tugas PMR

9 Tugas PMR di Sekolah yang Wajib Kamu Ketahui

Diposting pada 676 views

Apa tugas PMR di sekolah? PMR bukan hanya ekstrakurikuler biasa. Para anggota di dalamnya mempunyai tanggung jawab dan peran penting dalam menjaga segala hal yang berkaitan dengan kesehatan dan keselamatan yang ada di sekolah. Oleh karenanya, dalam ekstrakurikuler ini kamu akan sering mengikuti pelatihan.

Artikel sebelumnya kita sudah membahas tentang Alasan Masuk PMR yang patut kamu pertimbangkan. Sebelum masuk PMR, alangkah baiknya kamu juga paham dengan Tugas PMR di sekolah. Simak ulasannya di artikel ini!

1. Pertolongan Pertama

Terjadinya kecelakaan dan sakit merupakan hal yang tak terduga. Pertolongan pertama tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Ada tekniknya tersendiri. Kalau salah dalam memberikan penanganan bisa berakibat fatal loh.

Tugas anggota PMR di sekolah memberikan pertolongan pertama kepada teman atau siswa yang sedang sakit atau mengalami kejadian tertentu yang membutuhkan pengobatan misalnya jatuh atau berkelahi.

2. Mengadakan Kegiatan Sosial

Tugas PMR tidak hanya berkaitan dengan kesehatan, melainkan juga kemanusiaan. Sebagai wujud kepedulian sosial PMR melakukan kegiatan dengan maksud membantu orang lain mulai dari bakti sosial dan donor darah. Sebagai anggota PMR, jangan lupa ajak teman kamu untuk ikut serta dalam kegiatan positif ini!

3. Menggalang Dana

Indonesia sering mengalami bencana seperti banjir, tanah longsor, gunung meletus dan gempa bumi. Ketika bencana terjadi, orang yang terkena dampak membutuhkan uluran bantuan. Di saat seperti itu, anggota ekstrakurikuler PMR bertugas mengumpulkan bantuan dana dari siswa di sekolah atau lingkungan sekitarnya untuk membantu para korban.

4. Mengikuti Pelatihan Kesehatan

Sebagai bekal atau ilmu kamu juga mempunyai tugas untuk belajar tentang kesehatan remaja. Topik yang sering dibahas seperti pergaulan remaja, rokok, kebersihan, menghindari seks bebas dan masih banyak lagi. Biasanya sekolah bekerja sama dengan pihak luar untuk mengadakan pelatihan di sekolah. Materi yang kamu dapatkan ini, bisa kamu bagikan juga ke temanmu loh.

5. Menerapkan Pola Hidup Sehat 

Anggota PMR merupakan remaja bagian dari PMI. Oleh karenanya tugas anggota PMR yang tidak boleh dilupakan ialah menerapkan pola hidup sehat. Kamu harus mampu mengajak teman-temanmu untuk hidup sehat. Cobalah untuk menerapkan hidup sehat di kegiatan sehari-hari, agar teman yang melihat juga terpengaruh. Hidup sehat itu penting karena baik untuk tubuh kita loh.

6. Mengurus dan Menjaga UKS

Apakah kamu sering ke ruang UKS? Biasanya kita akan menemui petugas UKS. Tidak jarang teman yang ikut PMR juga senang berkumpul di sana. Keberadaan UKS sangat penting bagi sekolah, karena menjadi tempat untuk melakukan pertolongan pertama bagi siswa yang sakit atau kecelakaan kecil. Oleh karenanya anggota PMR bertugas merawatnya dan memastikan fungsinya berjalan baik.

Kitapunya juga menyediakan artikel lain yang sesuai buat kamu:
11 Alasan Masuk PMR di Sekolah
13 Alasan Masuk Sispala Esktra yang Seru!
11 Alasan Masuk Paskibra di Sekolah

7. Siaga Terhadap Bencana

Tugas anggota PMR selanjutnya yaitu selalu siap menghadapi bencana. Hal ini karena bencana bisa datang kapan saja bukan? Kamu harus selalu siaga dan peka terhadap kemungkinan bencana yang terjadi di sekitar kita.

8. Menjaga Lingkungan

Selain melaksanakan tugas yang berkaitan dengan kesehatan dan sosial, PMR juga harus peduli dengan lingkungan. Tidak dapat dimungkiri lingkungan bersih, akan menjadikan tubuh jauh dari berbagai penyakit. Oleh karenanya, kamu juga bertugas menjaga lingkungan sekolah tetap bersih dan sehat.

9. Menjadi Teladan

PMR bukan hanya berbicara, tetapi juga harus menjadi teladan. Para anggota PMR menunjukkan dengan tindakan bagaimana cara hidup sehat yang dilakukan setiap hari dan peduli terhadap orang lain

Kesimpulan

PMR tidak hanya ekstrakurikuler yang bermanfaat bagi diri sendiri, namun juga menebar manfaat bagi orang lain. Dalam kegiatannya di sekolah, PMR mempunyai tugas yang berkaitan dengan kesehatan dan sosial mulai dari memberikan pertolongan pertama saat teman sakit, menggalang dana, mengajak hidup sehat, turut serta mengurus UKS dan masih banyak lagi.

Nah, itulah beberapa Tugas PMR di sekolah SMP dan SMA yang perlu kamu ketahui. Namun, tiap sekolah pasti berbeda bisa juga ada tugas tambahan atau tugas lain yang dilaksanakan kelompok ekstrakurikuler yang lain.

Bila artikel ini menjawab pertanyaanmu, bagikan juga ke teman yang lain! Dapatkan update artikel tentang sekolah, pendidikan, pekerjaan di Kitapunya!

Gambar Gravatar
Winarsih adalah seorang profesional yang ahli dalam bidang pendidikan. Memberikan banyak tips, tutorial dan informasi akurat untuk para pembaca KitaPunya.net.