alasan masuk PMR

11 Alasan Masuk PMR di Sekolah

Diposting pada 551 views

Apa alasan masuk PMR? Pertanyaan ini sering kali terpikirkan ketika ingin memilih ekstrakurikuler yang akan kita ikuti di sekolah.

Kegiatan ekstrakurikuler dipilih siswa berdasarkan minat dan bakat. Selain itu, mereka juga memilih kegiatan yang mampu meningkatkan kemampuan diri, kedisiplinan dan kepemimpinan. Artikel kali ini akan mengulas alasan apa saja yang menjadikan ekstrakurikuler PMR (Palang Merah Remaja) sangat worth it kamu ikuti. Yuk kita simak bersama!

Pengertian PMR

PMR merupakan singkatan dari Palang Merah Remaja adalah organisasi untuk remaja yang peduli dengan kegiatan sosial dan kemanusiaan. PMR ini adalah bagian dari Palang Merah Indonesia (PMI) yang mempunyai tujuan untuk melibatkan generasi muda dalam kegiatan-kegiatan seperti pertolongan pertama, penyuluhan kesehatan, bantuan bencana, dan lainnya.

Kegiatan PMR menjadi ekstrakurikuler yang layak kamu ikuti. Bergabung dengan kegiatan ekstrakurikuler ini, memberikan kamu peluang untuk berkontribusi terhadap kegiatan sosial dan kemanusiaan. Hal ini sesuai dengan tujuan PMR yaitu melatih serta membentuk jiwa kemanusiaan agar mempunyai kepedulian yang tinggi.

Alasan Masuk PMR

Setiap siswa mempunyai alasan yang berbeda mengapa mereka masuk ekstra PMR. Dalam kegiatannya, ada banyak sekali manfaat yang akan kita peroleh. Bertemu dengan teman baru dan banyak orang akan meningkatkan kemampuan komunikasi. Pelatihan yang kita ikuti juga akan menambah pengetahuan tentang kesehatan, pencegahan penyakit dan pertolongan pertama. Inilah beberapa alasan yang biasanya siswa sekolah pertimbangkan untuk ikut dalam kegiatan PMR:

1. Menanamkan Sikap Disiplin

Salah satu alasan utama untuk bergabung dengan PMR adalah melatih kedisiplinan. Dalam organisasi ini, kamu akan diajarkan untuk selalu siap siaga dan responsif dalam situasi darurat. Contoh yang paling mudah kita jumpai saat mengawasi jalannya upacara,apakah peserta ada yang sakit atau membutuhkan bantuan. Kedisiplinan ini akan membawa manfaat besar dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam menyelesaikan tugas sekolah dan menjalani kehidupan sehari-hari.

2. Meningkatkan Jiwa Kepemimpinan                                             

Alasan masuk PMR yang pertama ialah meningkatkan jiwa kepemimpinan. Seperti yang kita tahu, melalui ekstrakurikuler PMR siswa akan bekerja sama dengan tim, mengambil tanggung jawab sesuai tugas masing-masing, membuat rencana kegiatan, serta masih banyak kegiatan yang memunculkan jiwa kepemimpinan.

3. Menimbulkan Rasa Empati

Di PMR, kita akan melakukan banyak kegiatan yang membantu orang lain mulai dari kegiatan sosial, donor darah, bantuan bencana dan kunjungan ke panti jompo. Dari sini, kita belajar menjadi lebih peka, peduli terhadap orang lain dan senang tolong menolong. Kegiatan membantu orang lain inilah yang akan menimbulkan rasa empati pada diri kita.

4. Belajar Ilmu Kesehatan

Salah satu alasan yang penting untuk bergabung dengan PMR adalah kesempatan untuk belajar mengenai ilmu kesehatan. Melalui kegiatan yang diadakan oleh PMR di sekolah kamu akan belajar ilmu kesehatan dasar. Ilmu ini akan sangat berguna saat keluarga, teman atau orang terdekatmu sedang membutuhkan pertolongan pertama atau bantuan kesehatan lainnya.

5. Meningkatkan Keterampilan Komunikasi

Melalui kegiatan PMR, kamu akan berinteraksi dengan berbagai orang mulai dari teman-teman, relawan, guru dan orang lain yang terlibat di ekstrakurikuler tersebut.  Kemampuan ini akan makin meningkat seiring banyaknya kegiatan yang kamu ikuti di ekstrakurikuler PMR. Keterampilan komunikasi ini akan menjadi bekal di kehidupan sehari-hari dan masa depan.

6. Menumbuhkan Sikap Percaya Diri

Bergabung dengan PMR juga membantu kamu meningkatkan kepercayaan diri. Melalui pelatihan dan tanggung jawab yang diberikan kepada anggota, mereka dapat merasa lebih percaya diri dalam menghadapi berbagai situasi. Sama dengan poin sebelumnya, semakin mudah kamu berkomunikasi maka sikap percaya diri juga makin bertumbuh.

Kitapunya juga menyediakan artikel lain yang sesuai buat kamu:
13 Alasan Masuk Sispala Esktra yang Seru!
11 Alasan Masuk Paskibra di Sekolah
10 Alasan Masuk OSIS yang Harus Kamu Dipertimbangkan

7. Pengembangan Diri

Kegiatan ekstrakurikuler PMR juga sebagai wadah pengembangan diri siswa. Apa saja yang bisa kita dapatkan? Kamu akan belajar kerja sama, mengelola waktu, mengatasi masalah, dan keterampilan organisasi lainnya yang suatu hari pasti berguna. Keterampilan yang ada pada dirimu ini, akan membuat kamu makin kuat dalam menghadapi berbagai tantangan.

8. Membangun Relasi dan Persahabatan

Alasan mengikuti ekstra PMR selanjutnya yaitu menambah relasi dan persahabatan. Saat mengikuti ekstra ini, kamu akan berkenalan dengan teman baru dari kelas lain dan kakak senior. Bahkan, saat acara tertentu kamu juga akan bertemu dengan siswa dari sekolah lain, relawan dan anggota PMR di kotamu. Wah, persahabatan bisa terbentuk dari kegiatan ini bukan?

9. Pengalaman yang Berharga

Bergabung dengan PMR itu merupakan pengalaman yang berharga. Ikut dalam kegiatan sosial tidak hanya memberikan pertolongan kepada orang lain, namun juga menimbulkan rasa bahagia tersendiri bagi kita.

10. Ikut Serta dalam Lomba

Kegiatan ekstrakurikuler PMR juga sering mengikuti acara perlombaan mulai tingkat nasional hingga internasional. Bersama kelompok atau tim, kamu berkesempatan untuk menorehkan prestasi loh.

11. Berpeluang Menjadi Kader PMI

Rasa kepedulian terhadap sesama, tidak hanya berhenti saat kamu menjadi PMR di sekolah bukan. Salah satu alasan lain yang patut dipertimbangkan untuk bergabung dengan PMR adalah berpeluang besar menjadi kader PMI. PMR adalah bagian dari PMI, jadi jika kamu bergabung dengan PMR, maka kamu akan dengan mudah menjadi kader PMI.

Kesimpulan:

Alasan untuk bergabung dengan PMR dan manfaatnya bagi siswa sangatlah beragam. Mulai dari pengembangan keterampilan, kepemimpinan dan komunikasi, membantu orang lain, meningkatkan kesadaran sosial, membangun RELASI dan persahabatan hingga pengalaman berharga. Sebagai bonus kamu juga berkesempatan mengukir prestasi dan menjadi kader PMI.

Nah, itulah beberapa alasan masuk PMR yang bisa kamu jadikan pertimbangan untuk ikut ekstra ini. Bila artikel ini bermanfaat, bagikan juga ke teman yang lain! Kitapunya juga menyajikan artikel lain, terkait pendidikan, ekstrakurikuler, karir dan tugas sekolah. See you!

Gambar Gravatar
Winarsih adalah seorang profesional yang ahli dalam bidang pendidikan. Memberikan banyak tips, tutorial dan informasi akurat untuk para pembaca KitaPunya.net.