Barang konduktor

Pengertian Konduktor dan Contoh Barang Konduktor

Diposting pada 2 views

Pengertian konduktor, contoh barang konduktor, contoh kalimat konduktor – Artikel kitapunya edisi arti kata dan contoh kalimat, kembali lagi di sesi kalimat dari kata konduktor.

Istilah konduktor pada masa sekolah, sering kita temui di pelajaran IPA. Dalam fisika konduktor adalah bahan atau benda yang mudah menghantarkan panas.  Kalau dalam listrik atau elektro, konduktor adalah bahan yang mudah menghantarkan arus listrik.

Konduktor berkebalikan dengan isolator. Isolator adalah bahan yang mencegah arus listrik. Sedangkan konduktor berfungsi untuk menghantarkan arus listrik dengan mudah cepat.

Lalu, sebenarnya apa itu konduktor? Di artikel kali ini akan mengulas secara detail pengertian konduktor. Tak lupa juga kami sajikan contoh barang konduktor dan contoh kalimat dari kata konduktor, agar pemahaman teman-teman makin bertambah. Yuk langsung cek aja!

Pengertian Konduktor

Konduktor memiliki keterkaitan dengan listrik (elektro) dan panas (kalor). Dalam ilmu elektro, konduktor adalah material atau bahan yang mudah menghantarkan arus listrik.  Dalam ilmu fisika terkait kalor, konduktor adalah benda-benda yang bisa menghantarkan panas dengan mudah dan cepat.

Dilansir dari KBBI arti konduktor adalah benda atau bahan penghantar panas, arus listrik, atau suara.

Pengertian Bahan Konduktor

Bahan konduktor adalah bahan yang dapat menghantarkan panas dengan baik. Gaya tarik antara elektron pada kulit terluar dengan inti atomnya sangat lemah, sehingga apabila ujung-ujung konduktor dihubungkan dengan tegangan kecil saja, elektron akan bergerak bebas sehingga mendukung terjadinya aliran elektron yang memicu arus listrik.

Bahan-bahan yang termasuk konduktor banyak digunakan sebagai penyusun peralatan listrik dan elektronik. Contoh bahan konduktor panas dan listrik yang baik diantaranya logam, tembaga, besi, perak, dan aluminium.

Contoh Barang Konduktor

Barang-barang konduktor yang sering kita temui.

Barang konduktor atau benda konduktor terbuat dari bahan konduktor seperti yang telah disebutkan diatas.

Mencari barang konduktor di sekitar kita tidaklah sulit. Kita dapat menemukannya di lingkungan sekitar, bahkan barang-barang konduktor ini sering kita gunakan sehari-hari.

Lalu, kira-kira bagaimana teman-teman membedakan barang konduktor dan isolator?. Untuk membedakannya, coba letakkan barang-barang tersebut di bawah sinar matahari atau api yang menyala. Bila barang tersebut mudah panas maka dia termasuk barang konduktor.

Nah, di bawah ini kami sajikan contoh barang konduktor di kehidupan sehari-hari:

1. Panci, Wajan, dan Teko

Panci, wajan dan teko pasti sudah sering teman-teman lihat bahkan gunakan untuk memasak. Barang-barang ini digunakan untuk memasak karena mudah menghantarkan panas atau konduktor. Biasanya benda-benda ini terbuat dari logam.

2. Loyang Kue

Loyang kue juga termasuk barang konduktor. Bahan yang digunakan untuk membuat loyang kue biasanya terbuat dari alumunium, akibatnya loyang mudah panas. Coba bayangkan bila loyang kue terbuat dari kayu, pasti kue tidak akan matang.

3. Setrika

Setrika terbuat dari bahan konduktor dan isolator. Bahan konduktor terletak pada logam bagian bawah setrika yang terbuat dari besi. Logam tersebut berfungsi untuk menghantarkan panas.

Sedangkan pada bagian atas setrika terdapat pegangan yang tidak terasa panas saat dipegang. Karena terbuat dari plastik yang merupakan bahan isolator.

Kalimat dari Kata Konduktor

Untuk teman-teman agar makin memudahkan dalam belajar, kami menyediakan beberapa contoh kalimat dari kata konduktor sebagai berikut:

  1. Salah satu bahan konduktor yang umum digunakan adalah tembaga.
  2. Bahan konduktor mampu menghantarkan energi listrik dengan sangat mudah.
  3. Benda yang memiliki sifat sebagai konduktor panas digunakan dalam peralatan yang membutuhkan penghantaran panas atau arus listrik.
  4. Bahan konduktor pada setrika terletak pada logam bagian bawah yang terbuat dari besi.
  5. Panci tersusun dari materi konduktor sehingga panas  dari sumber panas tidak mudah keluar dari panci.

Kesimpulan

Okey teman-teman, konduktor memiliki dua pengertian berdasarkan keterkaitannya dengan listrik dan panas. Berkaitan dengan panas, konduktor adalah bahan atau benda yang mudah menghantarkan panas.  Kemudian berkaitan dengan listrik, konduktor adalah bahan atau benda yang mudah menghantarkan listrik.

Temukan arti kata lainnya di kitapunya.net : Kumpulan Arti Kata

Pengertian Isolator