contoh kalimat dari kata dicanangkan

Contoh Kalimat dari Kata Dicanangkan dan Arti Kata

Diposting pada 18 views

Arti Kata Dicanangkan dan Contoh Kalimat –  ”Telah Dicanangkan Sebagai Kota Bebas Pungli Kabupaten Kotawaringin Barat….” salah satu judul berita yang kami dapatkan melalui media online di internet.

Kalau kita amati kata dicanangkan banyak digunakan di judul berita online. Tidak hanya itu, kalau teman-teman sering mendengarkan siaran berita di televisi kata ini juga sering kita temui.

Berdasarkan pengamatan kami, kata ini sering ditemui pada berita yang berisi pengumuman atau rencana program yang akan diselenggarakan. Lalu, apa sebenarnya arti kata dicanangkan? Artikel kali ini akan mengulas beberapa contoh kalimat dengan kata dicanangkan diikuti oleh arti katanya. Yuk kita simak sama-sama.

Arti Kata Dicanangkan

Dicanangkan berasal dari kata dasar canang. Menurut KBBI arti dari canang adalah gong kecil (untuk memberi alamat, menguar-uarkan pengumuman, dan sebagainya).

Dalam KBBI tidak ditemukan arti kata dicanangkan. Namun, berdasarkan penggunaannya pada beberapa kalimat, dicanangkan artinya dilakukan, digunakan dan direncanakan.

Selain kata dicanangkan, kata canang juga membentuk  kata mencanangkan. Arti kata mencanangkan adalah menguar-uarkan, mempermaklumkan kepada, mempropagandakan dan menggembar-gemborkan.

Kalau kita amati dalam komunikasi sehari-hari secara langsung atau berita kata dicanangkan bermaksud untuk menggambarkan ide yang belum terealisasi atau ide yang sudah berwujud nyata kepada masyarakat.

Dicanangkan dan mencanangkan memiliki makna yang hampir sama yaitu ide yang belum atau sudah dilakukan dan disampaikan kepada orang lain. Dicanangkan berperan sebagai  kata kerja pasif sedangkan mencanangkan sebagai kata kerja aktif.

Sinonim Kata Dicanangkan

Sebelumnya, kita sudah memahami arti kata dicanangkan adalah sesuatu yang dilakukan atau digunakan. Sinonim dari kata dicanangkan adalah diceritakan, ditebarkan, diumumkan, disiarkan dan dikumandangkan.

Sebagian besar arti kata dicanangkan menggambarkan ide atau kejadian yang diumumkan agar orang lain juga mengetahui hal tersebut.

Antonim Kata Dicanangkan

Bila arti dicanangkan secara umum adalah dilakukan dan direncanakan yang kemudian diumumkan kepada orang lain. Maka antonim dicanangkan adalah disembunyikan.

Contoh Kalimat dari Kata Dicanangkan        

  1. Desa Soditan dicanangkan sebagai desa sadar kerukunan oleh Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah.
  2. Stasiun Tugu Yogyakarta dicanangkan menjadi kawasan wajib vaksin Covid-19.
  3. Lembaga layanan pendidikan tinggi wilayah XI Kalimantan dicanangkan sebagai wilayah Zona Integritas (ZI) menuju wilayah bebas dari korupsi.
  4. Desa Pendowoharjo dicanangkan sebagai desa sadar kerukunan.
  5. Beasiswa bidikmisi adalah beasiswa yang dicanangkan pemerintah Indonesia yang diperuntukkan bagi kalangan kurang mampu namun harus berprestasi.
  6. Program Indonesia terang dicanangkan di pelosok pegunungan Provinsi Papua Barat.
  7. Program Sejuta Rumah dicanangkan oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Kesimpulan

Berdasarkan pengertian di atas dan beberapa referensi, secara umum dicanangkan berarti sesuatu yang dilakukan atau digunakan.

Nah itulah arti kata dicanangkan dan contoh kalimatnya. Semoga artikel ini mampu menambah insight dan kosakata baru bagi teman-teman. Sampai bertemu lagi di artikel KitaPunya selanjutnya. 

Temukan arti kata lainnya di kitapunya.net : Kumpulan Arti Kata