Pengertian Financial Advisor: Tugas, Kelebihan dan Kekurangannya

Diposting pada 544 views

Pengertian Finansial Advisor – Apakah anda pernah merasa kesulitan saat mengatur keuangan? Jika hal tersebut terjadi, mungkin anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan jasa financial advisor. Dalam merencanakan perihal keuangan, mungkin beberapa orang membutuhkan penasihat khusus atau financial advisor untuk memudahkan persoalannya. Karena, masalah keuangan adalah hal yang penting akan tetapi terkadang sulit untuk diatur.

Untuk anda yang merasa memiliki permasalahan seperti yang telah disebutkan ataupun hanya sekadar ingin mencari tahu perihal financial advisor, tenang saja, kitabisa.net siap memberikan rangkumannya melalui artikel kali ini.

PENGERTIAN FINANCIAL ADVISOR

Financial advisor atau yang bisa juga disebut sebagai penasihat keuangan adalah seorang yang berprofesi sebagai penasihat yang memiliki tugas untuk membantu dan memberikan saran kepada kliennya agar dapat merencanakan hal-hal yang berkaitan dengan keuangan dengan tepat, sesuai, baik, dan benar. Financial advisor, pada umumnya memberikan berbagai jenis layanan, misalnya perencanaan pajak, pemecahan masalah keuangan, manajemen investasi, dan hal-hal lain yang serupa.

Financial advisor atau penasihat keuangan ada yang berada di bawah naungan perusahaan keuangan dan bekerja di dalam kantor, akan tetapi ada juga yang berdiri secara independen dan pergi ke berbagai tempat untuk bekerja dengan klien-kliennya. Seorang financial advisor juga bisa dijadikan sebagai narasumber untuk mengisi seminar dan mengajar kelas online di berbagai tempat dengan materi mengenai perencanaan keuangan, manajemen investasi, dan hal-hal lain yang masih berhubungan dengan keuangan. Disamping dari itu semua, seorang financial advisor juga harus mempunyai sertifikasi atau lisensi profesional supaya bisa membuktikan bahwa dirinya adalah benar-benar seorang financial advisor profesional dan juga untuk meyakinkan calon klien untuk menggunakan jasanya.

Di Indonesia sendiri, sudah sangat banyak jasa financial advisor profesional yang tersedia dan bisa untuk dihubungi jika suatu saat ada membutuhkannya. Jika anda pernah mendengar dan atau membaca istilah seperti manajer investasi, broker saham, dan penyusun pajak, profesi-profesi tersebut termasuk ke dalam bidang profesi financial advisor.

TUGAS FINANCIAL ADVISOR

Setelah memahami pengertian dari financial advisor, mungkin anda akan bertanya-tanya perihal apa saja yang dikerjakan oleh seorang financial advisor. Biasanya financial advisor memiliki tugas untuk mengamati dan mempelajari kebutuhan individu dan atau kelompok sekaligus membantu mereka untuk mengatasi berbagai masalah yang berkaitan dengan keuangan.

Seorang financial advisor akan membantu kliennya dalam menyusun rancangan keuangan baik untuk tujuan jangka pendek maupun untuk tujuan jangka panjang. Pada umumnya, seorang financial advisor akan memberikan beberapa saran atau rekomendasi perihal manajemen keuangan maupun investasi yang sesuai dengan tujuan klien.

Misalnya, jika anda ingin melakukan investasi dengan tujuan sebagai biaya pendidikan dan dana pensiun, financial advisor akan memberikan bermacam-macam saran yang tepat sesuai dengan kebutuhan maupun tujuan anda. Saran-saran tersebut bisa berupa di mana tempat yang baik untuk menaruh investasi, jumlah yang ideal untuk setoran, dan juga kekurangan serta kelebihan dari jenis investasi yang dipilih.

Di samping itu, financial advisor juga bisa memberikan nasihat yang lain misalnya seperti asuransi atau saran pajak, bergantung pada permasalahan yang sedang dihadapi oleh kliennya. Pada umumnya, hal-hal yang dilakukan oleh seorang financial advisor adalah sebagai berikut :

  1. Mengadakan pertemuan secara personal dengan klien untuk memecahkan masalah keuangan yang mereka alami
  2. Memberikan penjelasan mengenai jenis-jenis layanan keuangan yang bisa diambil
  3. Mengajari klien serta memberikan saran mengenai berbagai opsi investasi dan juga risiko-risikonya
  4. Memberikan rekomendasi investasi yang sesuai dengan kebutuhan klien
  5. Mengamati dan meneliti peluang investasi bagi klien
  6. Membantu klien untuk membuat rancangan perencanaan keuangan tertentu guna untuk memecahkan masalah dan atau mencapai tujuan sesuai dengan keinginan
  7. Mengamati, memantau, dan memberikan saran untuk akun investasi klien.

APAKAH PERLU MENGGUNAKAN FINANCIAL ADVISOR ?

Perlu atau tidaknya menggunakan jasa financial advisor tentu saja kembali lagi kepada tiap-tiap individu. Jika anda merasa kesulitan ataupun ragu dalam mengatasi masalah-masalah yang berkaitan mengenai keuangan, maka ada baiknya apabila anda mulai mempertimbangkan untuk menggunakan jasa dari financial advisor.

Financial advisor bisa menjadi pemberi saran yang baik untuk membantu anda mencari solusi untuk memecahkan masalah keuangan yang sedang anda alami. Karena, seorang financial advisor selalu mempunyai pandangan yang lebih matang dengan berlandaskan ilmu sehingga bisa membantu anda untuk menjadi lebih yakin dalam mengambil sebuah keputusan.

Selain bisa menjadi seorang pemberi saran yang baik, seorang financial advisor juga bisa membantu anda dalam memecahkan masalah keuangan yang dapat dikatakan rumit, misalnya seperti masalah utang, pajak, pembangunan bisnis, dan hal serupa lainnya. Lalu, apakah kira-kira uang yang dikeluarkan untuk menggunakan jasa dari financial advisor akan sebanding dengan hasil yang akan didapatkan?

Jawabannya jelas, sebanding. Karena, seorang financial advisor yang profesional akan memberikan rancangan perencanaan keuangan dengan sangat matang dan dianggap sebagai strategi yang paling baik untuk anda. Maka dari itu, dengan menggunakan jasa dari seorang financial advisor kemungkinan dapat meningkatkan efisiensi anda dalam mengatur keuangan dengan baik dan benar, serta bisa digunakan dalam jangka waktu yang relatif panjang.

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN JASA FINANCIAL ADVISOR

Keuntungan yang akan anda dapatkan apabila anda menggunakan jasa dari seorang financial advisor, tentu saja akan cukup banyak. Anda bisa belajar manajemen keuangan dan juga investasi dengan baik secara langsung dengan ahlinya. Selain itu, anda juga bisa menghemat waktu anda dengan sebaik mungkin. Karena, perencanaan keuangan dan juga perencanaan investasi yang baik akan cukup menghabiskan waktu yang relatif lama.

Dengan menggunakan bantuan jasa dari seorang financial advisor, perencanaan pengaturan keuangan tersebut akan menjadi lebih mudah, efisien, dan tepat sasaran sesuai dengan apa yang anda butuhkan. Di samping itu, seorang financial advisor juga mempunyai peran yang penting dalam memberikan opsi-opsi saran yang paling baik dan paling benar kepada anda, untuk mengambil sebuah keputusan yang berkaitan dengan keuangan. Namun, kekurangan yang dimiliki dari penggunaan jasa seorang financial advisor tersebut yaitu biaya yang akan dikeluarkan biasanya relatif mahal. Walaupun demikian, perihal biaya mungkin bukanlah menjadi sebuah masalah bagi orang-orang yang sudah berkecukupan atau mapan secara finansial.

TIPS MEMILIH FINANCIAL ADVISOR

Jika anda tertarik dan atau memerlukan untuk menggunakan jasa dari seorang financial advisor, maka anda harus memerhatikan hal-hal penting saat akan merekrutnya. Berikut tips dari kitabisa.net untuk anda yang akan memilih penasihat keuangan:

1. Pahami track recordnya

Sebelum memastikan untuk memilih seorang financial advisor, pastikan anda melihat serta memahami perihal track recordnya terlebih dahulu. Setelah anda mengetahui track recordnya, mulailah untuk mempertimbangkan apakah calon financial advisor yang akan anda rekrut tersebut sekiranya cukup kompeten dalam mengatasi sebuah masalah keuangan atau tidak. Anda bisa melihat track record calon finansial advisor yang akan anda rekrut melalui informasi tentang mereka yang berada di internet ataupun melalui sosial medianya secara langsung.

2. Sertifikasi.

Anda harus memastikan bahwa calon finansial advisor yang akan anda gunakan jasanya adalah seorang financial advisor yang telah mempunyai sertifikasi untuk melakukan pekerjaannya. Jangan sampai anda tertipu dan memilih calon financial advisor yang tidak mempunyai sertifikasi dan bisa menyebabkan saran serta nasihat perihal keuangan yang akan diberikan menjadi tidak terjamin.

3. Cari sesuai kebutuhan

Ada berbagai macam finansial advisor yang juga menyediakan berbagai macam jenis jasa. Maka dari itu, cobalah untuk mencari jenis financial advisor yang sesuai dengan kebutuhan yang anda miliki. Disamping itu, cobalah untuk menelusuri harga yang ditawarkan oleh tiap-tiap calon financial advisor. Jika biaya yang ditawarkan tidak sesuai dengan budget yang anda miliki, maka ada baiknya bagi anda untuk mencari financial advisor dengan harga yang lebih sesuai.

Sekian rangkuman mengenai financial advisor dari kitabisa.net , terima kasih telah berkunjung dan semoga bermanfaat!

sumber : pexels.com

Baca juga :

Tugas Staff Finance: Pengertian, Peran, Keterampilan dan Gajinya

Gaji Kerja di BUMN: Mulai dari Sektor Keuangan hingga Pertambangan

Pengertian Motivasi Belajar: Ciri, Alasan dan Contoh di Kehidupan Nyata

8 Tugas Kasir Indomaret Disertai Kualifikasi dan Gajinya

Tugas Operator Produksi: Pengertian, Keahlian dan Gajinya