Bukti Raja Purnawarman Sangat Memperhatikan Kemakmuran Rakyatnya

Bukti Raja Purnawarman Memperhatikan Kemakmuran Rakyatnya - Raja Purnawarman adalah salah satu Raja dalam Kerajaan Tarumanegara yang berdiri di wilayah Jawa Barat pada akhir abad ke-5. Wilayah Tarumanegara ini hampir meliputi Jawa Berat, kira-kira dai Banten - Jakarta sampai dengan Cirebon.

Ada salah satu bukti sebagai sumber sejarah yang menyatakan bahwa Raja Purnawarman merupakan seorang Raja yang memperhatikan kemakmuran rakyatnya. Bukti tersebut adalah sebuah Prasasti Tugu yang letaknya berada di dekat Cilincing, Jakarta.

Kerajaan Tarumanegara
Kerajaan Tarumanegara
Prasasti ini merupakan peninggalan dari Raja Purnawarman yang memiliki isi lumayan panjang, Isi prasasti ini yaitu : 
Dahulu kali yang bernama Kali Chandrabhaga (=Kali Bekasi) digali oleh Maharaja yang mulia yang mempunyai lengan yang kencang dan kuat, yakni Raja Purnawarman. Setelah melewati istana baginda yang masyhur, kali ini dialirkan ke laut. Kemudian, di dalam tahun ke-22 dari tahta baginda, Raja Purnawarman yang berkilau karena kepandaian dan kebijaksanaannya serta menjadi panji segala raja, memerintah pula menggali kali yang indah serta jernih airnya. Kali Gomati namanya. Kali ini mengalir di tengah-tengah kediaman Sang Pendeta Nenekda Sang Purnawarman. Pekerjaan ini dimulai pada hari yang baik, yakni pada tanggal 8 paro peteng bulan Phalguna dan diakhiri pada hari tanggal 13 paro teran bulan Caitra. Galian itu panjangnya 6.122 tumbak. Untuk itu diadakan selamatan yang dilaksanakan oleh para brahmana. Untuk selamatan itu, Raja Purnawarman mendharmakan seribu ekor sapi.
Dari prasasti ini diketahui Kerajaan Tarumanegara merupakan kerajaan agraris yang sudah memiliki sistem irigasi yang sangat baik, pembuatan saluran irigasi ini merupakan salah satu bukti bahwa Raja Purnawarman sangat memperhatikan kemakmuran Rakyatnya. Selain menjadi saluran irigasi, pembuatan sungai yang bersih dan jernih airnya dapat digunakan untuk kebutuhan sehari-hari masyarakat seperti untuk mencuci bahkan mandi.

Selain itu Raja Purnawarman juga memerintah secara adil dan bijaksana, sehingga rakyatnya hidup sejahtera dengan prinsip gotong royong.

Bukti dari Tugu Prasasti ini juga menyebutkan bahwa untuk selametan Raja Purnawarman Mendharmakan seribu ekor sapi.


Demikian artikel tentang bukti Raja Purnawarman Memperhatikan Kemakmuran Rakyatnya, semoga bermanfaat dan terimakasih banyak.

Belum ada Komentar untuk "Bukti Raja Purnawarman Sangat Memperhatikan Kemakmuran Rakyatnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel