Pengertian Slogan, Ciri ciri, Macam dan Contoh Slogan

Pengertian Slogan, Ciri ciri, Macam dan Contoh Slogan - Sudah pernah mendengar atau membaca sebuah kalimat yang unik dan menarik? Jika pernah mungkin yang anda dengar atau baca itu adalah slogan. Ya kali ini kita akan membahas mengenai pengertian slogan, tapi tidak itu saja, kita juga akan membahas ciri-ciri serta jenis-jenis slogan. Jadi bagi kalian yang sedang mencari materi seputar slogan bisa baca langsung ya.
 

Pengertian Slogan

Slogan adalah suatu kalimat yang singkat, menarik, mencolok, dan mudah diingat oleh siapa saja yang mendengar atau membacanya. Walaupun kalimatnya singkat, tapi didalamnya terkandung makna yang luas. Slogan harus terdiri dari beberapa kata saja, untuk itu untuk membuat suatu slogan yang bisa diingat oleh banyak orang kita harus memeras otak untuk memilih kata yang tepat dan efektif. Dengan keterbatasan jumlah kata, membuat beberapa orang kesulitan untuk membuatnya, itu adalah sebuah tantangan. Untuk itu jika ingin membuat sebuah slogan, perkayalah kosa kata Anda sehingga Anda tidak akan kesulitan untuk mendapat kata yang tepat.

Biasanya slogan dibuat untuk mengajak seseorang untuk melaksanakan sesuatu, baik itu untuk membeli suatu produk, atau menaati suatu aturan yang telah dibuat. Karena tujuan utamanya adalah untuk mengajak, maka sudah sepantasnya penggunaan kata perlu diperhatikan. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah jangan terlalu panjang dalam membuat sebuah slogan, gunakanlah beberapa kata saja agar mudah diingat oleh banyak orang.
 

Ciri-Ciri Slogan


Setelah kita mengetahui pengertian dari slogan, selanjutnya kita akan membahas ciri-ciri slogan, berikut ciri-cirinya.

1. Terdiri dari beberapa kata saja dan menarik karena tujuan utamanya adalah agar mudah diingat.
2. Menjelaskan tentang sesuatu, apakah itu suatu produk atau layanan masyarakat.
3. Slogan juga bisa berupa semboyan sebuah organisasi atau masyarakat.

Itu tadi beberapa ciri dari slogan yang perlu Anda ketahui supaya tidak salah lagi dalam membedakan teks slogan dengan teks-teks lain.
 

Macam-Macam Slogan


Seperti yang saya jelaskan diatas, terdapat beberapa jenis slogan, antara lain sebagai berikut:
1. Contoh slogan kesehatan, isinya ajakan untuk selalu hidup sehat.
2. Contoh slogan kebersihan, isinya mengenai ajakan untuk selalu hidup sehat dengan menjaga kebersihan lingkungan sekitar.
3. Contoh slogan pendidikan, isinya tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan dunia pendidikan.
4. Contoh slogan produk, isinya mengenai ajakan untuk membeli suatu produk atau menikmati suatu jasa.

Nah itu dia beberapa macam-macam slogan yang mungkin sering kita temui sehari-hari. Jika kalian menemukan contoh lain, silahkan cantumkan pada kolom komentar yang sudah tersedia.

Contoh contoh Slogan

Contoh Slogan
Contoh Slogan

Contoh Slogan
Contoh Slogan

Contoh Slogan
Contoh Slogan

Contoh Slogan
Contoh Slogan

Selanjutnya yaitu kita akan melihat beberapa contoh teks slogan supaya kalian semua lebih paham lagi. Berikut beberapa contoh slogan yang cukup menarik.

Baca : Pengertian cerpen, dan ciri ciri cerpen

Nah itu dia materi kali ini mengenai pengertian slogan, ciri-ciri teks slogan, dan juga jenis-jenis slogan serta contohnya. Semoga Bermanfaat.
Load disqus comments

0 comments