Mletre artinya

Arti Mletre Bahasa Jawa dan Contoh Kalimat

Diposting pada 15 views

Arti Mletre dalam Bahasa Jawa – Maraknya penggunaan sosial media menyebabkan beragam bahasa mulai dikenal oleh masyarakat umum. Bahasa yang dahulunya tidak pernah kita dengar, tiba-tiba populer. Dalam pergantian bulan sampai tahun banyak muncul bahasa-bahasa yang mendadak sering di dengar dan digunakan. Kita bisa menyebutnya bahasa gaul. Bahasa ini disebut gaul karena sedang banyak digunakan dalam komunikasi dan interaski.

Bahasa gaul bisa berasal dari bahasa asing atau daerah. Dalam penggunaannya bisa digunakan secara langsung tanpa mengubah kata atau dengan sedikit dimodifikasi.

Satu kata yang akhir-akhir ini populer di sosial media adalah kata mletre. Menurutmu apa arti kata mletre? Kalau kamu masih awam dengan arti kata mletre, di artikel kali ini kami akan membahas artinya agar kamu makin paham.

Apa Arti Mletre?

Kata mletre tidak terdapat dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) baik versi online maupun cetak.  Mletre berasal dari bahasa jawa.  Istilah mletre baru booming di tahun 2021 padahal dari dulu, kata ini sudah sering digunakan untuk komunikasi masyarakat jawa.

Arti kata mletre sangat beragam, tergantung pada penggunaan kata dan kondisi yang digambarkan. Kami akan mengupas beberapa arti kata mletre.

Pertama, mletre berarti sikap dan perilaku seseorang berdasarkan ego diri sendiri yang tidak menghargai orang lain. Kedua mletre berarti pacelathon, dimana pacelathon berarti pecakapan. Sehingga mletre juga bisa diartikan percakapan. Ketiga mletre berarti tumbang, bisa karena tidak sadar (pingsan) atau karena kelelahan.

Terdapat tiga deifinisi atau arti kata mletre di atas. Bahkan bisa jadi  penerapannya di masyarakat untuk berkomunikasi memiliki makna lebih banyak dari yang kami sebutkan di atas.

Secara umum mletre memiliki arti tidak menghargai orang lain dalam bersikap.

Penggunaan Kata Mletre dan Contoh Kalimat

Paling sering kata mletre digunakan dalam percakapan remaja sebaya. Selain itu untuk orang yang sudah tua kepada anak muda. Namun, jarang sekali digunakan anak muda kepada orang yang lebih tua karena terkesan tidak sopan.

Sama seperti kata lain dalam bahasa jawa, penggunaan disesuaikan dengan kondisinya. Namun, tetap saja setiap kata memiliki arti umum. Secara umum, mletre berarti tidak menghargai orang lain dalam bersikap atau mementingkan ego diri sendiri. Kami akan memberikan contoh penggunaan kata mletre agar makin memudahkan pemahamanmu.

  1. Dadi bocah ojo mletre yen diajak ngomong karo kanca. (Jadi anak jangan tidak menghargai bila diajak berbicara sama teman).
  2. Sikapmu sing mletre ngarai aku kudu nesu. (Sikapmu yang tidak menghargai membuat aku ingin marah).
  3. Bocah kuwi yen diajak diskusi mesti mletre, dheweke ora ngurokake tanggepan anggota liyane. (Anak itu bila diajak diskusi selalu sok tau, dia tidak mendengarkan tanggapan anggota lainnya)

Kesimpulan

Berdasarkan pengertian di atas dan beberapa referensi, secara umum mletre berarti sikap yang tidak menghargai orang lain.

Nah, itulah arti kata mletre dalam bahasa jawa dan penggunaanya dalam kehidupan sehari-hari. Semoga artikel ini mampu menambah kosa kata baru untuk teman-teman. Nantikan arti kata menarik lainnya di KitaPunya.

Temukan arti kata lainnya di kitapunya.net : Kumpulan Arti Kata

Kawak
Impresif
Dahaga
Insight