pengertian corporate identity

Corporate Identity Adalah : Pengertian dan Cara Membuat

Diposting pada 739 views

Apa itu Corporate Identity? Sebuah pertanyaan yang diajukan seorang teman beberapa Minggu lalu.

Berkembangnya dunia bisnis hingga keinginan untuk belajar strategi digital marketing membuat topik yang berkaitan dengan bisnis banyak dibicarakan, tak jarang pebisnis diam-diam mempelajarinya secara online. Ya begitulah bisnis. Rancangan yang tidak main-main, diimbangi strategi marketing, kalau sudah berhasil mampu membantu orang lain.


Perusahaan apa mereka? Lalu apa visi mereka? Pertanyaan-pertanyaan ini akan terjawab dengan lugas bila perusahaan kamu sudah membangun identitas perusahaan

Corporate Identity (Identitas Perusahaan) mampu meyakinkan klien atau konsumen untuk bekerja sama dengan perusahaan kamu. Klien akan mendapatkan gambaran tentang value dari perusahaan kamu dan apa yang membedakannya dengan kompetitor.

Artikel kali ini akan mengulas pengertian corporate identity dan cara untuk membuatnya agar perusahaan makin dikenal dan klien makin percaya. Langsung aja simak artikel ini.

Pengertian Corporate Identity

Pengertian Corporate Identity

Dilansir dari Templafy Corporate Identity (Identitas Perusahaan) adalah bagaimana bisnis menampilkan dirinya ke dunia luar.

Selanjutnya Lucidpress juga berpendapat Identitas Perusahaaan merupakan cara bagaimana sebuah bisnis menampilkan dirinya di luar perusahaan misalnya, visual, desain template, warna merek, pedoman merek dan masih banyak lagi.

Sederhananya Identitas Perusahaan merupakan identitas yang membedakan antara satu perusahaan dengan perusahaan yang lain.

Pandangan luar terhadap bisnis kita sangatlah penting, seperti halnya first impression dalam pertemanan. Oleh karena itu, membangun identitas perusahaan sejak awal sangatlah penting hal ini akan memberikan alasan mengapa klien harus berbisnis dengan perusahaan kamu.

Namun, seringkali orang beranggapan bahwa corporate identity sama dengan brand identity, tetapi mereka jelas berbeda. Corporate identity merangkum bagaimana pelanggan atau klien memandang seluruh bisnis kamu.

Cara Membuat Corporate Identity

Membuat identitas perusahaan tidak bisa instan. Perlu perencanaan dan diskusi yang panjang tentang tujuan, visi misi, target perusahaan dan masih banyak lagi. Kamu bisa memulainya dengan mengikuti beberapa langkah awal yang perlu kamu pikirkan untuk membuatnya. Ini dia cara membuat corporate identity:

1. Buatlah Brand Positioning

Hal pertama yang kamu lakukan adalah membuat brand positioning. Brand positioning adalah proses memosisikan brand perusahaan di hati pelanggan. Kamu bisa membuat tulisan tentang brand positioning usaha kamu yang berisi janji, target dan manfaat dari perusahaan. Nah, tulisan ini lah yang menjadi landasan dalam membuat brand positioning perusahaan.

2. Rancang Brand Identity

Artikel sebelumnya kami sudah membahas brand identity. Silakan kamu mengunjunginya untuk mendapatkan pembahasan lengkapnya. Singkatnya brand identity adalah elemen-elemen yang diciptakan perusahaan agar tampil berbeda dari kompetitor sehingga menimbulkan persepsi unik atau khusus. Brand identity mencakup logo, tipografi, warna, kemasan dan pesan yang dan memperkuat reputasi merek.

Baca Juga : Brand Identity Adalah: Pengertian Brand Identity Design dan Elemen

3. Buat Brand Identity Design

Brand Identity Design merupakan pengaplikasian brand identity dalam bentuk visual. Di fase ini, perusahaan akan merancang warna merek, template, font dan grafis pendukung lain.

Nah cukup sekian artikel kami terkait Apa itu Corporate Identity dan Cara Membuatnya. Semoga bermanfaat bagi teman-teamn. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.