7 Hal Yang HRD Lihat dari CV yang Kamu Kirim

7 Hal Yang HRD Lihat dari CV yang Kamu Kirim - CV atau daftar riwayat hidup merupakan salah satu dokumen wajib ketika akan melamar pekerjaan. CV ini menjadi salah satu faktor penting seseorang diterima kerja atau tidak, pasalnya HRD pasti akan mempertimbangkan dari apa yang tertulis dalam CV kamu. Banyak kasus terjadi, sudah mengirimkan lamaran ke banyak perusahaan tapi tidak ada panggilan-panggilan untuk interview, munkin bisa jadi penyebabnya adalah CV yang kurang menarik.

CV umumnya berisi tentang informasi data diri mulai dari sekolah, hobi, pengalaman, hingga keahlian yang dimiliki. Tentu saja semakin lengkap isi dari CV akan semakin baik, namun bukan berarti harus berlembar-lembar. Justru CV itu cukup 1 lembar namun sudah dapat menggambarkan siapa kamu.

7 Hal Yang HRD Lihat dari CV yang Kamu Kirim

Lalu sebenarnya apa saja sih yang dilihat dari CV oleh HRD? Berikut ini akan kami jabarkan sedikit, semoga dengan mengetahuinya kamu bisa membuat CV mu lebih menarik lagi dari sebelumnya. Sehingga kamu bisa cepat dapat kerja di perusahaan yang kamu inginkan. Check it out..

1. Desain CV
Desain CV
Desain CV
Desain CV yang kamu kirimkan beserta surat lamaran sangat berpengaruh lo dengan keputusan kamu diterima atau tidak, walaupun memang bukan menjadi pertimbangan utama. Setidaknya HRD melihat pertama kali dari desain CV nya. CV yang memiliki desain menarik menandakan bahwa seseorang yang membuatnya memiliki jiwa kreatif dan inovatif, berbeda dengan CV yang tampilannya biasa-biasa saja.

HRD mungkin akan berfikiran begini "wahh, CV nya keren dan colorful. Siapa nih?". Dari tampilan yang menarik itu akan mendatangkan rasa penasaran, sehingga CV mu pasti akan dibaca dan lebih diperhatikan dari yang lain. Ngga percaya? Coba buktikan saja..

Bagaimana mendesain CV agar lebih menarik? 
Membuat CV yang menarik tidak harus menguasai aplikasi desain seperti corel draw maupun photoshop. Kini kamu yang awam pun bisa mendesai CV lebih menarik lagi yaitu dengan canva.com, di web ini banyak template-template CV menarik, jadi tinggal edit tulisan dan fotomu saja.

2. Nama dan Pendidikan
Hal kedua yang dilihat oleh HRD adalah nama dan pendidikanmu, namun bukan berarti HRD melihat dari bagus tidaknya namamu melainkan bagaimana caramu menulis nama. Misal saja, namanya berbeda dengan yang ada di Ijazah, atau namanya banyak yang disingkat. Tentu itu menjadi pertanyaan bagi seorang HRD. 

Selain itu HRD juga akan melihat nama gelarmu atau dengan kata lain pendidikanmu, apakah pendidikanmu sesuai dengan kualifikasi yang dicari atau tidak. Jika sesuai, besar kemungkinan kamu akan dipanggil untuk tahap selanjutnya.
 
3. Pengalaman
pengalaman kerja
Source : CareerAddict.com
Pengalaman kerja adalah faktor penting dari sebuah lamaran kerja, bahkan di beberapa perusahaan orang yang memiliki pengalaman kerja lebih diutamakan daripada mereka yang fresh graduate. Mungkin karena orang yang memiliki pengalaman telah memiliki bekal keilmuan sehingga tidak perlu banyak melakukan training kali ya.

Maka jika kamu sudah memiliki pengalaman kerja, jangan lupa sertakan juga pengalamanmu di CV mu ya. Tulis disana tentang posisimu, dimana saja kamu bekerja dan berapa lama masa kerjanya.

Lalu bagaimana jika tidak memiliki pengalaman kerja?
Memang agak susah untuk yang fresh graduate, kuncinya adalah meyakinkan bahwa kamu pantas dan siap untuk bekerja di perusahaan tersebut. Di kolom pengalaman kamu bisa mengisi tempat PKL atau magangmu, atau kalau kamu sudah pernah berbisnis tulisa saja disana.
 
4. Keahlian

Source: dpsnc.net
Keahlian juga menjadi hal yang menjadi pertimbangan, apalagi jika keahlian itu berkaitan dengan posisi yang kamu lamar. Misal kamu melamar posisi sebagai seorang akuntan, maka keahlian yang bisa kamu tulis adalah : menguasai microsoft office, menguasai aplikasi akuntansi, dll. Intinya tulislah keahlian yang sekiranya dapat mendukung kamu ketika melamar pekerjaan.  

Jika tidak ada keahlian bagaiman?
Tentu saja jika tidak ada keahlian akan lebih sulit peluangnya diterima, sebaiknya kamu ikut pelatihan atau kursus terlebih dahulu agar kamu memiliki sertifikat keahlian. Atau kalau tidak bisa, kamu bisa berlatih sendiri. Keahlian yang bisa dilatih sendiri dan banyak dibutuhkan antara lain : 
  • Microsoft office
  • Website
  • Desain grafis (corel draw, photoshop)
  • Sosial media

5. Minat / Hobi
minat dan hobi dalam cv
Source : https://cvpolitan.co.uk/

Beberapa minat dan hobi menjadi pertimbangan HRD dalam memilihmu, terlebih jika posisi yang kamu lamar berkaitan dengan kegiatan atau hobi. Misal sebuah perusahaan mencari penulis untuk website mereka. Maka pada kolom hobi pasti akan dilirik, orang nih hobi menulis atau tidak. Jika iya tentu pekerjaan ini sangat cocok bagi dia bukan.

Hobi yang bisa kamu tulis
  • Olahraga
  • Membaca
  • Menulis
Jangan tulis hobi yang kurang bermanfaat yaa, seperti hobi begadang, hobi main game, hobi belanja dan lain-lain.
 
6. Motto
Motto adalah kalimat pendek tentang prinsip hidup seseorang, motto yang bagus akan menggambarkan kepribadianmu yang bagus pula. Jadi, buatlah motto sebagus dan sebijak mungkin yaa !, he he.
 
7. Foto 
Foto dalam CV tidak melulu harus formal seperti pada ijazah, namun bukan berarti foto selfie yang alay. Pilihlah foto yang berkesan profesional dan menarik perhatian, namun pastikan juga pakaianmu rapi ala anak kantoran. Gayanya tidak perlu lebay, cukup senyum manis saja dengan tangan di saku atau di dada.

Hindari foto yang memakai aksesoris seperti kacamata, topi, kaos dan kalung. Pokoknya pilih foto yang profesional, cocok dijadikan sebagai foto seorang bos sukses.


Dengan memperhatikan 7 hal yang HRD lihat dari CV mu di atas, semoga kamu menjadi lebih baik dan lebih kreatif lagi ya dalam membuat CV. Jangan lupa share juga ke temanmu agar mereka dapat merasakan manfaatnya sepertimu. Terimakasih !.

Belum ada Komentar untuk "7 Hal Yang HRD Lihat dari CV yang Kamu Kirim"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel