brand identity design dan elemen

Brand Identity Adalah: Pengertian Brand Identity Design dan Elemen

Diposting pada 147 views

Brand Identity Adalah – Peranan brand identity tidak hanya penting untuk bisnis skala besar, bisnis skala kecil seperti UMKM juga perlu untuk menerapkannya agar bisnis dapat terus berkembang dan menarik pelanggan baru.

Artikel kali ini akan membawa kamu untuk memahami brand identity dan elemen-elemennya.  Yuk langsung simak aja artikelnya dan jangan lupa untuk menerapkan pada bisnis.


Apa itu Brand Identity?                                                             

Brand Identity atau Identitas Merek adalah wajah utama dari sebuah merek. Seperti yang kita ketahui, merek kaya akan penggambaran emosional bahkan filosofis dari sebuah produk. Identitas merek mencakup logo, tipografi, warna, kemasan dan pesan.

Adanya identitas merek akan menarik pelanggan baru dan juga mempertahankan pelanggan lama. Lebih dalamnya lagi, pelanggan akan merasa bahwa sebuah produk atau jasa menjadi rumah mereka. Nah disinilah yang kita sebut sebagai brand royalty.

Kemampuan brand identity untuk menimbulkan kesan emosional kepada pelanggan sangat kuat, oleh karenanya penting sekali untuk konsisten. Yap, perusahaan harus mampu menciptakan dan menyampaikan pesan merek yang sama di mana pun.

Apa itu Brand Identity Design?

Sebelumnya kita sudah memahami arti dari brand identity. Yap, brand identity adalah identitas yang diterapkan pada sebuah merek. Sedangkan brand identity design atau desain identitas merek adalah proses untuk mewujudkan brand identity meliputi pemilihan palet warna, pembuatan logo, tipografi dan masih banyak lagi.

Elemen Brand Identity Design

Brand identity design mampu menciptakan merek yang kuat, konsiten dan juga menarik. Nah untuk mewujudkannya ada beberapa elemen brand identity design yang perlu kamu terapkan. Yuk langsung simak aja elemen-elemen di bawah ini:

1. Buat Tujuan yang Jelas dari Brand Kamu

Tujuan dari sebuah brand terdiri dari brand purpose dan positioning. Kedua hal ini merupakan bagian yang paling utama dalam membangun desain identitas merek.

Brand purpose adalah alasan utama adanya merek. Positioning adalah target merek dan alasan mengapa produk kamu merupakan pilihan terbaik dibandingkan para pesaing. 

Dengan menentukan brand purpose dan positioning akan sangat memudahkan kamu dalam membuat logo, memilih palet warna dan keperluan brand identity design yang lain.

2. Riset Pasar Yang Menyeluruh

Brand purpose dan positioning yang kita bahas sebelumnya, perlu untuk di informasikan kepada pelanggan. Nah, riset pasar akan membantu kamu dalam menginformasikan kepada pelanggan, meskipun tidak secara keseluruhan.

Salah satu cara terbaik untuk melakukan riset pasar adalah berinteraksi  dengan beberapa orang. Kamu bisa menemui orang yang kamu kenal hingga orang yang kamu temukan secara acak, kemudian melakukan wawancara santai.

Namun, bila kamu mengalami kendala untuk terjun langsung ke lapangan wawancara melalui telepon juga bisa menjadi pilihan. Cara efektif melakukan riset pasar selanjutnya adalah kuisioner online,kamu bisa membuatnya dengan bantuan Google Form.

3. Logo yang Mudah Diingat

Logo adalah bagian dari brand identity yang paling banyak dilihat orang. Ketertarikan konsumen dengan produkmu juga ditentukan oleh logo yang menarik dan tentunya menimbulkan kesan emosional.

Banyak pertanyaan yang sering muncul, manakah yang harus di dahulukan logo atau merek? Sulit sekali untuk menjawab pertanyaan ini. Karena logo dan merek akan terus disempurnakan dan disesuaikan yang disebut dengan rebranding. Namun, pada umumnya jelas merek yang harus didahulukan, diikuti logo yang cocok dan saling melengkapi.

Coba kamu perhatikan ketiga logo di atas. Ketiganya sederhana dan langsung dikenali. Bahkan logo Coca-Cola yang paling rumit sekalipun, hanya terbuat dari sebuah garis lurus membentuk teks tanpa elemen grafis yang mengikutinya.

Pertimbangan saat membuat design logo merek adalah logo harus fleksibel agar terlihat di media apa pun mereka ditempatkan. Misalnya ditempatkan untuk papan iklan besar cocok sebagai ikon media sosial juga cocok.

4. Buat Tipografi Profesional

Dalam penerapan desain identitas merek, kamu perlu untuk memilih satu jenis font yang menonjol. Pilihlah font yang cocok digunakan pada logo dan warna yang sudah kamu tentukan. Bila kamu ingin lebih mudah dalam menemukan tipografi yang professional berikut beberapa aturan yang bisa kamu terapkan:

  1. Jangan mencampur lebih dari dua jenis font sekaligus.
  2. Lakukan kombinasi font yang kontras (seperti serif dan sans-serif).
  3. Pilih ukuran font dan panjang garis yang mudah dibaca.
  4. Jangan gunakan huruf besar semua untuk menekankan teks.

Namun, aturan di atas bisa juga tidak kamu terapkan bila kamu bisa mengkombinasikan font dengan cara yang lebih efektif.

 5. Sediakan Grafis Pendukung

Realita baru bahwa saat ini kita hidup di dunia digital di mana informasi akan lebih menarik bila dikemas secara visual. Langkah terakhir dalam menciptakan identitas merek adalah menyediakan semua sumber elemen grafis seperti aset desain, ikon dan foto. Hal ini akan memudahkan kita kedepannya untuk memastikan bahwa setiap email, konten media sosial dan pamflet promosi sesuai dengan standar yang telah dibuat.

Baca Juga Artikel Digital Marketing yang Lain:

Pengertian Kesadaran Merek: Tingkatan, Indikator dan Cara Meningkatkan

Corporate Identity Adalah : Pengertian dan Cara Membuat

Kesimpulan

Identitas merek adalah wajah utama dari sebuah merek. Kemudian, proses untuk mewujudkannya yang meliputi pemilihan palet warna, pembuatan logo, tipografi dan elemen design lainnya disebut desain indentitas merek.