7 Tips memulai bisnis buat anda yang masih sekolah/kuliah

7 Tips memilih bisnis buat anda yang masih sekolah/kuliah - Bisnis memang bisa dilakukan oleh siapa saja dan kapan saja. Tidak ada batasan umur dalam melakukan sebuah bisnis, mau tua, muda sampai anak-anak sekalipun memiliki peluang yang sama untuk bisa memperoleh kesuksesan dalam bisnis. Memang, sekarang ini sering kita jumpai banyak remaja yang sudah memulai menjalankan bisnis, malahan sudah ada yang sukses diusianya yang masih terbilang muda. Itu adalah suatu awal yang bagus untuk mereka kedepannya, karena saat dewasa nanti mereka sudah mengerti dan sudah memiliki dasar yang kuat tentang bisnis.

Nah bagi para pemuda yang belum memulai bisnis dan memiliki rencana untuk berbisinis, kali ini saya mau berbagi sebuah artikel yaitu Tips bisnis untuk kamu yang masih sekolah. Tips yang akan saya berikan ini pastinya tips yang sudah terbukti karena saya dahului dengan riset terlebih dahulu, jadi kemungkinan besar Anda akan terbantu dengan artikel dari saya ini.

7 Tips memulai bisnis buat anda yang masih sekolah/kuliah

7 Tips memulai bisnis buat anda yang masih sekolah/kuliah
7 Tips memulai bisnis buat anda yang masih sekolah/kuliah

1. Pilih bisnis yang sesuai dengan minat dan bakat anda

Nah tips buat kamu yang masih sekolah dan ingin mulai bisnis yang pertama adalah menentukan passion Anda. Dengan menjalankan sebuah bisnis yang sesuai dengan passion Anda, maka Anda akan lebih nyaman dan merasa senang menjalani bisnis tersebut. Itu adalah hal utama yang paling penting yaitu menjalankan bisnis sesuai bakat minat. Dengan begitu, Anda bisa mengexplore lebih dalam lagi diri Anda dan seperti apa karakteristik Anda.

2. Pilih Bisnis yang tidak mengganggu belajar
Setelah menentukan ide bisnis yang ingin Anda lakukan, tips selanjutnya adalah dengan mengatur waktu supaya bisnis yang Anda lakukan tidak menggangu belajar Anda. Dalam hal ini, Anda harus pintar-pintar untuk mengatur waktu antara fokus pada pelajaran dan fokus pada bisnis Anda. Saran dari saya, kerjakanlah proyek Anda saat weekend atau saat tidak ada tugas sekolah. Dengan begitu, pelajaran Anda tidak akan terganggu dan bisnis Anda dapat terus berjalan.

3. Pilih bisnis yang tidak memerlukan banyak modal

Tips memulai bisnis bagi anak sekolahan selanjutnya yaitu tidak membutuhkan banyak modal. Anda bisa mencari cara untuk meminimalkan pengeluaran atau modal awal saat memulai bisnis Anda. Jangan terlalu banyak mengeluarkan modal terlebih dulu, karena Anda masih dalam tahap belajar. Mulailah dari hal yang kecil, nah setelah hal yang kecil Anda kuasai, Anda bisa lanjut lagi untuk membesarkan bisnis Anda.

4. Cari teman yang sudah pernah menjalani bisnis

Nah saat Anda memulai sebuah bisnis, usahakan untuk mencari rekan atau teman yang mau membantu Anda mengelola bisnis tersebut. Dengan adanya partner, maka Anda bisa saling bertukar pendapat mengenai langkah apa yang baik untuk diambil supaya bisnis yang Anda lakukan bisa berkembang. Anda bisa mencari partner teman sekelas Anda, atau tetangga Anda yang memiliki hobi yang sama dengan Anda, misalnya Anda ingin membuka usaha sepatu futsal, Anda bisa mengajak teman Anda yang ikut ekstrakurikuler futsal karena pasti dia sedikit banyaknya paham seputar sepatu.

Setelah anda menentukan bisnis anda, lakukanlah dan praktikkanlah. Kuasai ilmunya dan fokuslah. Ingat apa yang harus anda lakukan.. Action. Apa? Action. Apa?

ACTION !!

5. Jalin relasi yang baik antar pebisnis lain

Tips selanjutnya bagi Anda yang baru memulai berbisnis adalah dengan menjalin hubungan dengan banyak orang. Dengan relasi yang erat tersebut, Anda bisa lebih mengerti kebutuhan mereka dan Anda juga bisa mengambil pelajaran dari mereka untuk mengembangkan bisnis Anda. Cari hubungan relasi dengan orang yang tepat, misalnya Anda berbisnis dalam bidang olahraga, maka jalinlah relasi yang baik dengan orang-orang yang suka berolahraga. Saat menjalin relasi tersebut, usahakan untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya, gunanya adalah untuk mengembangkan bisnis Anda.

6. Jangan malu

Ya, yang menjadi penghambat seorang pelajar untuk berbisnis adalah malu. Biasanya mereka akan sedikit malu, dan canggung kalau masalah bisnis. Nah, bagi anda yang sekarang akan mulai bisnis saya sarankan jangan malu. Karena tidak ada hal yang malu-maluin dalam berbisnis, bahkan berbisnis menjual celana dalam pun, tidak malu-maluin. Karena semua orang pasti memerlukan celana dalam. Ingat kalau ada peluang, kita punya dua pilihan. Pilihan pertama kita manfaatkan itu peluang, dan yang kedua kita biarkan orang lain mengambil peluang itu. Sekarang coba bayangkan kalau peluang itu emas, apakah anda tidak menyesal?

7. Mau belajar, kerja keras dan pantang menyerah

Umumnya seorang pelajar atau mahasiswa mempunyai pengalaman yang kurang terkait hal wirausaha. Tapi jangan jadikan hal itu sebagai penghalang, justru jadikanlah sebagai motivasi agar anda terus belajar. Lakukanlah sebaik mungkin, kerja keras dan jangan mudah putus. asa. Pasti deh, kalau sudah rezekinya usaha anda akan sukses dengan sendirinya.

Nah saya rasa itu dia 5 tips buat kamu yang masih sekolah dan ingin mulai bisnis, semoga bermanfaat dan silahkan langsung dipraktekan ya.
Load disqus comments

0 comments