Sifat Sifat Seorang Wirausahawan

Kitapunya.net - Kita seringkali mendengar kata wirausaha, yang mana kita artikan sebagai seseorang yang memiliki usaha. Artinya dia tidak sedang bekerja dengan orang lain, bukan PNS atau Pejabat, tetapi orang yang memiliki usaha seperti dagang, usaha cuci mobil, bengkel mobil, tukang cukur, restoran, pengrajin, pembuat tahu dll.

Banyak profil-profil wirausaha sukses di Indonesia yang sudah beromset milliaran rupiah setiap bulan, sebagian dari mereka juga sudah mengekspor hasil produksinya ke luar negeri. Semua itu berkat kegigihan dan kerja keras yang mereka lakukan, saya yakin sebagian besar dari mereka memulai usahanya dari nol. Untuk dapat mencapai kesuksesan tersebut, mereka harus berjuang. Ada beberapa sifat-sifat yang harus dimiliki oleh seorang wirausahawan agar sukses, nah kali ini kitapunya.net akan membahas hal tersebut. Tapi kita ketahui dulu sekilas tentang wirausaha, okey !.

Wirausaha berasal dari kata "wira" dan "usaha". Dalam KBBI kata "wira" dapat kita artikan sebagai pejuang, pahlawan, manusia unggul, telada, berbudi luhur, gagah berani dan berwatak agung. Semtara "Usaha" mempunyai arti perbuatan, amal, bekerja dan berbuat sesuatu. 

Kemudian didalam KBBI disebutkan bahwa definisi dari wirausaha adalah orang yang pandai atau berbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun kegiatan untuk mengadakan produk baru, mengatur permodalan operasinya serta memasarkannya.

Lebih lengkap dapat dibaca di sini : Pengertian Kewirausahaan dan Wirausaha

Orang yang melakukan wirausaha disebut dengan wirausahawan yang dalam bahasa Inggris dikenal dengan entrepreneur meruapakan sesoerang yang menjalankan wirausaha dengan jiwa kepemimpinan dan inovator dalam pribadinya. 

Pengertian wirausahawan ini memang macam-macam, tergantung dari siapa yang mendefinisikannya. Kalau kitapunya.net mendefinisikan wirausahawan adalah seorang yang memiliki jiwa wirausaha atau sifat-sifat wirausahawan seperti kerja keras, percaya diri, pantang menyerah, kepemimpinan dan selalu berinovasi untuk bisnis yang dijalankanya.

Nah dari pengertian tersebut sudah disinggung mengenai sifat-sifat wirausahwan, apa saja sih sebenarnya sifat-sifat itu? Simak selengkapnya dibawah ini guys :

 Sifat Sifat Seorang Wirausahawan

Wirausahawan
Wirausahawan

1. Percaya Diri
Sifat percaya diri merupakan sikap yakin pada diri sendiri dalam melakukan suatu tugas dan pekerjaan. Percaya diri akan membuat seseorang lebih berkembang, yakin dan hubungannya dengan keberanian dalam mengambil keputusan. Wirausaha yang sukses adalah wirausaha yang percaya pada diri sendiri namun tetap was-was dan tidak mudah puas dengan yang kita miliki.

2. Berorientasikan Tugas dan Hasil
Seorang wirausaha harus berorientasi tugas dan hasil, tugas berarti sama aja dengan proses untuk membuahkan sebuah hasil yang disebut dengan produk. Berorientasi pada hasil berarti seseorang tersebut mengutamakan nilai-nilai motif berprestasi, berorientasi laba, ketekunan dan kerja keras.

3. Berani Mengambil Risiko
Dunia wirausaha adalah dunia yang penuh risiko, kesalahan dalam mengambil keputusan bisa saja berisiko besar seperti kehilangan pelanggan, rugi bahkan gulung tikar. Tapi, apa gunanya bila seorang wirausaha tidak mencoba dan berinovasi? Gagal mencoba lebih baik daripada gagal karena tidak pernah mencoba. Untuk itu seorang wirausaha harus berani dalam mengambil risiko. Baca juga : Pengertian Risiko Usaha Menurut Para Ahli

4. Kepemimpinan 
Kepemimpinan dalam diri seorang wirausaha sangatlah penting, termasuk memimpin diri sendiri. Karena menjadi seorang wirausaha butuh komitmen dan kerja keras agar bisa sukses. Nah, untuk mengembangkan usaha yang dimilikinya, mau tidak mau harus memiliki karyawan untuk mengembangkan produksinya.

Disinilah keahlian dalam kepemimpinan diperlukan, selain memimpin diri sendiri juga memimpin para karyawan agar dapat bekerja dengan baik. Tentu saja tidak hanya memimpin, tapi juga menjadi pelopor dan teladan yang baik bagi karyawannya.

5. Keorisinalitas/Keaslian
Dalam berwirausaha juga harus memiliki etika, etikanya antara lain tidak boleh meniru sama persis atau menjatuhkan lawan dengan cara yang curang. Ide atau gagasan usaha diharuskan memiliki sifat inovatif, dan asli karya sendiri. Jangan sampai ngaku-ngaku hak milik, padahal bukan karya sendiri.

6. Berorientasi ke Masa Depan/Visioner
Setiap wirausaha harus berpikir ke-depan, istilahnya visioner. Artinya selain memikirkan masa sekarang, juga dipertimbangkan masa depan. Misal saja dalam hal pengelolaan karyawan, mau berapa tahun karyawan tersebut bekerja, bila berhenti nantinya gimana solusi terbaik untuk menggantikannya. Dari segi pengembangan usaha juga perlu, intinya seorang wirausahawan perlu menetapkan target yang akan datang, di tahun 2020 akan membuka cabang baru dll.

7. Kerja Keras dan Pantang Menyerah
Soerang wirausaha haru memiliki sifat kerja keras dan pantang menyerah, harus memiliki semangat untuk terus maju dan mengembangkan usaha yang digelutinya. Kegagalan bukan menjadi rintangan, tapi kegagalan adalah batu loncatan untuk menjadi lebih baik. Baca juga : Pentingnya Semangat Wirausaha.

8. Ulet dan teliti
Ulet dan teliti juga diperlukan, terutama dalam jelih melihat peluang yang ada. Dengan pemanfaatan peluan secara baik, maka presentase kesuksesan akan lebih besar lagi.

Nah itu tadi Sifat-sifat Seorang Wirausahawan yang mungkin bisa anda latih dari sekarang, agar nantinya dapat menjadi wirausahawan yang sukses. Baca juga artikel terkait di : 9 Perilaku Seorang Wirausaha

Belum ada Komentar untuk "Sifat Sifat Seorang Wirausahawan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2



Iklan Bawah Artikel