tugas marketing online shop

Tugas Marketing Online Shop: Skill, Kualifikasi dan Gajinya

Diposting pada 1,629 views

Tugas Marketing Online Shop – Dalam era digital seperti saat ini, toko online atau e-commerce semakin populer dipakai oleh masyarakat Indonesia dalam membeli dan menjual produk atau jasa secara online.

Namun, untuk memenangkan persaingan di pasar yang semakin kompetitif ini, dibutuhkan strategi pemasaran yang efektif. Inilah mengapa tugas marketing online shop menjadi semakin penting bagi pemilik toko online atau e-commerce.

Dalam artikel ini, akan dibahas tentang apa itu tugas marketing online shop, teknik-teknik pemasaran online shop yang efektif, serta pentingnya tugas marketing online shop dalam meningkatkan penjualan produk atau jasa pada toko online.

Dengan pemahaman yang baik tentang tugas marketing online shop, diharapkan para pemilik toko online atau e-commerce dapat mengembangkan strategi pemasaran yang efektif dan mampu memenangkan persaingan di pasar online yang semakin sengit.

Tugas Marketing Online Shop

Judul Pekerjaan: Marketing Online Shop

Tugas & Tanggung Jawab Utama Marketing Online Shop:

  1. Mengembangkan dan mengimplementasikan strategi pemasaran online untuk meningkatkan penjualan produk atau jasa pada toko online atau e-commerce.
  2. Memperbarui dan mengelola website toko online dengan informasi produk atau jasa terbaru, ketersediaan stok, dan harga yang terbaru.
  3. Membuat dan mengelola kampanye pemasaran online yang efektif, termasuk iklan digital, email marketing, dan social media marketing.
  4. Mengumpulkan dan menganalisis data untuk melacak kinerja kampanye pemasaran dan mengidentifikasi peluang untuk meningkatkan penjualan.
  5. Berkomunikasi dengan tim internal dan eksternal untuk memastikan koordinasi yang baik dalam pengembangan strategi pemasaran dan peningkatan penjualan.
  6. Menjalin hubungan dengan calon pelanggan, pelanggan, dan mitra bisnis untuk meningkatkan kesadaran merek dan mempromosikan produk atau jasa yang ditawarkan.
  7. Menjaga keakuratan dan kelengkapan informasi produk atau jasa di toko online atau e-commerce.

Tugas Marketing Online Shop di Marketplace

Judul Pekerjaan: Marketing Online Shop Marketplace

Tugas dan Tanggung Jawab Utama Marketing Online Shop di Marketplace:

  1. Mengembangkan strategi pemasaran online yang efektif untuk meningkatkan penjualan produk pada platform marketplace.
  2. Mengelola toko online pada platform marketplace, termasuk penambahan dan pengelolaan produk, harga, stok, dan promosi.
  3. Membuat dan mengelola kampanye pemasaran online yang efektif, termasuk iklan digital, email marketing, dan social media marketing pada platform marketplace.
  4. Menganalisis data untuk melacak kinerja kampanye pemasaran dan mengidentifikasi peluang untuk meningkatkan penjualan pada platform marketplace.
  5. Berkomunikasi dengan tim internal dan eksternal untuk memastikan koordinasi yang baik dalam pengembangan strategi pemasaran dan peningkatan penjualan pada platform marketplace.
  6. Menjalin hubungan dengan pelanggan dan calon pelanggan pada platform marketplace untuk meningkatkan kesadaran merek dan mempromosikan produk yang ditawarkan.
  7. Menjaga keakuratan dan kelengkapan informasi produk pada platform marketplace.

Kualifikasi Marketing Online Shop

  1. Minimal Sarjana di bidang Pemasaran, Komunikasi, atau bidang terkait lainnya.
  2. Memiliki pengalaman minimal 2 tahun di bidang pemasaran online atau e-commerce pada platform marketplace.
  3. Memahami teknik pemasaran online, termasuk SEO, social media marketing, email marketing, PPC advertising, dan affiliate marketing pada platform marketplace.
  4. Memiliki kemampuan analisis data dan pengalaman menggunakan alat analisis data, seperti Google Analytics pada platform marketplace.
  5. Mampu bekerja mandiri dan dalam tim.
  6. Memiliki keterampilan komunikasi dan presentasi yang baik.
  7. Memiliki inisiatif dan kreativitas dalam mengembangkan strategi pemasaran online yang efektif pada platform marketplace.

Kisaran Gaji Marketing Online Shop

Berikut ini adalah kisaran gaji Marketing Online Shop di Indonesia:

  • Marketing Online Shop Staff: sekitar Rp 3.000.000 hingga Rp 8.000.000 per bulan
  • Marketing Online Shop Supervisor: sekitar Rp 8.000.000 hingga Rp 15.000.000 per bulan
  • Marketing Online Shop Manager: sekitar Rp 15.000.000 hingga Rp 30.000.000 per bulan

Berikut adalah kisaran gaji untuk posisi Marketing Online Shop di 10 kota besar di Indonesia:

KotaGaji Bulanan (IDR)
Jakarta5.000.000 – 15.000.000
Surabaya4.000.000 – 10.000.000
Bandung4.000.000 – 9.000.000
Medan3.500.000 – 8.000.000
Semarang3.500.000 – 7.000.000
Makassar3.500.000 – 6.500.000
Yogyakarta3.000.000 – 6.000.000
Palembang3.000.000 – 6.000.000
Balikpapan3.000.000 – 5.500.000
Malang3.000.000 – 5.500.000

Jenjang Karir Marketing Online Shop dan Gajinya

  1. Marketing Online Shop Staff Tugas: Bertanggung jawab dalam melakukan kegiatan promosi dan marketing online shop serta memastikan kesesuaian produk dengan target pasar Gaji: sekitar Rp 3.000.000 hingga Rp 8.000.000 per bulan
  2. Marketing Online Shop Supervisor Tugas: Bertanggung jawab dalam mengkoordinasikan dan mengawasi tim marketing online shop serta mengembangkan strategi pemasaran yang efektif. Gaji: sekitar Rp 8.000.000 hingga Rp 15.000.000 per bulan
  3. Marketing Online Shop Manager Tugas: Bertanggung jawab dalam mengembangkan strategi pemasaran online dan meningkatkan penjualan pada platform marketplace serta memimpin dan mengawasi tim marketing online shop Gaji: sekitar Rp 15.000.000 hingga Rp 30.000.000 per bulan
  4. Senior Marketing Online Shop Manager Tugas: Bertanggung jawab dalam mengembangkan strategi pemasaran online dan meningkatkan penjualan pada platform marketplace serta memimpin dan mengawasi tim marketing online shop pada tingkat yang lebih tinggi Gaji: sekitar Rp 25.000.000 hingga Rp 50.000.000 per bulan
  5. Marketing Director Tugas: Bertanggung jawab dalam mengembangkan strategi pemasaran dan meningkatkan penjualan untuk seluruh produk yang dijual perusahaan serta memimpin tim marketing dan promosi Gaji: sekitar Rp 50.000.000 hingga Rp 100.000.000 per bulan
  6. Chief Marketing Officer (CMO) Tugas: Bertanggung jawab dalam mengembangkan dan melaksanakan strategi pemasaran perusahaan secara keseluruhan serta memimpin tim marketing dan promosi Gaji: sekitar Rp 100.000.000 atau lebih per bulan

Perlu diingat bahwa kisaran gaji tersebut bersifat estimasi dan bisa berbeda-beda tergantung pada faktor-faktor seperti perusahaan, lokasi, pengalaman kerja, dan tingkat pendidikan.

Teknik Pemasaran Online Shop Yang Efektif

Marketing online shop biasanya melibatkan penggunaan platform digital seperti website, media sosial, email, dan iklan online untuk menjangkau lebih banyak calon konsumen dan mempromosikan produk atau jasa yang ditawarkan.

Beberapa teknik pemasaran online shop yang umum digunakan antara lain:

  1. Search Engine Optimization (SEO)
    teknik untuk mengoptimalkan website agar muncul di posisi teratas pada hasil pencarian di mesin pencari seperti Google.
  2. Social Media Marketing
    pemanfaatan media sosial untuk mempromosikan produk atau jasa, berinteraksi dengan pelanggan, dan membangun komunitas online.
  3. Email Marketing
    pengiriman email kepada pelanggan atau calon pelanggan untuk mempromosikan produk atau jasa, memberikan informasi terbaru, atau memberikan tawaran khusus.
  4. Pay-Per-Click (PPC) Advertising
    teknik untuk menampilkan iklan pada platform online dan membayar setiap kali iklan diklik oleh pengguna.
  5. Affiliate Marketing
    strategi untuk membayar komisi kepada afiliasi yang berhasil menjual produk atau jasa pada website atau platform lain.

Marketing online shop menjadi semakin penting dalam era digital ini, terutama karena semakin banyak orang yang melakukan pembelian secara online. Dengan strategi pemasaran online yang efektif, toko online dapat menjangkau konsumen secara luas dan meningkatkan penjualan produk atau jasa mereka.

FAQ Tentang Pekerjaan Marketing Online Shop

Apa itu pekerjaan Marketing Online Shop?

Pekerjaan Marketing Online Shop melibatkan aktivitas pemasaran produk atau jasa melalui platform online seperti website, media sosial, dan platform e-commerce untuk meningkatkan penjualan dan keuntungan bisnis.

Apa saja tugas seorang Marketing Online Shop?

Tugas seorang Marketing Online Shop meliputi memahami dan mengembangkan strategi pemasaran online, merencanakan dan melaksanakan kampanye pemasaran online, meningkatkan visibilitas merek dan mengelola konten online, melakukan analisis dan penelitian pasar online, serta mengelola interaksi pelanggan.

Apa yang diperlukan untuk menjadi seorang Marketing Online Shop yang sukses?

Untuk menjadi seorang Marketing Online Shop yang sukses, seseorang harus memahami tren dan teknologi pemasaran online terbaru, memiliki keterampilan dalam merencanakan dan melaksanakan kampanye pemasaran online, dan mampu menganalisis data untuk mengambil keputusan yang tepat.

Bagaimana peluang karir di bidang Marketing Online Shop?

Peluang karir di bidang Marketing Online Shop sangat cerah karena semakin banyak perusahaan yang beralih ke pemasaran online dan membutuhkan ahli pemasaran online yang terampil. Dengan pengalaman yang cukup, seorang Marketing Online Shop dapat maju ke posisi manajemen dan bahkan menjadi seorang pengusaha.

Baca juga:

Gambar Gravatar
Tim Editorial KitaPunya.net adalah seorang profesional di bidang Manajemen, Teknologi Digital dan Marketing dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. KitaPunya.net saat ini menjadi situs pendidikan dan karir yang selalu berusaha memberikan inforamasi akurat, terpecaya dan terupdate.