Apa arti insecure?

Arti Kata Insecure dan Apa Itu Insecure Fisik?

Diposting pada 56 views

Arti Kata Insecure dan Apa Itu Insecure Fisik? Melihat diri sendiri, perasaan insecure seenaknya datang. Padahal aku ingin berdamai dengan rasa insecure.

Insecure menjadi permasalahan yang sering dialami oleh siapapun. Melihat orang lain mempunyai kelebihan, perasaan kurang pada diri sendiri menjadi pemicu rasa insecure. Pada kenyataannya, hampir semua orang mempunyai perasaan insecure. Bahkan, melalui mesin pencari Google banyak orang yang mencari tips bagaimana mengatasi insecure. Menurut teman-teman apa arti insecure? Artikel kali ini, mengupas arti kata insecure dan apa itu insecure fisik? Simak aja sampai habis.

Arti Kata Insecure

Insecure berasal dari Bahasa Inggris. Dalam Bahasa Indonesia, kata insecure memiliki arti tidak aman. Kalau kita artikan lebih mendalam, tidak aman seperti apakah insecure itu? Tidak aman yang dimaksud berkaitan dengan perasaan.

Insecure adalah perasaan tidak mampu atau tidak aman yang menyebabkan rasa tidak percaya diri, cemas bahkan perasaan tidak berharga terhadap diri sendiri.

Kepribadian Insecure

Perasaan tidak mampu yang menyebabkan insecure sangat wajar dirasakan oleh siapapun. Kalau kamu sering memantau sosial media, orang-orang yang terlihat “wah” dan kehidupan yang begitu menyenangkan mereka juga mengalami insecure. Meskipun perasaan insecure wajar, namun bila dibiarkan berlarut akan menyebabkan masalah bagi dirimu sendiri. Pasti kamu nggak mau kan?

Sudah banyak sekali, artikel dan video yang membagikan tips mengatasi rasa insecure. Namun,  menurut kami menghadapi insecure sama dengan belajar mengenali diri kemudian menerima dan mencintai diri sendiri atas segala kelebihan dan kekurangan yang ada.

Insecure ada karena perasaan dan pikiran kita sendiri, maka dari itu hanya kamu yang tau bagaimana harus mengendalikannya. Terlepas dari faktor luar seperti trauma, kondisi sosial dan lingkungan. Tidak mudah memang.

Apa Itu Insecure Fisik

Siapa yang tidak ingin mempunyai penampilan fisik yang ideal? Penampilan fisik salah satu insecure yang banyak dirasakan hampir semua orang. Bila perasaan insecure karena hubungan, pekerjaan dan pencapaian paling sering dialami oleh orang yang menginjak dewasa hal ini berbeda dengan insecure fisik yang dirasakan mulai dari usia anak-anak.

Sebagai manusia, tidak ada yang sempurna pada penampilan fisik. Kekurangan fisik yang dimiliki pun beragam, ada yang memiliki lebih banyak kekurangan dan ada pula yang sedikit kekurangan. Kekurangan tersebut memicu perasaan insecure karena fisik.

Kalau kita telusuri, rasa insecure sebagian besar dirasakan oleh kaum perempuan. Padahal, kaum laki-laki juga memiliki rasa insecure yang sama loh. Hanya saja, mereka jarang menceritakan ke sosial media dan kerabatnya.

Nah, rasa insecure terhadap fisik paling sering dialami saat sedang dekat dengan lawan jenis. Terkadang perasaan tidak percaya diri membuat kamu takut pasangan meninggalkanmu. Hanya karena masalah fisik yang kurang sempurna, kamu tiba-tiba lupa akan segala kelebihan dan potensimu.  Cobalah mengambil nilai positif dari apa yang ada pada dirimu.

Membuat Kalimat Dari Kata Insecure

Sekarang saatnya kita membuat contoh kalimat dari kata insecure. Siapa tahu kamu diberikan tugas membuat kalimatnya. Yuk simak dibawah ini:

  1. Rani berhasil mengatasi rasa insecure dalam pekerjaan dengan mengikuti pelatihan soft skill.
  2. Pria sering mengalami insecure karena pekerjaan.
  3. Dina mengalami insecure berlebih sehingga ia kurang percaya diri dalam bergaul.
  4. Penerimaan diri merupakan kunci utama menghadapi rasa insecure.
  5. Winar senang bertemu teman-teman baru untuk berdamai dengan rasa insecure.

Kesimpulan

Di sisi lain, perasaan insecure dapat mendorong seseorang untuk lebih baik lagi. Namun, kalau dibiarkan terus menerus akan berdampak buruk bagi dirimu seperti krisis percaya diri, tidak punya teman bahkan kehilangan pekerjaan. Okey teman-teman itulah arti kata insecure dan apa itu insecure fisik. Semoga artikel ini bermanfaat. See you.

Temukan arti kata lainnya di kitapunya.net :