Pengertian Dimensi Realitas, Dimensi Idealitas dan Dimensi Fleksibilitas

  • Whatsapp

Pengertian Dimensi Realitas, Dimensi Idealitas dan Dimensi Fleksibilitas – Pancasila selain sebagai dasar negara juga sebagai ideologi negara. Pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia mengandung nilai-nilai yang dapat kita lihat dalam sikap, perilaku serta kepribadian bangsa kita sendiri.   

Suatu ideologi bila tidak memiliki dimensi fleksibilitas atau kelenturan maka akan mengalami kesulitan bahkan pengikutnya pun akan meninggalkannya karena tidak sesuai dengan perkembangan zaman. Ideologi negara kita juga memiliki dimensi fleksibilitas, sehingga Pancasila mampu menyesuaikan dengan perkembangan zaman.

Bacaan Lainnya

Pancasila merupakan ideologi terbuka, memiliki maksud bahwa Pancasila ini bersikap terbuka mampu untuk berinteraksi dengan perkembangan zaman yang terjadi secara dinamis.  

Pancasila sebagai idelogi terbuka memiliki fleksibilitas atau kelenturan dalam beradaptasi dengan perkembangan zaman yang cukup bagus, seperti memberi suatu rangsangan agar timbul pemikiran pemikiran baru yang relevan dan tidak menyimpang dari nilai-nilai dasar yang terdapat pada Pancasila.  

Baca juga : Pengertian Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka  

Menurut Dr. Alfian, seorang ahli politik Indonesia, Pancasila memenuhi syarat sebagai ideologi terbuka yang sifatnya luwes dan tahan terhadap perubahan zaman karena di dalamnya mengandung tiga dimensi ideologi, yaitu:   

1. Pengertian Dimensi Realitas 

Dimensi realitas memiliki arti bahwa nilai – nilai ideologi itu bersumber dari nilai-nilai yang riil hidup di dalam masyarakat Indonesia. Kelima nilai dasar Pancasila itu kita temukan dalam suasana atau pengalaman kehidupan masyarakat bangsa kita yang bersifat kekeluargaan, kegotong-royongan atau kebersamaan.   

2. Pengertian Dimensi Idealitas 

Maksud dari dimensi idealitas adalah bahwa suatu ideologi perlu mengandung cita-cita yang ingin dicapai dalam berbagai bidang kehidupan. Nilai-nilai yang terkandung dalam ideologi Pancasila merupakan nilai-nilai yang di cita-citakan dan ingin diwujudkan.   

3. Pengertian Dimensi Fleksibilitas

Seperti yang saya singgung di atas, bahwa dimensi idealitas itu artinya bahwa nilai-nilai yang yang terkandung dalam Pancasila bersifat fleksibel karena dapat dikembangkan dan disesuaikan dengan tuntutan perubahan.

Ideologi berasal dari kata ideo yang artinya cita-cita dan logy berarti pengetahuan, ilmu dan paham.   

Demikian artikel tentang pengertian dimensi realitas, dimensi idealitas dan dimensi fleksibilitas yang merupakan ketiga dimensi yang terdapat pada Pancasila sebagai ideologi Terbuka. Semoga bermanfaat, jangan lupa baca artikel yang lain ya :

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *