Gontai adalah

Arti Kata Gontai dan Contoh Kalimat Lengkap

Diposting pada 5 views

Arti Kata Gontai dan Contoh Kalimat Lengkap – “Nenek Mirna berjalan dengan langkah gontai karena badannya lemas menahan sakit.” Begitulah salah satu contoh kalimat yang menggambarkan seorang nenek berjalan dengan lemas karena tubuhnya menahan sakit.

Kata gontai masih jarang digunakan pada obrolan sehari-hari, namun jangan salah pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di sekolah para siswa diminta untuk mencari tahu arti kata gontai dan membuat kalimat dari kata gontai. Nah, para guru ingin mengetahui sejauh mana pemahaman arti kata para muridnya. Menurut teman-teman apa arti kata gontai?  Yuk simak arti dan pembahasan lengkapnya di artikel ini.

Gontai Adalah

Dilansir dari KBBI arti kata gontai adalah lambat (dari yg lain); perlahan-lahan dan agak terhuyung-huyung (karena lemah dan sebagainya); lembam.

Dari pengertian di atas, secara umum arti kata gontai adalah lambat atau pelan. Biasanya kata gontai paling banyak digunakan untuk menggambarkan seseorang yang berjalan secara perlahan karena kesakitan dan membawa beban yang berat.

Langkah Gontai

Apakah teman-teman pernah menemukan seorang nenek tua yang berjalan perlahan? Atau seorang pedagang keliling yang terlihat sulit mendorong gerobaknya karena terlalu berat?

Langkah gontai menggambarkan seseorang yang melangkah atau berjalan dengan lambat karena mengalami kesulitan yang disebabkan karena sakit pada tulang, usia yang renta dan membawa beban berat dari yang seharusnya. Bahkan sakit atau beban yang ditanggungnya menyebabkan seseorang tersebut keringatnya bercucuran.

Sinonim Gontai

Gontai secara umum berarti lambat atau pelan. Persamaan kata gontai antara lain goyang, limbung, lamban dan lunglai. Kamu bisa menggunakan sinonim kata tersebut pada kalimat dengan menyesuaikan arti kalimat secara keseluruhan.

Antonim Gontai

Sama seperti kata lain dalam Bahasa Indonesia, gontai juga memiliki lawan kata. Kira-kira apa lawan kata gontai menurut teman-teman? Cepat? Yap, betul. Gontai memiliki beberapa lawan kata antara lain: segar dan cekatan.

Kalimat Yang Menggunakan Kata Gontai

Setelah kita memahami arti kata, sinonim dan antonim dari kata gontai. Nah, sekarang mari kita berlatih membuat kalimat dengan kata gontai. Berikut beberapa contoh kalimat yang menggunakan kata gontai:

  1. Setelah mendengar kabar kerabatnya meninggal, Santi berjalan dengan gontai.
  2. Pemuda itu mendorong sepeda tua dengan gontai karena perjalanan yang amat jauh.
  3. Bapak Misna tetap mendorong gerobaknya dengan penuh harap, meskipun langkah kakinya gontai.
  4. Tanjakan gunung yang curam dan suasana malam yang dingin membuat kelompok pendaki berjalan dengan gontai.
  5. Sejak pagi hari, Ibu Nanda melangkah dengan gontai menyusuri sungai untuk mengumpulkan barang-barang bekas.
  6. Setelah sekian lama merdeka, kini kehidupan bergerak dengan gontai tanpa semangat perjuangan seperti yang dilakukan oleh para pahlawan.

Nah, itulah arti kata gontai dan contoh kalimat lengkap. Bila teman-teman menemui seorang pedagang yang tampak berjalan dengan gontai, kamu bisa membantunya dengan membeli dagangannya loh. Sampai jumpa di artikel KitaPunya selanjutnya dan semoga bermanfaat.

Temukan arti kata lainnya di kitapunya.net : Kumpulan Arti Kata