pentingnya hosting berkualitas

Pentingnya Hosting Berkualitas bagi Bisnis dan Tips Memilihnya

Diposting pada 94 views

Pentingnya Kualitas Hosting bagi Sebuah Bisnis – Memiliki dan mengembangkan suatu bisnis memang tidak mudah. Teknologi semakin berkembang yang mana tren bisnis pun terus berubah. Mempromosikan suatu produk atau jasa di televisi, radio, koran maupun baliho di pinggir jalan sudah tidak seefektif dulu. Kenapa? Karena di era digital seperti sekarang, orang-orang cenderung menatap layar gadget ketimbang televisi ataupun papan iklan di pinggir jalan.

Jika Anda memiliki suatu bisnis, baik kecil maupun besar, sudah pasti anda harus mengikuti perkembangan tren yang ada. Namun cara promosi di era ini semakin mudah karena bisa dilakukan secara digital. Ada banyak cara. Salah satunya adalah melalui website.

Poin terpenting dalam mempromosikan bisnis lewat website adalah dengan memiliki web hosting yang handal. Ada begitu banyak pengguna internet baru setiap harinya. Itu berarti, ada begitu banyak saingan bisnis baru yang bermunculan.

Apa itu web hosting?

Ketika anda merancang suatu website, secara tidak langsung anda membuat beberapa file. File-file tersebut membutuhkan suatu wadah yang mana bisa diakses internet setiap waktu.


Anda membayar penyedia hosting untuk meng-host file tersebut dalam suatu wadah atau server. Selama 24 jam penuh file-file anda akan tetap dapat diakses sehingga website anda pun memiliki kualitas yang bagus.

Lalu, pentingkah kualitas hosting bagi suatu bisnis?

Pentingnya Hosting Berkualitas Bagi Sebuah Bisnis

1. Web hosting berkualitas akan melindungi keamanan website Anda

Penyedia web hosting yang profesional sudah pasti akan mengutamakan aspek keamanan dalam pelayanannya. Karana saat peretas sudah semakin marak terjadi dan kemampuannya semakin berkembang.

Penyedia web hosting yang berkualitas akan mencadangkan data Anda ke server jarak jauh dan membuatnya lebih mudah untuk dipulihkan apabila website Anda diretas. Mereka juga akan membantu Anda apabila ada masalah teknis, pemeliharaan, dan juga keamanan website selama 24 jam.

2. Web hosting berkualitas sangat bagus untuk SEO

Berada di posisi teratas dalam mesin pencarian adalah impian setiap pemilik website, terutama untuk website bisnis. Mengapa? Karena itu akan menentukan seberapa mudah website Anda terlihat. Apabila Anda berada di peringkat teratas, sudah tentu pelanggan Anda akan mudah menemukan Anda.

Pemilihan web hosting ternyata juga mempengaruhi SEO (Search Engine Optimization). Mengapa? Pertama, SEO dipengaruhi oleh kecepatan. Kecepatan sebuah website dihasilkan dari kualitas web hosting yang digunakan. Google lebih memprioritaskan website yang memiliki kecepatan tinggi agar lebih nyaman diakses dari berbagai jenis koneksi.

Jadi, jika website anda lambat, maka kemungkinan besar Google tidak akan memprioritaskan website Anda di pencarian teratas.

Baca juga : Tugas SEO Specialist

3. Anda akan mendapat kepercayaan pasar

Saat ini siapapun dapat mudah berjualan online. Namun faktor kemudahan itu justru memunculkan banyak kasus penipuan.

Konsumen lebih percaya dengan website yang memiliki domain dan hosting pribadi. Konsumen juga lebih percaya dengan website yang memakai hosting berkualitas karena mereka akan merasa aman dalam bertransaksi. Terlebih, Anda akan mendapatkan Sertifikat SSL gratis yang membuat situs Anda sudah HTTPS.

Website anda akan merepresentasikan bisnis Anda. Dengan hosting yang berkualitas, konsumen akan dapat melihat kredibilitas atau profesionalitas bisnis Anda.

4. Anda punya kontrol penuh

Ada banyak CMS (Content Management System) gratisan di luaran sana seperti Tumblr, WordPress, dan Blogspot. Namun dengan memakai produk dan layanan tersebut tentunya Anda juga harus setuju atas semua persyaratan yang sewaktu-waktu dapat berubah. Anda tidak bisa melakukan kustomisasi sembarangan. Ruang gerak Anda menjadi terbatas.

Dengan menyewa web hosting berkualitas, Anda bisa mengatur semua aspek di dalam website Anda dengan lebih leluasa. Anda pun dapat berkonsultasi dan menentukan performa website Anda nantinya.

5. Website Anda akan tetap online

Biasanya penggunaan web hosting yang gratis sering menyebabkan website mati atau down. Namun ini tidak akan terjadi jika Anda memilih web hosting profesional.

Selama website Anda terhubung dengan penyedia hosting, website Anda akan tetap dapat diakses kapan dan di mana saja. Tentu ini adalah keuntungan bagi Anda karena pelanggan bisa saja berbelanja di tengah malam sekali pun.

Anda memiliki jaminan pasokan listrik dan performa website yang stabil. Para penyedia web hosting biasanya memfasilitasi pelayanan mereka dengan mesin generator pembangkit listrik mandiri sehingga website akan tetap bekerja dengan stabil tanpa terpengaruh pasokan listrik dari PLN.

6. Anda bisa menghemat waktu dan tenaga

Dengan memakai jasa penyedia web hosting, Anda tidak perlu lagi menghabiskan waktu dan tenaga untuk mengelola server. Mereka akan melakukannya untuk Anda. Mereka juga akan memberikan fasilitas lebih untuk Anda sehingga Anda dapat memasarkan produk dengan lebih optimal.

Baca juga : Tips Belajar VPS

Tips Memilih Web Hosting Berkualitas

Setelah tahu pentingnya memilih web hosting berkualitas, kini saatnya Anda tahu bagaimana web hosting yang berkualitas itu. Di bawah ini adalah 4 tips memilih web hosting berkualitas.

1. Pilih Lokasi Server

Pertama, lokasi server. Jika target pasar Anda adalah dari Indonesia, maka gunakan web hosting yang memiliki server di Indonesia. Apabila target pasar Anda adalah orang US misalnya, maka gunakan juga web hosting yang memiliki server di US

2. Pilih Kapasitas Hosting sesuai Kebutuhan

Kedua, kapasitas hosting. Biasanya penyedia web hosting menyediakan 500 KB hingga 1 TB untuk ruang penyimpanan. Namun jika Anda masih pemula, Anda bisa memilih 1 GB terlebih dahulu. Kapasitas ini akan menentukan seberapa banyak konten yang dapat Anda masukkan pada website Anda. Untuk langkah awal, pilihlah hosting dengan penyimpanan minimal 1 GB. Selanjutnya jika dirasa kurang, Anda bisa menambahnya di kemudian hari.

3. Perhatikan Jumlah Addon Domain

Ketiga, jumlah domain. Pastikan kembali berapa jumlah maksimal penambahan domain yang bisa dilakukan. Setiap paket yang ditawarkan biasanya memiliki berbagai pilihan domain. Anda harus memperhatikan poin ini agar tidak terjadi masalah di kemudian hari.

4. Pilih Hosting yang Ramah di Kantong tapi Berkualitas

Terakhir dan yang terpenting adalah harga. Salah apabila Anda menganggap bahwa web hosting terbaik itu adalah yang mahal. Saat ini sudah banyak perusahaan web hosting lokal ataupun interlokal yang menawarkan paket harga bervariatif dan tentunya masuk akal. Namun, sebaiknya Anda tetap harus menentukan berapa budget yang akan Anda keluarkan untuk jasa tersebut. Anda juga bisa mempertimbangkannya bersama dengan kebutuhan website yang ingin Anda buat.

5. Pilih tempat yang tepat untuk Beli Hosting

Banyak penyedia hosting di Indonesia yang menawarkan beragam paket dan fitur untuk hostingnya. Kita bisa menemukan hosting bisnis murah saat ini di domainesia. Domainesia sudah terbukti kredibilitasnya sebagai penyedia web hosting berkualitas di Indonesia. Ada 5 lokasi server yang bisa Anda pilih sesuai dengan target pasar Anda, antara lain: Indonesia, Singapore, Jepang, Inggris, dan Amerika.

Anda pun akan mendapatkan layanan website yang super cepat secepat kilat. Domainesia juga memberikan gratis domain dan gratis SSL.

Selain itu, ada juga garansi uang kembali dan unlimited bandwidth yang dapat menunjang website Anda. Ada beberapa pilihan paket yang dapat Anda pilih. Anda pun dapat berkonsultasi guna mendapatkan pilihan paket yang tepat sesuai budget dan kebutuhan Anda.

Semoga bermanfaat.

Baca juga : Cara Menjadi SEO Specialist

Gambar Gravatar
Seorang praktisi Pemasaran, SEO dan Digital Marketing. Suka dengan kata dan cinta dengan karya. Turut memajukan dan mencerdaskan kehidupan bangsa melalui beragam artikel pendidikan di kitapunya.net.