuk oleh sebuah brand harus tetap memberikan review yang baik dan jujur. Sebab, hal ini akan menyangkut pada reputasi brand tersebut. Pada dasarnya telah terjalin kesepakatan antara pelaku bisnis dengan orang yang ditunjuk tersebut.

4. Meningkatkan Citra Brand

Selain hal-hal di atas, manfaat dari menggunakan jasa orang yang ditunjuk untuk mempromosikan produk bisa meningkatkan citra merek. Jadi, orang tersebut memang akan memenuhi tuntutan membangun citra yang baik pada brand. 

Bagaimana tertarik menggunakan jasa tersebut? Jika tertarik, mulailah dengan memilih orang yang sesuai dengan kriteria. Terlebih lagi harus memperhatikan pengetahuan dan keterampilan terkait dengan produk yang akan dipromosikan.

FAQ Tentang Brand Ambassador

Apa itu brand ambassador?

Brand ambassador adalah seseorang yang dipekerjakan oleh sebuah brand untuk merepresentasikan dan mempromosikan produk atau jasa yang diwakilinya. Mereka bertugas untuk memperkenalkan brand tersebut kepada masyarakat melalui berbagai kegiatan promosi.

Apa tugas seorang brand ambassador?

Tugas seorang brand ambassador meliputi mempromosikan produk atau jasa yang diwakilinya, membangun citra positif untuk brand tersebut, menjalin hubungan baik dengan konsumen, dan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang brand tersebut. Mereka juga bertanggung jawab untuk menyampaikan pesan dan nilai brand secara konsisten dan efektif.

Siapa yang dapat menjadi brand ambassador?

Seseorang yang dapat menjadi brand ambassador adalah mereka yang memiliki pengaruh dan popularitas di masyarakat, serta mampu merepresentasikan brand dengan baik dan konsisten. Mereka juga harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik, mampu berbicara dengan lancar di depan umum, dan memahami nilai dan pesan brand yang ingin disampaikan.

Bagaimana cara menjadi brand ambassador?

Untuk menjadi brand ambassador, seseorang bisa mengikuti seleksi yang diadakan oleh pihak brand atau dihubungi oleh pihak brand untuk menawarkan posisi tersebut. Seorang brand ambassador juga bisa diangkat dari kalangan selebriti, atlet, atau influencer yang sudah memiliki popularitas dan pengaruh yang besar di masyarakat.

Berapa kisaran gaji seorang brand ambassador?

Gaji seorang brand ambassador bisa sangat bervariasi tergantung pada berbagai faktor seperti popularitas, pengalaman, jangkauan dan aktivitas promosi yang dilakukan, serta negosiasi antara pihak brand dengan brand ambassador tersebut. Kisaran gaji brand ambassador di Indonesia bisa berkisar antara beberapa juta hingga puluhan juta rupiah per bulan tergantung pada popularitas dan pengaruh yang dimilikinya.

Apa saja jenis-jenis brand ambassador?

Jenis-jenis brand ambassador antara lain selebriti, atlet, influencer, ahli, dan konsumen yang loyal. Pemilihan jenis brand ambassador akan disesuaikan dengan tujuan promosi yang ingin dicapai oleh brand tersebut.

Demikian artikel tentang “Tugas Brand Ambassador”. Selanjutnya baca artikel terkait berikut ini :

Gambar Gravatar
Tim Editorial KitaPunya.net adalah seorang profesional di bidang Manajemen, Teknologi Digital dan Marketing dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. KitaPunya.net saat ini menjadi situs pendidikan dan karir yang selalu berusaha memberikan inforamasi akurat, terpecaya dan terupdate.