ide usaha sampingan

17 Ide Usaha Sampingan Dengan Modal 2 Jutaan

Diposting pada 3,923 views

17 Ide Usaha Sampingan – Anda memiliki modal uang 2 juta dan ingin mencoba memulai sebuah usaha? Jangan khawatir, saat ini banyak peluang usaha yang hanya bermodalkan uang 2 jutaan bahkan kurang dari itu. Biasanya, masalah modal menjadi kendala utama bagi seseorang untuk memulai sebuah usaha. Namun, saat ini banyak usaha sampingan yang dapat Anda jalankan meski dengan modal pas-pasan.  

Terdapat 8 ide usaha sampingan dengan modal 2 jutaan yang dapat Anda pilih untuk menambah pemasukan. Apa sajakah kedelapan ide usaha sampingan tersebut? Untuk mengetahui jawabannya, mari kita lihat daftarnya di bawah ini!  

8 Ide Usaha Sampingan Dengan Modal 2 Jutaan

1. Membuat Parcel Wisuda

Wisuda merupakan suatu momen yang akan terjadi sepanjang tahun. Biasanya, saudara, teman, ataupun keluarga akan memberikan parcel wisuda kepada wisudawan maupun wisudawati. Jadi, bagi Anda yang memiliki kreativitas, bisnis ini patut untuk Anda coba. Buatlah sebuah parcel wisuda semenarik mungkin sehingga akan banyak orang yang tertarik untuk membelinya.  

2. Berjualan Jus Buah

Pola hidup sehat saat ini sedang digalakkan di kalangan masyarakat Indonesia. Mereka akan memilih makanan maupun minuman yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Membuka usaha sampingan jus  buah dapat menjadi pilihan yang tepat dengan modal 2 jutaan yang Anda miliki. Biasanya, masyarakat akan cenderung membeli daripada membuat jus sendiri di rumah.  

3. Jasa Catering Rumahan

Tidak sedikit para pengusaha yang meraih kesuksesan dengan menjalankan usaha catering rumahan. Jadi, Anda juga dapat mencoba peluang usaha yang satu ini untuk mengikuti keberhasilan mereka. Dengan keahlian memasak yang Anda miliki dan kemampuan untuk menciptakan menu makanan baru yang sehat dan lezat tentu akan menjadi nilai lebih bagi Anda.  

Terdapat berbagai jenis catering yang dapat Anda pilih misalnya catering untuk acara khusus, catering karyawan, catering untuk anak, catering makanan sehat, catering diet, ataupun catering vegetarian. Sesuaikan jenis catering yang Anda pilih dengan situasi di lingkungan Anda sehingga persentase pemesanan bisa optimal.  

4. Makanan Ringan Unik

Makanan ringan sering dijadikan sebagai teman dalam melakukan berbagai aktivitas baik saat menonton bola, menonton film, mengerjakan tugas, mengobrol bersama sahabat, ataupun sekedar bersantai dengan keluarga. Ini bisa menjadi peluang usaha yang cukup menjanjikan untuk Anda jalankan.  

Anda dapat membuat makanan ringan unik yang belum pernah ada sebelumnya. Hal ini biasanya mampu menarik banyak pelanggan karena mereka penasaran ingin mencoba. Masyarakat cenderung memilih sesuatu yang baru yang memang belum pernah mereka coba. Begitu juga saat memilih makanan ringan untuk teman mereka beraktivitas.  

5. Membuat Jajanan Anak

Sebagai orang tua, pastinya Anda menginginkan jika anak Anda membeli jajanan yang menyehatkan. Tidak sedikit jajanan anak yang beredar memiliki risiko tidak baik bagi kesehatan mereka. Anda dapat mencoba membuat jajanan yang menarik bagi anak serta menyehatkan mereka. Bentuk yang menarik serta rasa yang lezat biasanya lebih disukai oleh anak-anak.  

6. Jualan salad buah

Tren hidup sehat saat ini memang sedang menjamur di kalangan masyarakat Indonesia. Hal ini terbukti dari banyaknya permintaan pasar terhadap makanan sehat termasuk salad buah. Untuk membuat salad buah, biasanya Anda harus menyiapkan berbagai jenis buah-buahan beserta saosnya. Bagi orang yang sibuk, mungkin mereka tidak akan telaten membuatnya.  

Mereka akan lebih memilih membeli salad buah karena lebih mudah dan simpel. Jadi, usaha sampingan ini bisa Anda jadikan sebagai alternatif yang tepat untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Dengan modal 2 jutaan, Anda sudah bisa menjalankan peluang usaha ini.  

7. Menjual Baju Murah

Membuka usaha jual baju murah sebagai usaha sampingan memang patut untuk Anda coba. Anda dapat menjual berbagai jenis baju yang sedang tren saat ini untuk meningkatkan omset penjualan. Masyarakat biasanya selalu mengikuti mode yang sedang trend. Katakanlah saja baju LOL yang saat ini sedang banyak diminati anak-anak.  

Hal ini tentu akan meningkatkan omset penjualan Anda jika menyediakan berbagai jenis baju LOL dengan harga murah. Anda dapat memulai bisnis ini secara online sehingga tidak membutuhkan modal yang besar.  

8. Membuat Kerajinan

Diperlukan keahlian khusus agar Anda dapat membuat suatu kerajinan yang disukai banyak orang. Jadi, Anda harus terus melakukan inovasi dan kreativitas agar kerajinan yang Anda buat dapat menarik minat pelanggan. Tidak sedikit pengusaha yang sukses berawal dari menjalankan usaha sampingan membuat kerajinan. Kerajinan yang mereka buat mampu mencapai pasar internasional karena memiliki nilai estetika tinggi.

9. Waralaba makanan dan minuman

Salah satu usaha sampingan yang cukup populer dan mudah dijalankan adalah waralaba makanan dan minuman. Anda bisa memilih berbagai jenis produk, seperti kopi, teh, es krim, bakso, martabak, dan lain-lain. Biasanya, waralaba makanan dan minuman sudah menyediakan paket kerjasama yang termasuk booth, peralatan, bahan baku, dan pelatihan. Anda hanya perlu menyediakan tempat dan tenaga kerja untuk menjalankan usaha ini.

10. Katering

Jika Anda memiliki kemampuan memasak yang baik dan menyukai kegiatan di dapur, Anda bisa mencoba usaha sampingan katering. Anda bisa menawarkan layanan katering untuk berbagai acara, seperti pesta, rapat, seminar, atau sekadar makan siang atau malam. Anda bisa menyesuaikan menu dan harga sesuai dengan permintaan pelanggan. Usaha ini bisa dimulai dengan modal di bawah 2 juta rupiah untuk membeli bahan baku dan peralatan masak.

11. Kursus privat

Bagi Anda yang memiliki keahlian atau hobi tertentu, seperti bahasa asing, matematika, musik, menggambar, atau lainnya, Anda bisa membuka usaha sampingan kursus privat. Anda bisa mengajar di rumah Anda sendiri atau datang ke rumah murid Anda. Anda juga bisa menentukan jadwal dan tarif sesuai dengan kesepakatan. Usaha ini tidak membutuhkan modal besar, hanya perlu papan tulis, spidol, penghapus, dan buku-buku referensi.

12. Jualan pulsa dan paket data

Usaha sampingan yang satu ini sangat cocok untuk Anda yang ingin berbisnis tanpa harus memiliki toko fisik. Anda bisa menjual pulsa dan paket data secara online melalui media sosial atau aplikasi chat. Anda hanya perlu mendaftar sebagai agen pulsa di salah satu server pulsa terpercaya dan melakukan deposit awal sekitar 1-2 juta rupiah. Kemudian, Anda bisa mulai menjual pulsa dan paket data dengan harga bersaing.

13. Reseller pakaian dan aksesoris

Jika Anda suka berbelanja dan mengikuti tren fashion, Anda bisa mencoba usaha sampingan reseller pakaian dan aksesoris. Anda bisa membeli produk-produk fashion dari supplier atau produsen dengan harga grosir dan menjualnya kembali dengan harga eceran. Anda bisa memanfaatkan media online, seperti marketplace atau media sosial untuk mempromosikan produk-produk Anda. Usaha ini juga tidak membutuhkan modal besar, cukup 2 juta rupiah untuk membeli stok awal.

14. Jualan jajanan pasar

Jajanan pasar adalah makanan ringan tradisional yang selalu laris manis di pasaran. Anda bisa membuat berbagai jenis jajanan pasar, seperti pastel, risol, kue cubit, klepon, onde-onde, dan lain-lain. Kemudian, Anda bisa menjualnya dalam bungkusan kecil atau kiloan di toko-toko terdekat atau secara online. Usaha ini juga tidak memerlukan modal besar, cukup 2 juta rupiah untuk membeli bahan baku dan peralatan membuat kue.

15. Jualan nasi uduk, nasi kuning, atau nasi goreng

Nasi uduk, nasi kuning, dan nasi goreng adalah menu sarapan favorit banyak orang. Anda bisa membuka usaha sampingan jualan nasi uduk, nasi kuning, atau nasi goreng di depan rumah Anda atau di tempat-tempat strategis lainnya. Usaha ini juga tidak membutuhkan modal besar, cukup 2 juta rupiah untuk membeli beras, lauk-pauk, minyak goreng, bumbu-bumbu, dan peralatan masak.

16. Jualan tanaman hias

Tanaman hias adalah salah satu produk yang sedang naik daun saat ini. Banyak orang yang tertarik untuk membeli tanaman hias untuk menghias rumah atau kantor mereka. Anda bisa membuka usaha sampingan jualan tanaman hias dengan modal 2 juta rupiah saja. Anda bisa membeli bibit tanaman hias dari petani atau penjual online dengan harga murah dan menjualnya kembali dengan harga lebih tinggi. Anda juga bisa menambahkan nilai tambah dengan memberikan pot cantik atau aksesoris lainnya.

17. Jualan snack impor

Snack impor adalah produk yang banyak dicari oleh para pecinta camilan manis atau asin dari luar negeri. Anda bisa membuka usaha sampingan jualan snack impor dengan modal 2 juta rupiah saja. Anda bisa membeli snack impor dari supplier atau importir dengan harga grosir dan menjualnya kembali dengan harga eceran. Anda bisa memilih berbagai jenis snack impor dari berbagai negara, seperti Korea Selatan, Jepang, Thailand, Amerika Serikat,

Tips Memulai Usaha Sampingan dengan Modal 2 Jutaan

Banyak orang yang bermimpi untuk memiliki usaha sendiri, tetapi terkendala oleh modal yang terbatas. Padahal, modal bukanlah segalanya dalam berbisnis. Dengan kreativitas, inovasi, dan strategi yang tepat, kita bisa memulai usaha dengan modal yang minim, bahkan hanya 2 juta rupiah saja.

Berikut ini adalah beberapa tips memulai usaha dengan modal 2 juta rupiah yang bisa kamu coba:

1. Pilih usaha yang bisa dilakukan di rumah

Salah satu cara untuk menghemat modal adalah dengan memanfaatkan ruang di rumah sebagai tempat usaha. Misalnya, jika kamu memiliki keahlian memasak, kamu bisa membuka katering makan siang atau jualan kue dan camilan. Kamu bisa mempromosikan usaha kamu melalui media sosial atau aplikasi pesan antar.

Jika kamu tidak bisa masak, kamu bisa menjadi reseller produk makanan, baju, atau barang lainnya yang sedang tren. Kamu hanya perlu mencari supplier yang menawarkan harga murah dan berkualitas, lalu menjualnya kembali dengan menambahkan margin keuntungan. Kamu juga bisa memanfaatkan jasa pengiriman online untuk mengirimkan barang ke pelanggan.

Jika kamu memiliki kemampuan mengajar yang baik, kamu bisa membuka kursus online. Kamu hanya perlu modal internet, headset, dan sejumlah peralatan tulis jika diperlukan. Kamu bisa menawarkan materi atau topik pembelajaran yang banyak dibutuhkan, misalnya kursus bahasa asing, komputer, atau digital. Kamu bisa menggunakan platform online seperti Zoom, Google Meet, atau YouTube untuk mengajar.

2. Lakukan riset pasar

Sebelum memulai usaha, kamu perlu melakukan riset pasar untuk mengetahui apa yang sedang dicari atau dibutuhkan konsumen serta melihat tren pasar. Tujuannya adalah untuk menentukan produk atau jasa yang akan kamu tawarkan serta menetapkan harga yang sesuai.

Riset pasar bisa dilakukan dengan berbagai cara, misalnya dengan bertanya-tanya atau membuka polling di media sosial, melihat komentar atau review di situs online, atau sekadar bertanya ke tetangga atau teman. Kamu juga bisa melihat usaha apa yang masih jarang dijual di daerahmu dan manfaatkan kesempatan itu.

3. Cari bahan baku murah tapi berkualitas baik

Untuk usaha yang berhubungan dengan makanan atau minuman, tentunya kamu butuh bahan baku untuk pembuatannya. Dengan modal 2 juta rupiah, sebaiknya cari supplier yang dapat menyediakan bahan berkualitas baik dengan harga yang sesuai.

Lakukan riset bahan-bahan baku terlebih dahulu untuk produk yang akan kamu buat. Cari tahu bahan apa yang biasanya digunakan penjual untuk membuat kue atau minuman dari internet atau tanya referensi ke teman-teman pebisnis. Cobalah bernegosiasi dengan pihak supplier dan jalin hubungan kemitraan yang baik, sehingga pasokan bahan baku bisa terjamin dalam beberapa waktu ke depan.

4. Manfaatkan peralatan yang sudah ada

Selain bahan baku, kamu juga perlu memperhatikan peralatan yang dibutuhkan untuk usaha kamu. Jika memungkinkan, manfaatkan peralatan yang sudah ada di rumah, misalnya kompor, oven, blender, atau mixer untuk usaha makanan dan minuman. Jika tidak ada, cari peralatan bekas yang masih layak pakai dengan harga murah.

Untuk usaha reseller atau kursus online, kamu hanya perlu menggunakan smartphone atau laptop yang sudah kamu miliki. Pastikan perangkat kamu memiliki spesifikasi yang cukup untuk menjalankan usaha kamu dengan lancar. Jika perlu, upgrade RAM atau memori penyimpanan agar tidak lemot.

5. Promosikan usaha secara kreatif

Promosi adalah salah satu kunci sukses dalam berbisnis. Dengan promosi yang efektif, kamu bisa menarik perhatian dan minat konsumen terhadap produk atau jasa yang kamu tawarkan. Ada banyak cara untuk melakukan promosi, baik secara offline maupun online.

Untuk promosi offline, kamu bisa membuat brosur, spanduk, poster, atau stiker dan menyebarkannya di tempat-tempat strategis seperti warung, toko, sekolah, kampus, atau perkantoran. Kamu juga bisa memanfaatkan mulut ke mulut dengan memberikan diskon atau bonus kepada pelanggan yang mereferensikan usaha kamu ke orang lain.

Untuk promosi online, kamu bisa memanfaatkan media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, TikTok, atau YouTube untuk memposting foto atau video produk atau jasa kamu. Kamu juga bisa membuat website atau blog untuk memberikan informasi lebih lengkap tentang usaha kamu. Jangan lupa untuk selalu update konten dan berinteraksi dengan pengunjung atau follower.

Kesimpulan

Usaha sampingan memang merupakan aktivitas yang Anda jalankan di sela-sela waktu senggang yang Anda miliki. Namun, jika Anda melakukan pengelolaan yang baik terhadap usaha sampingan maka tidak menutup kemungkinan Anda akan memperoleh banyak keuntungan. Manfaatkan peluang usaha yang ada dengan baik agar kesuksesan bisa Anda raih.

Gambar Gravatar
Tim Editorial KitaPunya.net adalah seorang profesional di bidang Manajemen, Teknologi Digital dan Marketing dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. KitaPunya.net saat ini menjadi situs pendidikan dan karir yang selalu berusaha memberikan inforamasi akurat, terpecaya dan terupdate.