kunci menghilangkan rasa gugup

14 Cara Menghilangkan Gugup Saat Berbicara Di Depan Umum

Diposting pada 2,236 views

10 Cara Menghilangkan Rasa Gugup Saat Berbicara – Apakah kalian merasa kurang percaya diri dan sering minder ketika berbicaya dengan orang lain? Khususnya kepada orang yang lebih tua seperti guru, dosen, mertua, atau bahkan teman kalian sendiri. Jika berbicara 4 mata saja gugup, apalagi jika harus berbicara di depan umum. Tentu itu sebuah ujian yang sangat berat bukan?  

Tidak ada semua itu yang instan, kita berjalan juga perlu dilatih. Begitu juga dengan berbicara di depan umum, perlu latihan yang serius dan konsisten. Kunci utamanya adalah “mencoba” dan terus “mencoba”. Ketika kalian sudah terbiasa berbicara di depan umum, maka itu bukanlah sesuatu yang sulit dan membuat gugup.  

Keberhasilan adalah hasil dari pengulangan-pengulangan, seorang Thomas Alva Edison mengulang-ulang sampai 1000 kali untuk dapat menghidupkan lampu dengan baik. Bukankah dia mengulang dan terus mengulang??  

Setelah baca artikel ini, nanti baca juga yaa artikel tentang 7 Cara Meningkatkan Percaya Diri dalam Bekerja.   

Kitapunya.net telah merangkum beberapa kunci agar kalian dapat lebih percaya diri dan tidak gugup saat berbicara. Semoga dengan membaca artikel kali ini kalian menjadi lebih PD lagi yaa..

14 Cara Menghilangkan Gugup Saat Berbicara Di Depan Umum

1. Sering Latihan / Mencoba

Seperti yang telah disinggung di atas bahwa kunci untuk menghilangkan rasa gugup saat berbicara adalah dengan latihan dan mencoba, kalian bisa mencobanya di depan cermin atau pada saat di jalan dengan ngomong” sendiri. Ngga peduli lah biar dikira orang gila, yang penting kalian dapat lancar berbicara.  

Kalian tahu Ir. Soekarno kan? Presiden pertama Indonesia itu disebut juga dengan sang singa podium karena kepandaiannya dalam berpidato. Beliau juga sangatt cerdas dalam berdiplomasi dengan pihak lain. Keahlian yang dimiliki beliau tersebut bukan didapat secara instan, melainkan melalui proses latihan yang sangat panjang. Ketika dikamarnya, saat kumpul organisasi bahkan di penjara beliau masih latihan berpidato. Salah satu gurunya adalah HOS Tjockroaminoto yang merupakan ketua Serikat Islam.

  Jadi, sering-sering latihan yaa. Lupakan gugupnya, untuk awal-awal gugup itu wajar. Tapi lama kelamaan pasti rasa gugup itu hilang dengan sendirinya.  

2. Latihan Berbicara Cepat dengan Intonasi

Emmm.. Aaaa.. Itu adalah contoh saat kita kelamaan mikir, lebih baik itu dikurangi atau bahkan dihilangkan. Latihan  yang bisa kalian coba adalah dengan berbicara cepat, kalian bisa latihan dengan sering membaca buku namun di verbalkan. Perhatikan juga intonasinya yaa.  

3. Yakinlah.. ! Beranilah ! Jangan Takut !

Kebanyakan orang gugup itu karena tidak yakin dengan diri sendiri dan takut, entah takut salah lah, takut di ejek atau takut salah ngomong. Untuk itu mulailah jangan takut, yakinlah pada dirimu sendiri. Teriak pada dirimu sendiri “AKU PASTI BISA !!”. Dengan tekad dan keyakinan kuat, pasti ketakutan itu akan terbayar dengan keberanian.  

4. Perluas Wawasan

Salah satu penyebab takut adalah karena kita tidak yakin dengan apa yang kita bawa, sebagai contoh mengapa orang takut mati? Karena kita tidak yakin dengan nasib kita setelah mati. Iyaa kan? Begitu juga saat berbicara, karena kita tidak yakin dengan apa yang kita bawa yaitu ilmu/wawasan.   

Orang bisa berbicara karena dalam otaknya ada bahan yang dibicarakan, dengan kata lain otaknya tidak kosong. Untuk itu sangatlah perlu kalian memiliki wawasan yang luas, sehingga dapat nyambung ketika diajak bicara banyak orang. Tentu saja Anda tidak perlu gugup kan.  

Nah, untuk memperluas wawasan ini kalian dapat membaca, bersosialisasi dengan teman dan mencari pengalaman langsung yang sebanyak-banyaknya. So, salah satu kunci menghilangkan rasa gugup saat berbicara adalah dengan memperluas wawasan dan pengetahuan.  

5. Perbanyak Teman dan Perluas Jaringan / Relasi

Teman atau jaringan akan membuat kita semakin terbiasa untuk berbicara dan bertukar pikiran, selain menggemberikan, teman juga dapat ikut memotivasi kita menjadi lebih baik dan tidak gugup lagi. Terlebih lagi teman atau relasi ini bisa menjadi pembuka pintu risky buat kalian suatu saat nanti.  

6. Ikut Organisasi

Rasa gugup itu biasa, semua yang pertama kali berbicara juga gugup. Dengan mengikuti organisasi kamu secara terpaksa akan dilatih dengan berbicara di depan teman-teman yang lain. Pilihlah organisasi yang sesuai dengan minat dan bakat kalian yaa..  

7. Sering Evaluasi dan Perbaiki Diri

Kalian dapat menuliskan berbagai kelemahan dalam diri sendiri, misal saya masih gugup karena saya kurang percaya diri dengan penampilan. Maka solusinya adalah perbaiki penampilan sampai diri kalian merasa yakin. Evaluasi juga kesalahan-kesalahan pada saat berbicara, misal salah ngomong, salah intonasi, salah baca, atau salah-salah yang lain. Dari situ bisa kalian buat rencana selanjutnya untuk memperbaiki diri kalian agar hilang rasa gugup saat berbicara.  

8. Selalu Bersyukur dan Berfikir Positif

Bersyukur dengan apa yang kita miliki akan membuat diri kita menjadi lebih yakin dan lebih percaya diri. Begitu juga dengan berfikir positif akan membuat kita semakin yakin dan yakin. Pokoknya jangan kalah sebelum perang, jangan berfikir yang “neko-neko” sebelum berbicara di depan umum. Pikir yang baik-baik saja, niscaya rasa gugup akan hilang dengan sendirinya.  

9. Pegang Sesuatu

Salah satu tips dari para mentor untuk menghilangkan rasa gugup saat berbicara di depan umum adalah dengan memegang sesuatu, bisa spidol, pulpen atau mix. Bisa juga dengan memasukkan tangan ke saku untuk laki-laki. Katanya, dengan seperti itu dapat menyalurkan energi negatif ke-benda tersebut. Sehingga diri kita menjadi lebih percaya diri lagi.  

10. Berjalanlah / Bergeraklah

Gerakan tubuh dapat mengurangi bahkan menghilangkan rasa gugup, bisa dengan gerakan tangan atau dengan berjalan. Maka tak heran, apabila banyak orang yang berbicara namun tangannya juga ikut gerak. Intinya, selain membantu kita dalam menyampaikan pesan. Gerakan tangan atau berjalan juga berguna untuk membuat kita menjadi lebih enjoy ketika berbicara di depan umum.  

11. Persiapkan diri dengan baik sebelum tampil

Sebelum berbicara di depan umum, pastikan Anda sudah mempersiapkan materi, alat bantu, dan latihan dengan baik. Pelajari topik yang akan Anda bicarakan dengan mendalam, buat outline atau rangkuman pembicaraan Anda, dan latihlah cara penyampaian Anda di depan cermin atau rekam suara Anda. Hal ini akan membuat Anda lebih siap dan yakin dengan apa yang akan Anda sampaikan.

12. Menambah pengetahuan

Jika Anda ingin menjadi lebih kompeten dan berwibawa dalam berbicara di depan umum, cobalah untuk menambah pengetahuan Anda tentang topik yang akan Anda bicarakan. Baca buku, artikel, jurnal, atau sumber lainnya yang berkaitan dengan topik tersebut. Juga carilah informasi terbaru dan relevan yang dapat menarik perhatian audiens. Hal ini akan membuat Anda lebih percaya diri dan dapat menjawab atau membela pendapat Anda dengan baik.

13. Menemukan motivasi

Jika Anda ingin menjadi lebih bersemangat dan tertarik dalam berbicara di depan umum, cobalah untuk menemukan motivasi atau tujuan yang jelas ketika berbicara di depan umum. Tanyakan pada diri Anda, mengapa Anda berbicara di depan umum? Apa yang ingin Anda capai? Apa yang ingin Anda sampaikan? Apa yang ingin Anda dapatkan dari audiens? Hal ini akan membuat Anda lebih fokus dan antusias dengan materi yang Anda sampaikan.

14. Cari dukungan

Jika Anda ingin menjadi lebih tenang dan didukung dalam berbicara di depan umum, cobalah untuk mencari dukungan dari orang-orang di sekitar Anda, seperti keluarga, teman, atau kolega. Mintalah mereka untuk memberikan masukan, saran, atau pujian atas pembicaraan Anda. Juga carilah orang-orang yang memiliki minat atau latar belakang yang sama dengan Anda, dan ajaklah mereka untuk berdiskusi atau berbagi pengalaman tentang topik yang akan Anda bicarakan. Hal ini akan membuat Anda merasa tidak sendirian dan lebih percaya diri.

Penyebab Gugup Saat Berbicara di Depan Umum

Berbicara di depan umum adalah salah satu keterampilan yang penting untuk dimiliki, baik di dunia kerja maupun di kehidupan sosial. Namun, tidak semua orang merasa nyaman dan percaya diri ketika harus berbicara di hadapan banyak orang. Ada yang merasa gugup, cemas, bahkan panik. Apa sebenarnya penyebab gugup berbicara di depan umum?

Menurut para ahli, ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan seseorang gugup berbicara di depan umum, antara lain:

1. Kurangnya persiapan

Jika Anda tidak mempersiapkan materi, alat bantu, atau latihan sebelum berbicara di depan umum, Anda akan merasa tidak siap dan tidak yakin dengan apa yang akan Anda sampaikan. Hal ini dapat menimbulkan rasa gugup dan takut salah.

2. Kurangnya pengalaman

Jika Anda jarang atau belum pernah berbicara di depan umum sebelumnya, Anda akan merasa asing dan tidak terbiasa dengan situasi tersebut. Anda mungkin tidak tahu bagaimana cara menghadapi audiens, bagaimana mengatur suara, gestur, atau bahasa tubuh Anda. Hal ini juga dapat membuat Anda gugup dan canggung.

3. Kurangnya pengetahuan

Jika Anda tidak memiliki pengetahuan yang cukup tentang topik yang akan Anda bicarakan, Anda akan merasa tidak kompeten dan tidak berwibawa. Anda mungkin khawatir ditanya atau dikritik oleh audiens karena tidak bisa menjawab atau membela pendapat Anda. Hal ini dapat menurunkan rasa percaya diri dan meningkatkan rasa gugup Anda.

4. Kurangnya motivasi

Jika Anda tidak memiliki motivasi atau tujuan yang jelas ketika berbicara di depan umum, Anda akan merasa tidak bersemangat dan tidak tertarik dengan materi yang Anda sampaikan. Anda mungkin merasa bosan, lelah, atau malas. Hal ini dapat mempengaruhi kualitas dan kuantitas pembicaraan Anda, serta membuat Anda gugup karena tidak mendapatkan respons positif dari audiens.

5. Kurangnya dukungan

Jika Anda tidak memiliki dukungan dari orang-orang di sekitar Anda, seperti keluarga, teman, atau kolega, Anda akan merasa sendirian dan tidak didukung ketika berbicara di depan umum. Anda mungkin merasa tidak ada yang peduli atau menghargai usaha Anda. Hal ini dapat menimbulkan rasa minder dan gugup.

Itulah beberapa penyebab gugup berbicara di depan umum yang umum terjadi. Namun, jangan khawatir, karena ada banyak cara untuk mengatasi rasa gugup tersebut.

Demam Panggung dan Cara Mengatasinya

Demam panggung adalah rasa takut, cemas, atau gugup yang dialami seseorang ketika harus tampil di depan orang banyak. Demam panggung bisa mempengaruhi siapa saja, baik yang sudah berpengalaman maupun yang baru pertama kali tampil. Demam panggung bisa berdampak negatif pada kualitas penampilan, kepercayaan diri, dan kesehatan mental seseorang.

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan demam panggung, antara lain:

  • Kurangnya persiapan atau latihan
  • Harapan yang terlalu tinggi dari diri sendiri atau orang lain
  • Kurangnya pengalaman atau keterampilan
  • Adanya tekanan dari lingkungan atau kompetisi
  • Adanya masalah pribadi atau profesional yang mengganggu konsentrasi
  • Adanya gangguan kesehatan fisik atau mental yang mempengaruhi mood atau stamina

Demam panggung bisa diatasi dengan beberapa cara, antara lain:

  • Meningkatkan persiapan dan latihan sebelum tampil
  • Menetapkan tujuan yang realistis dan sesuai dengan kemampuan
  • Mencari mentor atau pelatih yang bisa memberikan saran dan dukungan
  • Membangun kepercayaan diri dengan mengingat prestasi atau pengalaman positif sebelumnya
  • Mengatur napas, relaksasi, dan meditasi untuk menenangkan pikiran dan tubuh
  • Menghindari hal-hal yang bisa memicu stres, seperti kafein, alkohol, atau rokok
  • Mencari dukungan dari keluarga, teman, atau komunitas yang positif dan mendukung
  • Menghadapi rasa takut dengan berani dan optimis

Demam panggung adalah hal yang wajar dan bisa dialami oleh siapa saja. Dengan cara-cara di atas, kita bisa mengatasi demam panggung dan tampil dengan lebih percaya diri dan berkualitas. Semoga bermanfaat!

Pengalaman Mengalahkan Rasa Gugup saat Di Depan Umum

Halo, teman-teman! Kali ini saya mau berbagi tentang pengalaman saya dari yang awalnya gugup saat tampil di depan, kini saya percaya diri. Mungkin ada di antara kalian yang juga merasakan hal yang sama, yaitu merasa takut atau canggung ketika harus berbicara di depan banyak orang. Nah, saya pun dulu begitu. Saya selalu merasa deg-degan, gemetar, dan bahkan kadang lupa apa yang mau saya sampaikan. Tapi sekarang, saya sudah bisa mengatasi rasa gugup itu dan tampil dengan percaya diri. Bagaimana caranya? Simak cerita saya di bawah ini.

Pertama-tama, saya harus mengakui bahwa saya bukanlah orang yang pandai berbicara di depan sejak kecil. Saya termasuk anak yang pendiam dan pemalu. Saya lebih suka menulis daripada berbicara. Saya juga jarang berinteraksi dengan orang lain, apalagi yang tidak saya kenal. Jadi, ketika ada tugas sekolah atau kuliah yang mengharuskan saya untuk presentasi di depan kelas, saya selalu merasa grogi dan stres.

Saya mencoba untuk mengatasi rasa gugup itu dengan berbagai cara. Saya mencari tips dan trik di internet, membaca buku-buku tentang public speaking, menonton video-video motivasi, dan sebagainya. Saya juga berlatih di depan cermin, merekam suara saya, dan meminta teman atau keluarga untuk memberi masukan. Tapi tetap saja, ketika saatnya tampil di depan, saya masih merasa tidak siap dan tidak percaya diri.

Lalu, apa yang membuat saya bisa berubah? Jawabannya adalah pengalaman. Ya, pengalaman adalah guru terbaik. Saya menyadari bahwa semakin sering saya tampil di depan, semakin terbiasa saya dengan situasi itu. Saya mulai belajar dari kesalahan-kesalahan yang saya buat, dan mencoba untuk memperbaiki diri. Saya juga mulai mendapatkan feedback positif dari orang-orang yang menyaksikan presentasi saya. Mereka mengatakan bahwa saya sudah lebih baik dari sebelumnya, dan memberi saran-saran yang konstruktif untuk meningkatkan kemampuan saya.

Sekarang, saya sudah tidak merasa gugup lagi saat tampil di depan. Saya malah menikmati prosesnya. Saya merasa senang bisa berbagi ilmu dan pengalaman dengan orang lain. Saya juga merasa lebih percaya diri dengan diri sendiri. Tentu saja, saya masih harus terus belajar dan berlatih untuk menjadi lebih baik lagi. Tapi setidaknya, saya sudah bisa mengatasi rasa gugup yang dulu menghambat saya.

Demikianlah pengalaman saya dari yang awalnya gugup saat tampil di depan, kini saya percaya diri. Semoga cerita ini bisa menginspirasi kalian yang mungkin masih merasa takut atau canggung untuk berbicara di depan banyak orang. Percayalah, kalian bisa melakukannya asalkan mau berusaha dan berani menghadapi tantangan. Jangan biarkan rasa gugup menghalangi kalian untuk berkembang dan bersinar. Terima kasih sudah membaca!

Nahh.. itu adalah 10 Kunci Menghilangkan Rasa Gugup Saat Berbicara Di Depan Umum. Jika dirasa artikel ini bermanfaat jangan lupa share artikel ini ke teman-teman kalian yaa.. Terimakasih !!

Gambar Gravatar
Tim Editorial KitaPunya.net adalah seorang profesional di bidang Manajemen, Teknologi Digital dan Marketing dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. KitaPunya.net saat ini menjadi situs pendidikan dan karir yang selalu berusaha memberikan inforamasi akurat, terpecaya dan terupdate.