Alasan Masuk Sispala

13 Alasan Masuk Sispala Esktra yang Seru!

Diposting pada 741 views

Apa alasan masuk Sispala? Apakah kamu tertarik bergabung dengan Sispala? Pertanyaan ini sering ditanyakan saat mengobrol dengan teman atau kakak kelas pada awal kegiatan ekstrakurikuler ini.

Meskipun SISPALA (Siswa Pecinta Alam) menuntutmu menjelajah alam, kegiatan ini bisa diikuti oleh semua murid di sekolah baik laki-laki maupun perempuan. Artikel ini mengulas beberapa Alasan Masuk Sispala. Yuk simak sampai habis!

Apa Itu Sispala?

pengertian sispala

SISPALA atau organisasi/kelompok Siswa Pecinta Alam merupakan ekstrakurikuler yang dilaksanakan oleh para siswa dan guru pecinta alam yang bertujuan untuk menanamkan rasa kepedulian terhadap lingkungan.

Ekstrakurikuler ini biasanya diikuti oleh siswa yang memiliki minat dan kesadaran untuk melestarikan lingkungan. Tidak hanya itu saja, melalui kegiatan ekstrakurikuler ini siswa yang belum tertarik terhadap lingkungan bisa juga timbul minat dan kecintaan terhadap ekosistem, lingkungan serta keanekaragaman hayati dan nabati. Hal ini sesuai dengan Misi Sispala yaitu mengembangkan wawasan tentang alam, menumbuhkan cinta dan kepedulian terhadap alam sekitar.

Dari kegiatan ekstrakurikuler ini kamu akan merasakan bagaimana hidup di alam melalui kegiatan menjelajah, perkemahan, menanam pohon dan kegiatan lain yang bermanfaat bagi bumi. Secara tidak langsung kamu juga akan menyadari perubahan apa saja yang telah terjadi di alam. Apakah alam kita semakin rusak? Lalu upaya apa yang bisa kita lakukan untuk merawat alam?

Sebenarnya Sispala bukan sebutan mutlak bagi ekstrakuliker atau kelompok pecinta alam di sekolah. Beberapa sekolah menggunakan sebutan yang lain loh. Akan tetapi, sudah jelas kalau organisasi pecinta alam di sekolah adalah Sispala.

Tujuan Sispala

tujuan sispala

Mungkin kamu bertanya-tanya mengapa kegiatan atau ekstrakurikuler ini dibentuk? Sebenarnya tujuan dibentuknya Sispala beraneka ragam tergantung tempat kamu bersekolah. Umumnya dibentuknya Sispala bertujuan untuk menggabungkan pendidikan lingkungan, petualangan, dan kegiatan sosial dalam upaya membentuk siswa yang lebih sadar akan lingkungan dan berkontribusi pada pelestarian alam. Berikut tujuan lain dibentuknya Sispala:

  1. Menjaga dan melestarikan keindahan alam: Sispala bertujuan menjaga dan melestarikan keindahan alam untuk masa depan generasi kita.
  2. Pengembangan diri melalui petualangan: Sispala juga sebagai sarana bagi siswa untuk mengembangkan diri melalui petualangan yang seru.
  3. Mendapatkan pengalaman baru: Pengalaman baru saat menjelajah dan mengenal alam.
  4. Menerapkan sikap disiplin: Petualangan akan menimbulkan sikap disiplin pada diri siswa.
  5. Siap menghadapi tantangan: Dalam menjelajah alam, pasti kita akan bertemu banyak tantangan. Dari sini, kamu akan menjadi siswa yang kuat dalam menghadapi tantangan.

Alasan Masuk Sispala

alasan masuk sispala

Apa yang membuat siswa-siswa sekolah bergabung dengan ekstrakurikuler Sispala? Umumnya karena mereka peduli dengan lingkungan dan ingin merasakan hidup dengan alam melalui kegiatan Sispala. Namun, tidak hanya itu saja loh. Terdapat pula banyak manfaat yang kamu dapatkan, sehingga ikut Sispala bisa dijadikan pilihan Ekstrakurikuler yang kamu pilih. Inilah beberapa alasan masuk Sispala:

1. Kesadaran Lingkungan

Alasan masuk Sispala yang utama ialah memeberikan kesempatan untuk berkontribusi pada pelestarian lingkungan. Melalui kegiatan-kegiatan yang dilakukan Sispala, kamu dapat mengedukasi diri sendiri dan orang lain tentang pentingnya menjaga lingkungan alam. Ini adalah langkah kecil yang dapat membantu menjaga keberlanjutan planet ini. Menarik bukan?

2. Belajar Hidup Mandiri

Saat menjelajah di hutan, gunung atau sekedar berkemah di alam bebas kamu akan benar-benar melakukan semuanya sendiri. Tanpa bantuan orang tua. Jauh dari orang tua akan melatih hidup mandiri. 

3. Mengasah Manajemen Diri

Kegiatan menjelajah di alam, meskipun hanya berkemah tidak bisa dilakukan tanpa persiapan. Kamu perlu belajar mengatur waktu dengan baik, terutama saat berada di alam bebas. Oleh karenanya, kegiatan ini akan mengasah dalam manajemen diri. Kamu akan makin mahir dalam menentukan apa saja yang perlu kamu lakukan dan persiapkan.

4. Mempererat Persahabatan dan Solidaritas

Saat mengikuti kegiatan Sispala kamu akan bekerja sama dengan teman-teman sekolah. Kegiatan yang ada bertujuan membentuk tim yang solid. Mempunyai teman-teman dengan minat yang sama akan membuat pengalaman kegiatan ini menjadi lebih berharga.

5. Meningkatkan Kepekaan Sosial dan Sikap Kepemimpinan:

Alasan masuk Sispala selanjutnya yaitu kegiatannya mampu mengembangkan keterlibatan sosial dan kepemimpinan siswa. Kita akan belajar bekerja sama dalam tim, berkomunikasi dan memecahkan masalah. Program ini sering melibatkan proyek-proyek sosial dan pengabdian masyarakat yang memungkinkan kita untuk berkontribusi positif pada kelompok atau lingkungan yang membutuhkan bantuan. Misalnya saja, kegiatan membersihkan lingkungan pada daerah yang kumuh, kegiatan menanam pohon dan mengajak masyarakat membuang sampah pada tempatnya.

6. Menumbuhkan Sikap Positif

Kegiatan ekstrakurikuler sispala akan membentukmu menjadi seseorang yang bertanggung jawab, konsisten, dan bersedia bekerja sama. Ini adalah fondasi kuat untuk membawa sikap positif dalam kehidupanmu, yang akan sangat berguna saat kamu terlibat dalam masyarakat nantinya. Berkelompok dan mengerjakan segala sesuatu bersama tim akan menumbuhkan sikap tanggung jawab bukan?

7. Membuat Perencanaan yang Matang

Kegiatan Sispala membuat kamu menjadi lebih matang dalam perencanaan. Misalnya saja, kamu akan menyusun rencana apa saja yang perlu kamu persiapkan sebelum berangkat serta kegiatan apa yang kamu lakukan di sana. Kalau ada sesuatu yang tertinggal, akan repot bukan?

8. Meningkatkan Kreativitas

Kamu akan semakin kreatif dengan mengikuti kegiatan Sispala loh.  Saat berpetualang di alam terbuka ide-ide kreatif akan muncul saat dihadapkan pada kondisi tak terduga. Misalnya, memasak dengan bahan seadanya, menggunakan daun sebagai alas makan atau menggunakan alas tidur dari rumput.

9. Melatih Sikap Siaga

Kita tidak akan tahu apa yang terjadi di alam. Bisa saja tiba-tiba hujan kan? Kondisi tak terduga inilah, yang melatih sikap siaga.

10. Mencari Suasana Baru

Suasana baru dapat memunculkan ide-ide baru juga loh. Oleh karenanya banyak sekali orang yang menghabiskan waktu untuk berpetualang.

11. Menjadikan Tubuh Sehat

Saat menjelajah alam, kamu akan semakin mengenal kondisi dirimu sendiri. Apakah kamu bisa berjalan jauh dan tubuhmu sehat? Bila kamu merasa kelelahan, maka kamu akan makin termotivasi untuk meningkatkan kesehatan dirimu.

12. Pengalaman Seumur Hidup

Program Sispala juga banyak memberikan pengalaman baru yang akan kamu kenang indah seumur hidup. Kamu akan mengingat perjalanan, petualangan, dan momen-momen penting dalam hidup mereka yang terjadi selama kegiatan ini. Coba deh, tanyakan momen saat orang tua  kamu ikut berpetualang pada masa muda.

13. Menumbuhkan Rasa Syukur Terhadap Ciptaan Tuhan

Menikmati alam, sejuknya pepohonan, angin yang berhembus, gunung sangat menyenangkan bukan? Dari sini akan semakin besar rasa syukur kita terhadap ciptaan Tuhan.

Kitapunya juga menyediakan artikel lain yang sesuai buat kamu:
11 Alasan Masuk Paskibra di Sekolah
10 Alasan Masuk OSIS yang Harus Kamu Dipertimbangkan

Kesimpulan

Sebagian besar alasan seseorang untuk bergabung dengan Sispala adalah karena cinta terhadap alam, senang berpetualang, mencari suasana baru, menambah persahabatan, kesadaran lingkungan dan pengalaman berharga pada masa muda. Melalui kegiatan ekstarkurikuler Sispala kita akan diberikan peluang untuk berkontribusi dalam menjaga lingkungan alam yang kita cintai.

Nah, itulah beberapa alasan masuk Sispala yang bisa kamu pertimbangkan. Bila artikel ini bermanfaat, bagikan juga ke temanmu ya! Kitapunya juga menyajikan artikel lain, terkait pendidikan, karir dan tugas sekolah. Dapatkan update tiap harinya!

Gambar Gravatar
Winarsih adalah seorang profesional yang ahli dalam bidang pendidikan. Memberikan banyak tips, tutorial dan informasi akurat untuk para pembaca KitaPunya.net.