Contoh perpindahan panas konveksi

Contoh Perpindahan Panas Konveksi dan Apa Itu Konveksi?

Diposting pada 152 views

Pernahkah kamu melihat air yang direbus kemudian timbul pergerakan air ketika sudah mulai panas? Peristiwa ini merupakan contoh terjadinya perpindahan panas secara konveksi

Perpindahan panas secara konveksi biasanya terjadi pada benda cair atau gas.  Pada proses perpindahan kalor secara konveksi, diikuti oleh perpindahan molekul yang ada pada benda cair atau gas.

Nah, sekarang kita akan belajar apa itu konveksi dilengkapi dengan contoh perpindahannya dalam kehidupan sehari-hari. Langsung aja baca artikel ini untuk menemukan insight baru.

Arti Konveksi

Konveksi artinya perpindahan panas melalui aliran yang  diikuti oleh perpindahan zat perantaranya.

Dilansir dari KBBI arti konveksi adalah gerak udara, air, atau cairan lain dengan arah vertikal. Arti lainnya dari konveksi merupakan peristiwa gerakan benda cair atau gas karena adanya perbedaan suhu dan tekanan.

Dari beberapa pengertian di atas, secara umum konveksi adalah perpindahan panas yang diikuti dengan berpindahnya materi (benda) tersebut.

Contoh Perpindahan Panas Konveksi

Perpindahan panas secara konveksi dalam kehidupan sehari-hari sering kita temukan. Adanya perbedaan tekanan pada zat cair dan gas menyebabkan materi berpindah dari suhu yang lebih panas ke area yang lebih rendah. Untuk memudahkan kamu dalam memahami peristiwa konveksi, di bawah ini kami sajikan contohnya dalam kehidupan sehari-hari:

1. Peristiwa Memasak Air

Saat teman-teman memasak air coba perhatikan adanya butir-butir yang terlihat bergerak. Ketika air dipanaskan, partikel-partikel air yang berada di bagian bawah akan mengalami kenaikan suhu karena telah menerima kalor terlebih dahulu. Sedangkan partikel-partikel air yang berada di bagian atas permukaan masih dingin.

Partikel-partikel air yang telah menerima kalor akan bergerak naik ke atas. Sehingga, partikel air yang dingin akan berada di bawah dan menerima kalor sampai suhunya lebih tinggi dari bagian atas. Kemudian partikel pada bagian bawah yang memiliki suhu lebih tinggi akan bergerak atas, dan yang di atas karena suhu lebih rendah akan turun. Proses ini terjadi berulang-ulang sampai air mendidih.

2. Segelas Teh Panas

Ketika kamu menyajikan teh panas, kemudian kamu membiarkannya agar suhu teh menurun dan bisa dinikmati, disitulah terjadi proses konveksi. Bagaimana prosesnya?

Suhu pada segelas teh hangat lebih tinggi dibandingkan suhu sekitarnya. Akibatnya, panas akan menguap dan suhu pada segelas teh akan menurun. Perpindahan panas dapat kamu lihat dari timbulnya uap dari segelas teh yang menunjukkan perpindahan uap panas dari gelas teh ke udara sekitarnya.

3. Terjadinya Peristiwa Angin Darat dan Angin Laut

Ketika malam hari,  tekanan udara di daratan lebih tinggi dibandingkan di laut sehingga udara bergerak dari darat ke laut. Peristiwa perpindahan udara dari darat ke laut inilah yang disebut angin darat.

Sedangkan pada siang hari, tekanan udara di laut lebih tinggi dibandingkan di daratan yang menyebabkan udara bergerak dari laut ke darat. Peristiwa perpindahan udara dari laut ke darat inilah yang disebut angin laut.

Peristiwa inilah yang dimanfaatkan nelayan untuk bepergian ke laut pada malam hari dan pulang ke daratan di pagi hingga siang hari.

Okey teman-teman itulah artikel tentang arti konveksi dan contoh perpindahan panas yang terjadi. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Temukan arti kata lainnya di kitapunya.net :