pemasaran internasional dan pemasaran global

Perbedaan Pemasaran Internasional dan Pemasaran Global

Diposting pada 1,958 views

Pemasaran internasional dan pemasaran global adalah dua istilah yang sering digunakan secara bergantian dalam dunia bisnis. Namun, apa perbedaan antara keduanya? Artikel ini akan menjelaskan perbedaan antara pemasaran internasional dan pemasaran global serta implikasinya bagi perusahaan yang ingin memasuki pasar global.

Pengertian Pemasaran Internasional dan Pemasaran Global

Pemasaran internasional adalah strategi pemasaran yang menyesuaikan produk, harga, promosi, dan distribusi sesuai dengan kebutuhan dan preferensi konsumen di berbagai negara. Pemasaran internasional mengakui adanya perbedaan budaya, hukum, ekonomi, politik, dan sosial antara negara-negara dan berusaha mengadaptasi produknya agar sesuai dengan kondisi setempat. Pemasaran internasional juga mempertimbangkan faktor-faktor seperti tarif, kuota, regulasi, persaingan lokal, dan infrastruktur dalam merancang strategi pemasarannya.

Pemasaran global adalah strategi pemasaran yang menawarkan produk yang sama atau seragam di seluruh pasar global tanpa memperhatikan perbedaan antara negara-negara. Pemasaran global mengandalkan standarisasi produk, harga, promosi, dan distribusi untuk mencapai efisiensi dan ekonomi skala. Pemasaran global menganggap bahwa konsumen di seluruh dunia memiliki kebutuhan dan preferensi yang sama atau mirip terhadap produk tertentu. Pemasaran global juga memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk menyebarkan pesan pemasarannya secara luas dan cepat.

Perbedaan Pemasaran Internasional dan Pemasaran Global

Perbedaan antara pemasaran internasional dan pemasaran global dapat dilihat dari beberapa aspek, seperti:

  • Orientasi pasar
    Pemasaran internasional berorientasi pada pasar lokal, sedangkan pemasaran global berorientasi pada pasar dunia.
  • Segmentasi pasar
    Pemasaran internasional melakukan segmentasi pasar berdasarkan karakteristik negara-negara, sedangkan pemasaran global melakukan segmentasi pasar berdasarkan karakteristik konsumen.
  • Adaptasi produk
    Pemasaran internasional melakukan adaptasi produk sesuai dengan kebutuhan dan preferensi konsumen di setiap negara, sedangkan pemasaran global menawarkan produk yang sama atau seragam di semua negara.
  • Penetapan harga
    Pemasaran internasional melakukan penetapan harga sesuai dengan kondisi ekonomi, hukum, persaingan, dan permintaan di setiap negara, sedangkan pemasaran global melakukan penetapan harga yang sama atau seragam di semua negara.
  • Promosi
    Pemasaran internasional melakukan promosi yang disesuaikan dengan budaya, bahasa, nilai, dan perilaku konsumen di setiap negara, sedangkan pemasaran global melakukan promosi yang sama atau seragam di semua negara.
  • Distribusi
    Pemasaran internasional melakukan distribusi yang mempertimbangkan faktor-faktor seperti infrastruktur, regulasi, biaya transportasi, dan ketersediaan saluran distribusi di setiap negara, sedangkan pemasaran global melakukan distribusi yang sama atau seragam di semua negara.

Tabel Perbedaan Pemasaran Internasional dal Pemasaran Global

AspekPemasaran InternasionalPemasaran Global
FokusMemasarkan produk di beberapa pasar asingMemasarkan produk di pasar global secara holistik
StrategiPenyesuaian strategi pemasaran untuk setiap pasarStrategi pemasaran seragam di seluruh pasar global
Pemahaman konsumenMemahami kebutuhan dan kebiasaan lokal konsumenMemahami kebutuhan dan preferensi konsumen global
Penyesuaian produkMengadaptasi produk untuk memenuhi kebutuhan lokalMenghasilkan produk standar yang dapat dijual global
Pengaturan hargaPenyesuaian harga berdasarkan kondisi lokalPenetapan harga seragam di pasar global
PromosiPenggunaan bahasa, budaya, dan saluran komunikasi lokalPenggunaan strategi promosi global yang seragam
Saluran distribusiMenggunakan saluran distribusi lokalMenerapkan saluran distribusi global
KeuntunganMencapai pangsa pasar di beberapa negaraMencapai pangsa pasar di seluruh dunia
KoordinasiTim pemasaran lokal yang independenTim pemasaran global yang terkoordinasi
KontrolKontrol yang lebih terdesentralisasiKontrol yang lebih terpusat di tingkat global

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa pemasaran internasional dan pemasaran global memiliki perbedaan yang signifikan dalam pendekatan dan pelaksanaannya. Perusahaan yang ingin memasuki pasar global harus memilih strategi pemasaran yang sesuai dengan tujuan, sumber daya, dan kapabilitasnya. Perusahaan juga harus menganalisis lingkungan eksternal dan internalnya untuk menentukan peluang dan tantangan yang ada di pasar global.

Baca juga:

Gambar Gravatar
Tim Editorial KitaPunya.net adalah seorang profesional di bidang Manajemen, Teknologi Digital dan Marketing dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. KitaPunya.net saat ini menjadi situs pendidikan dan karir yang selalu berusaha memberikan inforamasi akurat, terpecaya dan terupdate.