tips cepat dapat kerja setelah lulus kuliah

7 Tips Cepat Dapat Kerja Setelah Lulus Kuliah

Diposting pada 1,813 views

Apakah Anda baru saja lulus kuliah? Dan saat ini masih menganggur dan belum dapat kerja? Tenang itu sudah biasa kok, kamu ngga sendirian karena banyak kawan-kawanmu yang juga mengalami nasib yang sama. Mengingat di era seperti ini mencari kerja bukan perkara yang mudah, pencari kerja/angkatan kerja tidak sebanding dengan jumlah lowongan yang tersedia.  

Disaat-saat seperti ini, jangan menjadi orang yang idealis yang pilih-pilih kerjaan. Karena belum tentu yang Anda minati ada lowongannya, Anda hanya perlu menikmati prosesnya, dengan begitu Anda akan terlatih dan passion akan terbentuk dengan sendirinya. Selain tips itu, berikut adalah tips cepat dapat kerja setelah lulus kuliah versi Kitapunya.net.

Baca juga : 10 Cara Mendapatkan Kerja Dengan Cepat dan Mudah

7 Tips Cepat Dapat Kerja Setelah Lulus Kuliah

Setelah menyelesaikan kuliah, langkah selanjutnya yang penting dalam perjalanan hidup Anda adalah memulai karir yang sukses.

Namun, mencari pekerjaan yang sesuai dan memperoleh pekerjaan pertama setelah lulus dapat menjadi tantangan tersendiri. Kami akan membahas langkah-langkah praktis, strategi efektif, dan tips berguna yang dapat membantu Anda mempersiapkan diri dengan baik dan meraih peluang karir yang terbaik.

1. Membuat Resume / CV yang Menarik

Resume Anda adalah alat yang paling penting dalam mencari pekerjaan, apalagi buat seorang yang baru lulus kuliah. Pastikan resume Anda menonjolkan pendidikan, pengalaman, keterampilan, dan prestasi yang relevan dengan pekerjaan yang Anda lamar. Berikut adalah beberapa tips untuk membuat resume yang menarik:

a. Buat Ringkasan Pribadi yang Kuat
Mulailah dengan ringkasan pribadi yang menyoroti kekuatan Anda dan mengapa Anda cocok untuk posisi yang Anda lamar.

b. Sorot Pendidikan dan Pengalaman Relevan
Soroti pendidikan terakhir Anda dan pengalaman kerja atau magang yang relevan dengan posisi yang Anda lamar.

c. Deskripsikan Keterampilan yang Relevan
Jelaskan keterampilan yang Anda miliki yang relevan dengan pekerjaan yang Anda lamar, seperti keterampilan teknis, keterampilan komunikasi, atau keterampilan kepemimpinan.

d. Sertakan Prestasi dan organisasi yang Anda ikuti
Sorot prestasi yang mencolok yang Anda capai selama kuliah, seperti penghargaan, penelitian, atau kontribusi pada proyek-proyek penting. Selain itu, sertakan portofolio organisasi yang Anda ikuti beserta jabatannya. Apabila Anda menjadi ketua organisasi, tentu itu menjadi nilai lebih bagi Anda.

e. Format Resume Harus Rapi
Pastikan resume Anda terstruktur dengan baik, menggunakan heading yang jelas, dan memiliki penjajaran yang konsisten. Juga, pastikan untuk memeriksa kesalahan tata bahasa dan ejaan.

Artikel tentang CV:

2. Perluas Jaringan/relasi

Jaringan/relasi dalam dunia bisnis sangatlah penting, dengan memiliki jaringan yang luas maka semua akan menjadi lebih mudah karena tugas/pekerjaan dapat kita amanahkan ke orang yang kita percayakan secara langsung. Dalam mencari kerja, jaringan juga perlu karena dapat menjadi informan (orang yang memberikan informasi lowongan kerja) bahkan dapat menjadi orang yang merekomendasikan Anda ke suatu instansi/perusahaan.

Semakin banyak jaringan/relasi maka akan semakin besar peluangmu untuk memperolah informasi lowongan kerja dan direkomendasikan oleh relasi yang telah kalian bentuk. Jaringan disini bisa kawan, kenalan, tean kerja orang tua atau siapapun yang Anda kenal denga baik.

Jaringan profesional yang kuat dapat membantu Anda mendapatkan peluang kerja yang baik setelah lulus. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk membangun jaringan profesional yang efektif:

a. Bergabung dengan Acara dan Konferensi

Hadiri acara dan konferensi di bidang Anda yang dihadiri oleh profesional terkemuka. Gunakan kesempatan ini untuk berkenalan, bertanya pertanyaan, dan memperluas jaringan Anda.

b. Manfaatkan Media Sosial

Gunakan platform media sosial seperti LinkedIn untuk terhubung dengan profesional di bidang yang Anda minati. Berikan kontribusi pada diskusi industri, ikuti perusahaan dan grup yang relevan, dan berbagi konten yang informatif.

c. Manfaatkan Alumni Network

Jaringan alumni dapat menjadi sumber yang sangat berharga. Terhubunglah dengan alumni dari universitas atau program studi Anda dan manfaatkan hubungan ini untuk mendapatkan wawasan, nasihat, atau peluang pekerjaan.

d. Ajukan Pertanyaan dan Permintaan Bantuan

Jangan ragu untuk menghubungi orang-orang di bidang yang Anda minati dan minta nasihat atau bantuan. Kebanyakan orang senang membantu dan berbagi pengalaman mereka.

Baca juga : 7 Tips Meningkatakan Percaya Diri dalam Bekerja

3. Cari Peluang Kerja Seluas-luasnya

Setelah Anda mempersiapkan diri dengan baik, saatnya mencari peluang kerja yang sesuai. Berikut adalah beberapa cara untuk mencari pekerjaan setelah lulus kuliah:

a. Menggunakan Sumber Daya Online

Manfaatkan situs web karir, seperti LinkedIn, Indeed, Glassdoor, atau JobStreet untuk mencari dan melamar pekerjaan yang sesuai dengan minat dan kualifikasi Anda.

b. Menjelajahi Situs Web Perusahaan

Kunjungi situs web perusahaan yang menarik minat Anda dan periksa halaman karir mereka. Banyak perusahaan mempublikasikan lowongan kerja langsung di situs web mereka.

c. Menghubungi Kantor Penempatan Kerja

Jelajahi layanan kantor penempatan kerja di universitas atau institusi pendidikan Anda. Mereka dapat membantu Anda menemukan peluang kerja yang sesuai dan memberikan saran tentang proses lamaran pekerjaan.

d. Menghadiri Job Fair dan Wawancara Karir

Hadiri pameran kerja atau wawancara karir yang diselenggarakan di daerah Anda. Ini adalah kesempatan baik untuk bertemu dengan perusahaan dan merekruternya secara langsung.

e. Menggunakan Jaringan Kontak

Manfaatkan jaringan kontak Anda, termasuk alumni, teman, dosen, atau mentor, untuk mencari tahu tentang peluang kerja yang mungkin belum dipublikasikan secara terbuka.

4. Persiapan dan Menjalani Proses Wawancara

Setelah Anda mendapatkan panggilan wawancara, persiapkan diri Anda dengan baik untuk menghadapi proses seleksi. Berikut adalah beberapa tips untuk sukses dalam wawancara kerja:

a. Riset tentang Perusahaan

Pelajari tentang perusahaan tersebut, visi, misi, dan nilai-nilai mereka. Ini akan membantu Anda menunjukkan ketertarikan dan komitmen Anda terhadap perusahaan.

b. Persiapkan Pertanyaan dan Jawaban

Siapkan pertanyaan yang baik untuk diajukan kepada pewawancara, serta persiapkan jawaban yang baik untuk pertanyaan yang mungkin diajukan kepada Anda.

c. Latihan Wawancara

Lakukan latihan wawancara dengan teman atau anggota keluarga untuk mempersiapkan diri Anda dalam menjawab pertanyaan dengan percaya diri dan jelas.

d. Tunjukkan Sikap Profesional

Saat menghadiri wawancara, berpakaianlah secara profesional, datang tepat waktu, dan tunjukkan sikap yang sopan dan percaya diri.

e. Ikuti Up Setelah Wawancara

Jangan lupakan untuk mengirimkan tanda terima atau ucapan terima kasih kepada pewawancara setelah wawancara selesai. Hal ini menunjukkan apresiasi Anda dan keseriusan Anda dalam mencari pekerjaan.

5. Memanfaatkan media sosial

Anda mungkin termasuk kedalam generasi milennials yang sangat familier dengan media sosial, mungkin saja Anda tidak bisa lepas dari media sosial ini. Maka dari itu Anda mungkin dapat memanfaatkan media sosial untuk mendapatkan informasi lowongan kerja atau menjadikannya sebagai protofoliomu.   

Jika Anda seorang yang kreatif Anda dapat mulai membuat karya-karya yang Anda publikasikan di media sosial yang Anda miliki. Siapa tahu ada perusahaan yang tertarik dengan bakat dan keahlian yang Anda miliki. Pada intinya dengan media sosial Anda dapat mempromosikan diri Anda sendiri. Media sosial yang paling sering untuk protofolio adalah di Linked In.

6. Jangan Idealis

Seperti yang sudah kami singgung di atas, bawa untuk yang fresh graduate atau belum memiliki pengalaman apapun sebaiknya jangan terlalu idealis. Idealis maksudnya menuntuk kerja harus itu, harus disitu, harus gaji sekian dll.   Untuk pertama kali ini, cobalah cari kerja yang minimal sesuai dengan kriteria kalian. Tidak melulu harus itu dan di tempat tersebut. Lulusan marketing tidak harus melulu berada di bagian marketing, tapi bisa jadi di bagian operator produksi dll. Selama hal tersebut masih halal dan masih dalam kriteria kalian.  

Misal kalian ingin menjadi Wiriausaha, tapi ketika Anda belum mampu menjadi Wirausaha maka jangan dipaksakan itu. Lebih baik jadi karyawan terlebih dahulu dan curi ilmunya. Pokoknya nikmatilah prosesnya, siapa tahu Anda akan sukses setelah menjadi karyawan terlebih dahulu.  

7. Jangan pernah ragu melamar kerja

Seringkali orang tidak kerja karena merasa ragu dan kurang percaya diri, ragu jika besok tidak dapat melakukan dan tidak bisa. Maka dari itu, kuatkan keyakinan dan jangan ragu karena di setiap perusahaan akan ada training terlebih dahulu kok untuk karyawan baru. Agar lebih yakin cobalah untuk melatih diri Anda sendiri, meningkatkan kemampuan dan pengetahuan dan cobalah untuk berlatih wawancara kerja.

Baca juga : Tips Lancar Jawab Pertanyaan Saat Interview Kerja  

Nah itu adalah beberapa tips cepat dapat kerja setelah lulus kuliah, semoga saja yang sudah baca artikel ini segera dapat kerja yang sesuai yang Anda inginkan.

Gambar Gravatar
Tim Editorial KitaPunya.net adalah seorang profesional di bidang Manajemen, Teknologi Digital dan Marketing dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. KitaPunya.net saat ini menjadi situs pendidikan dan karir yang selalu berusaha memberikan inforamasi akurat, terpecaya dan terupdate.