alasan ikut paskibra

11 Alasan Masuk Paskibra di Sekolah

Diposting pada 79 views

Mengapa harus masuk Paskriba? Berikut ini beberapa alasan masuk paskibra yang bisa menjadi motivasi semangatmu.

Memasuki dunia pendidikan, terutama Sekolah Menengah Atas, pasti kamu tahu tentang ekskul satu ini. Selain belajar di kelas, siswa memang disarankan untuk mengasah diri melalui kegiatan ekstrakurikuler atau ekskul. Salah satu ekskul yang bisa dicoba adalah paskibra. 

Seperti yang diketahui, ekstrakurikuler banyak bentuknya. Mulai dari pramuka, tata boga, tata busana, sepak bola bola voli, pecinta alam, sampai Kelompok Ilmiah Remaja. Nah, Paskibra sendiri menjadi ekskul yang cukup diminati.

Bahkan tak jarang siswa mengincar ekskul ini. Lantaran seleksinya ketat, tak banyak siswa yang bisa masuk menjadi anggota. Karena sedikit siswa yang memenuhi syarat, ekskul ini tergolong bergengsi.


Nah, sebenarnya apa itu Paskibra?

Pengertian Paskibra

Paskibra adalah akronim dari Pasukan Pengibar Bendera. Petugas Paskibra diperoleh dari siswa yang mengikuti ekskul ini di sekolah. Biasanya, di beberapa sekolah, siswa mengikuti seleksi sebelum melaju ke Paskibra tingkat daerah. 

Ketika upacara bendera di hari Senin, anggota Paskibra bertugas mengibarkan bendera di sekolah. Seleksinya pun terbilang lebih mudah dibandingkan pemilihan Paskibra di tingkat daerah.

Selain itu, anggota aturan dan kriteria seleksinya pun sesuai dengan kebijakan tiap sekolah. Kendati demikian, umumnya tes seleksi meliputi tes fisik dan tes tulis. Jadi, selain tes fisik dalam baris-berbaris, kamu juga perlu menguasai pengetahuan yang diujikan.

Bedanya Paskibra dan Paskibraka

Ya, Paskibra dan Paskibraka berbeda. Apa kamu berpikir keduanya sama? Dari penamaan saja, kedua kata tersebut punya makna yang berbeda. Berbeda dengan Paskibra, Paskibraka adalah singkatan dari Pasukan Pengibaran Bendera Pusaka. 

Karena beda penamaan, fungsi keduanya pun tak sama. Jika anggota Paskibra bertugas mengibarkan dan menurunkan bendera di tingkat sekolah, Paskibraka bertugas mengibarkan sekaligus menurunkan Bendera Pusaka dalam peringatan penting seperti Hari Kemerdekaan Republik Indonesia dan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, baik di tingkat kabupaten/kota, provinsi, dan nasional (Istana Negara).

Proses seleksi pun lebih rumit, panjang, dan ketat dibandingkan Paskibra. Bila kamu ingin mengikuti seleksi ini, maka harus mengikuti serangkaian alur mulai dari tingkat kota/kabupaten, provinsi, hingga nasional.

Jika lolos seleksi di tahap itu, kamu akan bisa menjadi petugas Paskibra di Istana Negara saat hari Kemerdekaan. Kamu bakal ditonton jutaan orang karena Peringatan 17 Agustus disiarkan langsung lewat televisi.

Meski jadwalnya tidak selalu tepat setiap tahunnya, tapi biasanya seleksi Paskibraka diselenggarakan sejak Maret-April untuk seleksi tingkat kota. Kemudian dilanjutkan seleksi masuk tingkat provinsi pada Mei.

Hasilnya, terpilih dua pasang putra dan putri untuk bersaing di tingkat nasional. Untuk seleksi terakhir, akan dipilih satu pasang putra dan putri Paskibraka yang mewakili provinsi di level nasional. 

Baca juga : 10 Alasan Ikut OSIS yang Harus Dipertimbangkan

Alasan Masuk Paskibra, Mengapa Harus Masuk Paskibra?

Sebenarnya, setiap ekskul memberikan manfaat. Apalagi kalau diikuti dengan semangat dan sesuai minat. Dari banyaknya ekskul, kamu mungkin bingung.

“Aku ikut yang mana, ya?” pikirmu.

Untuk membantumu, coba deh perhatikan alasan masuk Paskibra. Sebagai ekskul yang menarik, masuk Paskibra adalah pilihan yang tepat.

1. Punya Kesempatan Jadi Paskibraka

Ketika memutuskan jadi Paskibra, maka kesempatanmu untuk menjadi Paskibraka semakin terbuka lebar. Bayangkan kamu mewakili sekolah dan provinsi untuk mengibarkan dan menurunkan Bendera Pusaka Merah Putih dalam Upacara 17 Agustus.

Bukan cuma guru, teman, dan orang sekitar, orang tua pun bangga dengan pencapaianmu. Tunggu apa lagi? Segera daftar Paskibra!

2. Melatih Kedisiplinan 

Seperti kita tahu, sikap disiplin perlu diasah. Pasalnya, sikap ini dibutuhkan dalam kehidupan. Jika menjadi sosok yang disiplin, kamu bakal disegani oleh orang lain. Dalam dunia pendidikan maupun pekerjaan pun, kamu bisa mengerjakan setiap tanggung jawab dengan baik. 

3. Punya Kesempatan Menjadi Petugas Upacara

Menjadi Paskibra artinya kamu punya kesempatan untuk mengemban peran penting. Tak hanya itu, tugas ini pun membanggakan. Soalnya, tak sembarang orang bisa menjadi petugas upacara dan mengibarkan bendera. Bukankah membanggakan bila kamu dapat menjadi Paskibra?

4. Mengasah Jiwa Kepemimpinan

Selain kedisiplinan, jiwa kepemimpinanmu akan terasah. Kamu belajar untuk memimpin orang lain dan dirimu sendiri.

Pengalaman jadi Paskibra ini bagus untuk mengasah keterampilan. Apalagi keterampilan memimpin ini dapat dibutuhkan dalam segala aspek kehidupan. Apakah kamu sudah tertarik mengikuti ekskul ini?

5. Mengatur Waktu

Secara tak langsung, kamu juga bisa  melatih diri dan belajar mengatur waktu bila mengikuti ekskul ini.

Kemampuan ini bisa terasah karena kamu belajar untuk mengatur waktu antara latihan Paskibra dan kegiatan sekolah yang harus tetap menjadi prioritas. Di tengah waktu latihan yang padat, kamu harus lihai menyesuaikan dengan waktu sekolah agar tidak keteteran.

6. Peluang Mengikuti Berbagai Perlombaan

Bisa disebut ekskul yang aktif dan dapat diikutkan ke perlombaan, Paskibra memberikan peluang buatmu untuk terus mengeksplorasi diri. Apalagi nih, perlombaan Paskibra diadakan dalam berbagai taraf. Menarik `kan?

7. Punya Kenalan Baru dan Teman yang Kompak

Dengan ikut Paskibra, kamu akan berkenalan dengan teman baru. Bahkan kamu bertemu dengan teman dari sekolah lain. 

Selain berkenalan dengan banyak teman, kamu akan bergabung ke dalam tim yang kompak. Soalnya, kamu dan anggora paskibra yang lain dituntut untuk kompak dalam baris-berbaris. Tanpa kekompakan dan kerjasama tim, kamu nggak akan bisa menunjukkan penampilan terbaik.

Baca juga : Kumpulan Visi Misi Ketua OSIS

8. Melatih Mental

Ketika menjalani latihan berbaris, mentalmu jadi kuat dan tangguh. Kamu belajar untuk menjalani semua proses dan tidak gampang menyerah. Setelah mengikuti Paskibra, kamu akan jadi sosok yang lebih tangguh dalam menghadapi situasi apa pun.  

9. Melatih Kekuatan Fisik

Selain mental, pastinya fisikmu juga menjadi lebih kuat. Melalui serangkaian latihan yang menuntut banyak bergerak, kekuatanmu akan semakin terlatih. Sehingga fisikmu tak mudah ‘tumbang’.

10. Mau Jadi Siswa yang Keren? 

Dengan jadi anggota Paskibra. kamu juga bisa tampil keren lo. Kamu akan tampak gagak dan penuh kharisma saat menjalankan tugas.

Lakukan dengan tugas dengan penuh tanggung jawab dan percaya diri, maka kamu akan jadi siswa keren. Diam-diam siswa lain mengagumi sosokmu. 

11. Jalan Menuju Cita-cita

Kalau kamu punya cita-cita sebagai polisi atau tentara, masuk Paskibra adalah pilihan tepat. Meski bukan jaminan, tapi pengalaman jadi Paskibra menjadi ‘pintu’ untukmu meraih cita-cita tersebut. Paskibra adalah salah satu jenjang menuju Akademi Polisi (Akpol).

“Setelah jadi Purna Paskibraka, saya akan masuk ke Akpol, karena Akpol ini organisasi elit, dan Paskibraka ini salah satu jenjang menuju Akpol,” tutup Doni, dikutip dari nasional.sindonews.

Itu dia alasan masuk Paskibra adalah pilihan yang tepat. Pada dasarnya, setiap ekskul memberikan positif. Selama kamu juga menjalaninya dengan penuh tekad dan ketertarikan. Intinya, pilihlah ekskul yang sesuai minat dan jalani dengan semaksimal mungkin. Supaya kemampuan dan keterampilan terasah.

Baca juga artikel lain berikut ini :