cara menabung di rumah dengan cepat

10 Cara Menabung di Rumah Dengan Cepat dan Banyak

Diposting pada 598 views

10 Cara Menabung di Rumah Dengan Cepat dan Banyak – Bagus dehh jika kalian cari artikel tentang tips atau cara menabung, itu artinya kalian sudah memiliki iktikad yang sangat baik untuk mengumpulkan uang. Menabung merupakan mengumpulkan, menimbun, menyisihkan sebagian uang yang kita miliki untuk keperluan masa depan seperti untuk beli hp, menikah, beli baju atau untuk modal bisnis.  

Yang pasti setiap orang kalau bisa memiliki tabungan, sehingga ketika suatu saat nanti kita butuh uang bisa langsung mengambil uang di tabungan. Untuk menabung ini bisa melalui berbagai metode, bisa menabung di bank, bisa dibelikan emas, dibelikan tanah atau ditabung di rumah.  

Cara menabung di rumah memerlukan komitmen yang sangat kuat, karena cobaanya lebih besar. Biasanya kalau ngga kuat, yaa akan sering diambil untuk beli sesuatu apalagi kalau hanya menabung di tempat yang mudah diambil. 

Ahhh, kok aku pengen nonton apengers yaa. Buka tabungan ahh..

Nah itu adalah contoh orang yang tidak kuat dan tidak berkomitmen dengan yang di tabung. Memanen sebelum waktunya ini akan membuat uang akan terkumpul lebih lama, bahkan jika tidak segera sadar bisa-bisa sudah habis dulu. Tapi tenang, kitapunya.net memiliki beberapa tips atau cara menabung di rumah dengan cepat dan banyak.

Baca juga : Tips mudah menabung untuk pelajar dan mahasiswa

10 Cara Menabung di Rumah Dengan Cepat dan Banyak

1. Tentukan Tujuan/Goal Kalian Menabung

Sebelum kalian memulai mengumpulkan uang, sebaiknya tentukan dulu untuk apa kalian menabung. Dengan motivasi apa kalian akan menabung, apakah untuk membeli hp, untuk menikah atau untuk membantu orang tua.  

Semakin kuat tujuanmu akan semakin kuat motivasimu untuk menabung. Jika tujuannya saja tidak jelas, biasanya di tengah jalan akan kalah dengan keinginan nafsu konsumtif yang kita miliki. Untuk itu sangat penting tentukan tujuan yang jelas kalian menabung.  

2. Tentukan Target Waktu

Setelah ketemu untuk apa menabung, tentukan target waktunya. Setahun harus terkumpul berapa rupiah? Jika setahun sebesar itu, berarti sebulan harus terkumpul berapa rupiah? terus seminggu?

Pilih kalian akan menabung harian, 2 kali sehari, atau sekali dalam seminggu. Tentukan juga harinya, misal setiap hari Senin dan Jum’at menabung sekian dengan jumlah sekian.  

3. Tempel Impian Kalian di Depan Pintu/Tembok

Cara menabung di rumah dengan cepat selanjutnya adalah dengan menmpel impian kalian, bisa di pintu atau di tembok. Dengan begitu kalian akan selalu teringat impian atau doa-doa kalian.  

4. Gunakan Pecahan Uang Yang Sama

Menabung dengan uang pecahan yang sama akan lebih mudah dan lebih cepat terkumpul, misal setiap kalian menjumpai uang Rp 5000,- maka mau tidak mau harus di tabung. Begitulah kira-kira menabung dengan uang pecahan yang sama.  

5. Gunakan Celengan Permanent dan Transparant

Jika menabung di celengan yang bisa di buka tutup, biasanya akan mudah diambil yang membuat uang tidak terkumpul dengan cepat. Untuk itulah gunakan celengan yang hanya sekali pakai, bisa menggunakan celengan dari tanah liat atau plastik.   

Bila perlu gunakan celengan kaca, sehingga menambah motivasi untuk terus mengisinya dengan uang baru.  

6. Cari Penghasilan Tambahan

Kita bisa menabung ketika ada kelebihan uang atau uang sisa, untuk itulah kita bisa mencari penghasilan tambahan yang dari situ sebagian hasilnya kita tabung. Maka dijamin cara menabung di rumah dengan cepat akan terlaksana.  

Kalian bisa mencari penghasilan tambahan seperti kerja part time, kerja online, ojek online, jualan pulsa, jualan online dan lain sebagainya.  

7. Kurangi Pengeluaran Yang Kurang Penting

Mengganti pengeluaran menjadi penabungan adalah hal yang cukup jitu  untuk menabung di rumah dengan cepat. Eliminasi pengeluaran-pengeluaran yang kurang penting seperti makan di luar, makan di resto, liburan dan sebagai gantinya uang tersebut ditabung di dalam celengan.  

8. Hidup Hemat

Hidup boros hanya akan membuat kita tidak memiliki tabungan, untuk itu cobalah untuk hidup lebih hemat seperti hemat pulsa, hemat kuota, bawa bekal, puasa dan lain sebagainya.

Baca juga : 10 Cara menghemat uang jajan untuk pelajar dan mahasiswa

9. Jadikan sebagai Kewajiban

Jadikan menabung itu sebagai sebuah kewajiban dan kebutuhan, kewajiban yang harus dilakukan setiap minggu dan kebutuhan agar uang dapat terkumpul dalam waktu yang telah ditentukan.  

10. Lakukan Secara Konsisten dan Kontinyu

Jika menabung hanya dilakukan sekali dan tidak konsisten, mungkin akan cukup lama terkumpulnya. Untuk itu perlu konsistensi dalam menabung.  

Baca juga : 10 Kunci menghilangkan rasa gugup berbicara di depan umum

7 Cara Menghemat Uang Gaji Agar Tidak Cepat Habis


7 Cara Menghemat Uang Gaji Agar Tidak Cepat Habis
– Mumpung masih di tanggal muda nih, saatnya kalian susun strategi agar gaji kalian tidak terus menerus habis ketika tanggal tua nanti. Repot kan ketika tanggal tua kita tidak punya uang, solusinya paling ya ngutang sama temen. Tapi masak iyaa ngutang terus, ngga malu apa.  

Untuk itulah kalian yang sering kehabisan uang kala tanggal tua harus belajar mengatur keuangan, istilah kerennya manajemen keuangan kalian harus baik dan kuat. Dengan pengelolaan keuangan yang baik maka gaji kalian akan teralokasi dengan baik, bahkan kalian bisa menabung sebagai cadangan atau modal kalian menikah nanti.  

Menghemat uang gaji itu gampang-gampang susah, disebut gampang karena semua orang pasti bisa tergantung dari kemauan dan tekad masing-masing. Disebut juga susah karena buktinya tidak banyak orang yang bisa melakukannya. Kitapunya.net memiliki beberapa cara untuk menghemat uang gaji agar tidak cepat habis, bagaimana caranya? Simak artikel berikut ini :  

1. Buat skala prioritas

Seringkali banyak orang yang gagal mengelola gaji karena tidak memiliki skala prioritas, semua dianggap penting sehingga dananya juga dialokasikan sepenuhnya. Untuk itulah hal yang pertama susulah skala prioritas, mana yang memang benar-benar penting dan mana yang memang tidak penting.  

2. Alokasi dana yang baik

Setelah skala prioritas di susun maka tinggal alokasikan dana secara baik, misal sebanyak 50 % digunakan untuk kehidupan dan memenuhi kebutuhan sehari-hari. Sedangkan sisanya 50% untuk di tabung, di kasih orang tua dan beramal.  

3. Sisihkan 25% untuk di tabung

Menabung akan sangat berguna kelak ketika kalian membutuhkan uang dalam jumlah yang cukup banyak, seperti untuk menikah, beli handphone, beli motor dan lain-lain. Jika gajimu sudah besar, maka sisihkan 25% untuk di tabung, pasti deh 5 tahun lagi kalian akan menikmati hasil dari apa yang telah kalian kumpulkan.  

4. Budayakan hidup hematCara menghemat uang gaji

selanjutnya adalah dengan hidup hemat, seringkali kita ketika punya uang terlalu boros. Tindakan seperti beli air minum padahal bawa bisa, beli kuota banyak-banyak, beli makanan padahal di rumah banyak makanan. Itu adalah beberapa contoh gaya hidup boros yang perlahan-lahan harus kita kurangi.  

5. Buat rekening tersendiri, khusus untuk tabungan

Kadang kalau uang di taruh dalam satu rekening akan lebih mudah habis, untuk itu perlu satu rekening lagi khusus untuk tabungan. Setelah itu bisa kartu kreditnya di simpan di tempat yang tersembunyi, jangan di dompet ntar sama aja.  

6. Investasi

Ketika gajimu sudah semakin besar, maka sisa dari gaji kalian juga akan semakin besar. Biar menabung kalian lebih bermakna, bisa sekalian berinvestasi. Terserah investasi jenis apa, bisa emas, tanah, saham, obligasi atau deposito.

Baca juga : 4 Investasi jangka panjang paling populer di Indonesia

7. Bersedekah

Tahu ngga kalau bersedekah itu juga berinvestasi? Allah sangat suka dengan orang-orang yang menginfaqkan sebagian hartanya di jalan Allah.

Untuk itulah Allah pasti akan membalasmu dengan jumlah yang lebih, tapi dengan syarat kamu ikhlas tanpa pamrih dan tidak perlu menyebut-nyebutnya kepada orang lain. Semoga saja dengan bersedekah risky kita menjadi semakin lancar

Tips Menyisihkan Gaji agar Bisa Menabung di Rumah

Orang yang baru gajian pertama kali biasana tidak terkendali dalam menggunakan gajinya, untuk beli inilah, itulah rasanya semua ingin dibeli. Nah, kalau gaya hidup anda seperti ini kira kira kalau anda dipecat dari pekerjaan anda gimana?

Apakah anda tidak pusing, kalau anda tidak punya tabungan atau uang cadangan. Jadi usahakan setiap bulannya menyisihkan uang sedikit untuk ditabung agar masa depan anda lebih terjamin. Ingat pepatah, sedikit demi sedikit lama lama menjadi bukit, hemat pangkal kaya boros pangkal miskin.

Ha ha, jadi menabung itu penting. Tapi seringkali niatnya sudah menyisihkan uang ditabung, tapi pada akhirnya kepepet dan uangnya diambil deh buat jajan. Begitu seterusnyam, nah KitaPunya.net – Berita Unik mempunyai tips ni agar bisa menyisihkan gaji untuk ditabung. Dan berikut ini tips menyisihkan gaji agar masa depan terjamin.

1. Dipaksa dan dibiasakan

Anda harus memaksa diri anda sendiri, intinya anda harus menyisihkan berapa persen dari gaji anda untuk ditabung. Dan itu tidak boleh diganggu gugat, bagaimanapun resikonya. Kecuali ada urusan yang sangat mendesak. Kemudian, anda biasakan itu tiap bulan, jangan bulan ini menyisihkan, bulan depannya tidak, bulan depannya lagi menyisihkan dan seterusnya. Jadi harus dipaksa dan dibiasakan.

2. Buat 2 rekening tabungan

Tips yang kedua adalah buat rekening ganda, yang satu khusus untuk menabung dan yang satunya bebas mau diapain. Tapi ingat anda juga harus konsekuen seperti no 1 diatas, dipaksa dan dibiasakan. 

3. Ditabungnya 30 persen

Kalau anda belum punya istri dan anak saya yakin kebutuhan anda sehari-hari tidak banyak, sehingga kalau menyisihkan 30 persen saja untuk ditabung saya yakin bisa. Kalau terlalu besar, bolehlah 20 persen. Yang pasti jangan dibawah 10 persen, pelit amat.

4. Jangan lupa berbagi ke orangtua dan sesama

Selain ditabung anda juga perlu investasi amal, yaitu dengan memberi sebagian uang kepada orang tua atau kepada orang yang membutuhkan. Kalau anda melakukan ini, rizeki anda akan lebih berkah dan akan dilipatgandakan oleh Alllah swt.

Lagipula, orangtua aan mendoakan anda supaya rezeki tambah lancar, ingat doa orangtua itu mustajab.

5. Jangan banyak jajan

Ya, seringkali kalau sudah punya gaji bawaannya pingin jajan terus. Sebaiknya anda kurangi perilaku konsumtif seperti ini, lebih baik gunakan uang dengan sebaik-baiknya. Akan lebih baik bila ditabung atau sangat baik bila diinvestasikan. Contoh, buat beli emas dll.

6. Budayakan irit

Irit sama pelit itu beda, kalau irit itu mengeluarkan uang dengan bijak. Sedangkan pelit, ya pelit,, iya pelit. Jadi jangan budayakan hidup boros, tapi budayakan hidup irit. 

7. Lebih baik kehilangan masa muda daripada kehilangan masa depan

Ingat kata bijak ini, kalau saya lebih baik kehilangan masa muda artinya masa muda saya gunakan untuk kerja yang banyak menghasilkan fulus sedikit menggunakan fulus, bukan sedikit menghasilkan fulus tetapi banyak menggunakan fulus.

Intinya anda harus menggunakan fulus dengan sangat bijak, tidak buat berfoya-foya atau menghabiskan uang sebanyak-banyaknya, tetapi digunakan untuk ditabung buat masa depan.

Nahh.. itu adalah 10 Cara Menabung di Rumah dengan cepat, semoga kita semua dimudahkan dalam menabung sehingga cita-cita kita dapat tercapai. Kalau saya menabung karena pengen segera membeli rumah, yuk saling mendoakan biar segera terealisasi. Aamiin.

Gambar Gravatar
Seorang praktisi Pemasaran, SEO dan Digital Marketing. Suka dengan kata dan cinta dengan karya. Turut memajukan dan mencerdaskan kehidupan bangsa melalui beragam artikel pendidikan di kitapunya.net.