√ Tips dan Cara Menjadi Seorang Mahasiswa Berprestasi

Tips dan Cara Menjadi Seorang Mahasiswa Berprestasi - Setelah kita menyelesaikan pendidikan formal, selanjutnya kita bisa memilih, apakah kita ingin bekerja atau ingin melanjutkan pendidikan sesuai bakat dan minat. Melanjutkan pendidikan di jenjang kuliah dapat membuat kita untuk lebih memahami ilmu pengetahuan secara mendalam yang sesuai dengan minat kita. Pada fase inilah, kita dididik untuk menjadi seorang yang profesional dan berpengetahuan luas. Ya fase atau jenjang tersebut ialah universitas.

Source: petersons.com

Memang tidak semua orang dapat melanjutkan pendidikan hingga universitas. Hal ini dikarenakan mahalnya biaya pendidikan kuliah. Oleh karena itu, bagi anda yang berkesempatan bisa mengenyam pendidikan di universitas, harus dimanfaatkan secara benar dan sungguh sungguh. Karena akan sia sia kan jika kita tidak bisa menjadi output yang berkualitas.

Memang untuk menjadi mahasiswa yang berprestasi di kampus itu susah susah gampang. Ada berbagai macam godaan yang harus anda hindari agar anda menjadi mahasiswa yang baik. Diantaranya ialah berlarut larut dengan kesibukan organisasi, kerjaan sampingan, liburan di tempat perantauan, menjelajah lebih jauh tentang tempat perantauan, rebahan dan lain sebagainnya.

Step by Step
Ada beberapa kita yang harus anda lakukan ketika anda beroreintasi pada nilai ketika di kampus ketimbang organisasi. Cara cara tersebut harus anda lakukan secara step by step, karena cara cara ini nantinya saling terkait antara satu dan lainnya. Berikut ini adalah ulasannya :

Tips dan Cara menjadi Seorang Mahasiswa Berprestasi

 1. Tentukan Target untuk 4 Tahun ke Depan
Target merupakan faktor terpenting untuk mengantarkan seseorang bisa menjadi sukses. Setelah anda masuk universitas dan menjadi maba, maka tentukanlah target mu untuk 4 tahun kedepan. Semisal saja dengan memberikan target mendapatkan IPK sekian, lulus cumlaude, mengerjakan skripsi atau tugas akhir yang masih misteri, mengikuti organisasi BEM, dan lain sebagainnya. 

Setelah target 4 tahun ke depan telah terbentuk, selanjutnya ialah merealisasikannya. Bagaimana step awal dalam merealisasikan target tersebut? Semisal saja anda memiliki target mendapatkan predikat cumlaude. Kenalilah bahwa predikat cumlaude yaitu lulus dengan IPK minimal 3.5 dan tepat waktu. Cara mendapatkan nilai IPK 3.5 yaitu bisa dengan mengerjakan tugas tepat waktu, mampu menciptakan suasana interaktif di kelas, mampu mengerjakan ujian dengan baik dan lain sebagainnya. 

2. Komitmen dengan Target Tersebut
Ada banyak sekali pengertian dan tafsiran mengenai maksud komitmen ini sendiri. Yang dimaksud komitmen disini ialah anda harus benar bersungguh sungguh mendapatkan target yang anda tetapkan. Jangan sampai anda goyah atau beralih target ketika di tengah jalan. Karena hal ini bisa membuat anda bisa gagal fokus dan buyar dengan semua yang ada.

Semisal saja anda mengejar predikat cumlaude, maka anda harus melakukan bagaimana cara mendapatkan IPK di atas 3.5 dengan cara yang baik dan benar. Anda harus bisa berkomitmen untuk mengurangi kegiatan kegiatan di luar kampus. Boleh boleh saja anda melakukan kegiatan di luar kampus, namun anda harus bisa memanajemen dan membatasi kegiatan kegiatan tersebut. Anda juga harus memperbanyak seminar seminar untuk memperdalam ilmu yang sedang anda pelajari di bangku kuliah. 

3. Asah Kemampuan Tersebut
Menentukan target 4 tahun ke depan sudah, komitmen dengan target sudah, selanjutnya ialah mengasah kemampuan. Asah kemampuan utama anda agar menjadi kemampuan yang benar benar anda kuasai. Semisal saja memiliki kemampuan dalam bahasa pemrograman. Nah kemampuan tersebut bisa anda kembangkan dan asah, semisal seperti membuat robot dan lain sebagainnya.

Kemampuan yang terasah tersebut mampu bisa membuat anda bersaing di dunia kerja nantinya. Skills dan keterampilan itu bisa anda ungkapkan ketika wawancara kerja. Atau syukur syukur lagi anda bisa melanjutkan kuliah S2 sesuai dengan bakat dan skills yang anda asah di S1. Tentu saja skills tersebut harus sesuai dengan target anda ya.

4. Mengikuti Acara Lomba dan Seminar
Guna menyalurkan bakat dan skills anda, anda bisa kok mengikuti ajang perlombaan. Ajang perlombaan tersebut bisa membantu anda untuk terus bersaing dengan lawan lawan anda yang di luar kampus anda. Selain itu, dengan mengikuti perlombaan, anda bisa naik ke stage selanjutnya ketika berhasil memenangkan perlombaan.

Ternyata bukan hanya perlombaan saja, namun seminar juga bisa membantu anda untuk menjadi mahasiswa berprestasi. Ikutilah seminar seminar entah itu berbayar maupun gratis. Tentu saja seminar yang anda ikuti harus ada kaitannya dengan tujuan anda di awal ya. Dengan mengikuti seminar, anda bisa mendapatkan sertifikat yang sebagai bukti anda telah mengikuti seminar tersebut. Sertifikat tersebut bisa anda cantumkan ke dalam CV pada saat lamar pekerjaan.

5. Menjalin Relasi dan Channel
Memiliki channel dan relasi merupakan kunci terakhir untuk bisa menjadi seorang yang sukses. Tatkala di acara seminar, tentu anda akan bertemu dengan banyak orang. Nah dengan begitu anda bisa berkenalan satu dengan yang lainnya. Ajang kenalan tersebut bisa menambah daftar channel anda.

Channel channel yang berhasil anda bangun ternyata sangat bermanfaat untuk anda loh. Salah satu manfaat yang besar ialah untuk mendapatkan info lowongan pekerjaan. Tentu saja dengan adanya channel, kesempatan dan peluang anda mendapatkan pekerjaan akan lebih besar. 

Kemampuan yang Harus Dimiliki oleh Mahasiswa Berprestasi

Dengan mengikuti perkembangan jaman, ada beberapa kemampuan yang harus anda miliki tatkala anda ingin menjadi mahasiswa yang sukses. Kemampuan tersebut merupakan kualifikasi yang dibutuhkan di dunia industri 4.0. Berikut ini adalah Kemampuan yang Harus dimiliki oleh Mahasiswa.

  1. Penyelesaian Masalah yang Kompleks, sebagai contoh permasalahan di dunia kerja yang rumit
  2. Mampu Berpikir Kritis sehingga dapat memunculkan pertanyaan yang kritis pula
  3. Memiliki Kreativitas sehingga anda bisa berinovasi demi kemajuan ilmu pengetahuan
  4. Dapat Memanajemen atau Mengatur Orang, dimana di sini anda berkedudukan sebagai pemimpin
  5. Mampu Bekerja Sama dengan Orang Lain, karena manusia itu makhluk sosial
  6. Dapat Mengambil Kesimpulan dengan Bijak walaupun itu beresiko
  7. Memiliki Kecerdasan Emosional yang Baik, yaitu bisa bersabar, intuitif, dan lain lain
  8. Bisa Melayani Orang Lain dengan Sebaik Mungkin, karena pelayanan merupakan nomor 1 dalam dunia marketing
  9. Dapat Bernegosiasi dengan Baik sehingga bisa menghasilkan keputusan yang bijak
  10. Memiliki Pola Pikir yang Fleksibel sehingga bisa menyesuaikan dengan kondisi yang sedang dihadapi
Diatas merupakan beberapa kemampuan yang wajib dimiliki ketika ingin menjadi mahasiswa yang sukses. Bukan hanya kemampuan intelegensi saja yang dibutuhkan ketika di masa perkuliahan, namun juga kemampuan kemampuan yang lainnya.

Memang jika kita melihat kualifikasi apa saja yang dibutuhkan untuk menjadi mahasiswa sukses itu ternyata mudah. Namun semua itu tergantung dari anda, bagaimana anda menyikapi akan hal ini dan juga bagaimana cara anda melakukan semua ini. Yang terpenting ialah anda harus memiliki kemampuan kemampuan dasar tersebut, karena kemampuan kemampuan tersebut menjadi dasar anda untuk bisa bersaing dengan dunia luar.

Baca juga : Tips Simple agar Semangat Sekolah

Belum ada Komentar untuk "√ Tips dan Cara Menjadi Seorang Mahasiswa Berprestasi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel