[Bagian 3] Pengalaman Kerja Casual di Hotel Bintang 5 Jogja - Capek Bukan Main Tapi Banyak Pengalaman (Selesai)

[Bagian 3] Pengalaman Kerja Casual di Hotel Bintang 5 Jogja - Capek Bukan Main - Sampai mana ya kita? Oh, sampai jam 12 kurang dikit ya.. Jam 12 an adzan zuhur pun berkumandang, namun kami belum juga istirahat untuk sholat dan makan. Ketika jam 1 baru kemudian kami diizinkan untuk sholat dan makan, kami diberi waktu selama 1 jam.


Kami pun bergegas untuk ke mushola yang ada di hotel, dan langsung sholat zuhur. Baru kemudian ke ruang makan yang telah disediakan. Jadi makan siang pekerja dan karyawan hotel tersebut sudah dijamin, makan tinggal ambil dan pilih mau makanan jenis apa, minuman jenis apa. Saya pun ambil agak banyak, nasinya standar tapi sayur dan lauknya.. wooowww.. porsi kuli cah.. 😂😂

Disela-sela kami menikmati makanan, saya sempat sambat ke teman saya "Bro, gaweane abot yoo.. luih abot timbang wingi."

Dia pun juga mengeluhkan hal yang sama "Iyooo bro, gek bayare nunggu 5 dino meneh. Nek biasane aku nang hotel jik liane i bayare langsung. Tapi yo rapopo bro, abot enteng tak lakoni kanggo makani anak bojo."

"Dumeh ndue bojo ngono kui yoo.." 😂 Jawabku

Setelah jam istirahat, kami pun melanjutkan ke pelaminan. Ehh, maksudnya ke tempat yang buat nikahan. 

Kami pun diberi tugas untuk membawa piring yang sudah di oles (di lap) ke meja-meja yang telah sediakan. Jarak dari tempat awal ke meja sekitar 50. Dan ini bukan piring biasa cah, 10 piring aja abote bukan main. 

Casual di Hotel Jogja
Casual di Hotel Jogja


Emang kudu kerja keras kalau di hotel yang lagi ada event-event besar. Bayangin aja wedding dengan 2000 undangan. Dan pastinya karyawan disanapun juga kerja keras, tapi kalau karyawan kan dapat bonus. 😂

Nah, habis angkut-angkut piring. Akhirnya kami bisa menikmati pekerjaan kami, kami tinggal mengoles (meng lap) piring dan sendok. Sampai sore hingga selesai lah tugas kami selama 8 jam kerja.

Intinya, kerja casual kadang harus kerja keras dan terkadang enaknya bukan main. Tergantung seberapa besar event yang diadakan hotel. Pernah saya casual di restoran, yang eventnya hanya mengundang 200 orang, satu hari dapat 110 ribu.

Tapi jadikan itu sebagai pengalaman, karena yang mahal itu pengalamannya cah.. Mumpung masih muda carilah pengalaman, jangan jadi anak manja yang setiap hari minta uang ke ibu bapak. Tapi jadilah anak yang berbakti yang membantu meringankan beban orang-tua.

Kerja casual ini cocok buat ngisi liburan bro, daripada di rumah mending kerja casual. Cuman 1 hari doang kok, bila perlu tiap hari. Tapi, jangan lupa pilih casual yang sekiranya enak dijalanin. Saran jangan di bagian steward, denger-denger itu lebih keras kerjaannya gan. Suruh cuci piring dsb. Mending bagian service atau chicken jika ingin belajar memasak.


Load disqus comments

0 comments