Fungsi negara menurut ahli

Upaya Mempertahankan Ideologi PANCASILA

Diposting pada 3.944 views

Kita perlu melakukan upaya mempertahankan ideologi Pancasila, seperti kita ketahui bersama bahwa Pancasila adalah ideologi bangsa kita, dan ideologi kita mendapat berbagai ancaman atau pengaruh dari ideologi yang lain, maka dari itu harus dipertahankan. Ada beberapa alasan mengapa kita harus mempertahankan ideologi pancasila ini, yaitu sebagai berikut :  

Alasan Harus Mempertahankan Ideologi Pancasila

1. Historis

Secara historis nilai nilai Pancasila telah dimiliki oleh bangsa kita sejak sebelum kita merdeka. Maka dari itu, kita sebagai pewaris bangsa Indonesia wajib untuk menghayati, melestarikan, dan mempertahankan nilai-nilai Pnacasila itu dalam hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.  

2. Sosiologis

Persatuan dan kesatuan rakyat Indonesia dapat goyah apabila kepercayaan masyarakat terhadap Ideologi Pancasila mulai hilang atau melemah. Maka dari itulah, kita wajib mengembangkan dan mengkaji nilai-nilai Pancasila dan melestarikan atau menerapkannya dalam kehidupan kita sehari-hari.  

3. Ancaman ideologi lain

Adanya ideologi lain dapat menjadi ancaman bagi bangsa kita yang sejak dulu menggunakan Pancasila sebagai ideogi negara, ideologi yang dapat mengancam antara lain ideologi komunis, liberalisme, dan lain sebagainya.  

Upaya mempertahankan Ideologi PANCASILA

BPIP - Upaya mempertahankan ideologi pancasila
BPIP – Upaya mempertahankan ideologi pancasila. Sumber : bisnis.com

Usaha usaha yang dapat bangsa kita lakukan untuk mempertahankan Ideologi Pancasila antara lain :  

  1. Merenungkan, meresapi dan memahami kembali cita cita yang terkandung di dalam Pancasila, kemudian berusaha bersama-sama agar bangsa kita dapat meraih sesuai dengan yang dicita-citakan dalam Pancasila.
  2. Menerapkan nilai nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, bebangsa dan bernegara.
  3. Menolak masuknya ideologi lain yang bertentangan dan tidak sesuai dengan Ideologi bangsa kita
  4. Mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia
  5. Mematuhi peraturan, norma hukum, norma sosial, norma agama dan peraturan perundang-undangan  yang berlaku di Indonesia.

Selain usaha mempertahankan Pancasila, kita juga dapat melakukan pengamalan Pancasila, pengamalan Pancasila ini dapat kita lakukan dengan dua cara, cara yang pertama adalah dengan preventif dan yang kedua adalah represif.  

a. Mempertahankan Ideologi Pancasila Secara Preventif

Definisi dari preventif adalah suatu upaya pengamanan yang sifatnya pencegahan. Artinya kita berusaha untuk melakukan pencegahan terhadap adanya usaha merongrong Pancasila (mengganti/mencampur adukkan ideologi lainnya dengan paham komunisme, liberalisme, dll) yang dilakukan oleh pihak tertentu terhadap Pancasila kita yang merupakan dasar negara dan pandangan hidup bangsa. Usaha yang bersifat pencegahan ini antara lain :

  • membina keadaan Wawasan Nusantara
  • membina kesadara ketahanan nasional
  • melaksanakan sistem pertahanan keamanan rakyat semesta (hankamrata)
  • melaksanakan pendidikan kewarganegaraan

b. Mempertahankan Ideologi Pancasila Secara Represif

Defini dari represif adalah usaha pengaman yang bersifat penindakan. Upaya penindakan ini dilakukan dengan tujuan untuk menghilangkan/membasmi bahaya-bahaya yang mengancam bangsa kita, terutama yang berkaitan dengan ideologi bangsa kita, bahaya yang mengancam ini dapat berasal dari dalam negeri maupun dari luar negeri.

Bahaya yang mengancam dari dalam negeri, contohnya adalah pemberontakan, pengkhianat, terorisme, pelanggar hukum, dan perongrong Pancasila (paham komunisme, liberalisme, ekstrem).  

Bahaya yang mengancam dari luar negeri, misalnya penjajah, invasi (penyerbuan secara militer ke wilayah negara lain), infiltrasi (penyusupan ke dalam kalangan musuh), dan subversi (rencana, gerakan, atau usaha untuk menjatuhkan/menggulingkan pemerintah yang sah dengan cara yang inkonstitusional).

Usaha mempertahankan ideologi Pancasila yang sifatnya adalah penindakan (represif) antara lain :

  • menindak dengan tegas dan memberikan hukuman yang setimpal bagi mereka yang merupakan pelanggar-pelanggar hukum, pengkhianat, pemberontak, dan perongrong Pancasila.
  • melarang paham, aliran dan idiologi yang bertentangan dengan Pancasila. Apabila sudah ada paham, aliran dan ideologi yang bertentangan maka kelompok tersebut harus segera di tindaklanjuti agar mereka tidak berkembang dan mengancam bangsa kita.
  • melarang masuknya atau bekembangnya nilai-nilai yang dapat membahayakan nilai Pancasila 

Demikian artikel tentang upaya mempertahankan ideologi Pancasila. Ayo amalkan Pancasila sebaik-baiknya, perbaiki akhlak demi kehidupan bangsa yang lebih baik.

Baca juga artikel yang lain tentang “Pancasila” :
1. Nilai Instrumental Pancasila dan Contohnya Dalam UUD 1945
2. Contoh Pelaksanaan Pancasila dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara
3. Sikap Positif Terhadap Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka
4. Makna Pancasila Sebagai Sumber Nilai