pengguna laporan keuangan

Siapa Saja Pengguna Laporan Keuangan dalam Perusahaan?

Diposting pada 121 views

Siapa saja pengguna laporan keuangan dalam perusahaan? – Untuk mengetahui keadaan suatu perusahaan dapat dilihat dari analisis laporan keuangan. Tidak hanya bagian manajemen perusahaan, ada pengguna laporan keuangan lainnya yang memerlukan laporan keuangan untuk keperluan yang beragam.

Laporan keuangan harus dibuat dengan penuh ketelitian dan benar. Sehingga, laporan keuangan mampu menyajikan informasi yang sesuai mengenai kondisi keuangan perusahaan untuk pengguna laporan keuangan.

Pengertian Laporan Keuangan

Laporan keuangan atau yang disebut sebagai financial statement merupakan suatu dokumen yang memuat setiap informasi mengenai keuangan di perusahaan. Orang yang membaca laporan keuangan akan memperoleh informasi posisi dan kinerja keuangan pada periode pelaporan.

Terdapat tiga bagian penting yang ada dalam laporan keuangan, yaitu neraca, laporan arus kas, dan laporan laba rugi. Informasi-informasi yang terdapat di dalam laporan keuangan, yaitu:


  • Jumlah uang yang dimiliki atau dihasilkan oleh perusahaan.
  • Efisiensi serta profitabilitas yang dimiliki untuk menghasilkan laba bagi perusahaan.
  • Pembayaran dividen untuk pemegang saham perusahaan.

– Likuiditas perusahaan dalam memenuhi kewajiban jangka pendek. Selain itu, terdapat solvabilitas perusahaan dalam memenuhi kewajiban perusahaan dalam jangka panjang.

Tujuan Laporan Keuangan

Bagian keuangan perusahaan akan membuat laporan keuangan untuk melaporkan keadaan keuangan serta kinerja kepada pemangku kepentingan yang ada di perusahaan, misalnya kreditur atau investor. 

Laporan tersebut sangat berguna dalam membuat suatu keputusan keuangan perusahaan. Sangat wajib bagi perusahaan publik melakukan pelaporan. Laporan diterbitkan dalam tahunan atau triwulan. Laporan tersebut adalah bentuk dari transparansi perusahaan serta tata kelola yang baik.

Banyak pihak yang memiliki kepentingan dengan perusahaan untuk berbagai alasan. Pemegang saham adalah pihak yang melakukan investasi di perusahaan. Smenetara itu, bank dan investor obligasi meminjamkan uang kepada perusahaan dalam jumlah yang tidak sedikit.

Setiap pihak tersebut akan melakukan hal tersebut apabila perusahaan memiliki kinerja yang baik. Sebelum suatu keputusan besar dibuat, pihak-pihak tersebut harus bisa menilai kinerja perusahaan. Oleh karena itu, pihak eksternal akan membutuhkan laporan keuangan perusahaan.

Pada kenyataannya tidak semua laporan keuangan yang dibuat oleh perusahaan memiliki kualitas yang bagus. Untuk mengatasi hal ini harus dilakukan suatu audit atau pemeriksaan untuk mengetahui kualitas dari laporan keuangan yang dibuat. Sehingga, keputusan yang diambil menjadi lebih akurat.

Pengguna Laporan Keuangan

Laporan keuangan disusun dengan tujuan untuk memberikan informasi mengenai keuangan di perusahaan. Laporan keuangan bisa digunakan oleh dua pengguna laporan keuangan, yaitu pengguna internal dan eksternal perusahaan. 

Berikut merupakan penjelasan mengenai pengguna, yaitu:

1.   Pihak Internal Pengguna Laporan Keuangan

Umumnya, pengguna yang berasal dari internal akan menggunakan laporan keuangan untuk kepentingan dalam pengambilan keputusan. Jenis laporan keuangan yang dilihat dikenal juga sebagai laporan keuangan manajerial. 

Beberapa cara penggunaan informasi laporan keuangan oleh pengguna internal, yaitu:

  • Menilai cara manajemen melakukan tanggung jawab terhadap pengelolaan sumber daya yang dimiliki perusahaan.
  • Membuat keputusan mengenai waktu yang tepat melakukan investasi atau meminjam sumber daya.
  • Membuat keputusan melakukan perampingan atau ekspansi bisnis.

Pihak internal yang menggunakan laporan keuangan untuk berbagai keperluan, yaitu:

a. Manajemen perusahaan

Pengguna pertama laporan keuangan yaitu manajemen perusahaan. Walaupun manajemen perusahaan adalah pihak yang menyiapkan laporan keuangan, namun manajemen perusahaan juga melakukan pertimbangan mengenai kemajuan serta pertumbuhan perusahaan.

Manajemen perusahaan akan melihat informasi dari sisi profitabilitas, arus kas, likuiditas, saldo kas, arus kas dan kewajiban, utang yang perlu dibayar, persyaratan dana, pembiayaan proyek, serta kegiatan operasional lainnya.

Manajemen perusahaan membutuhkan laporan keuangan untuk membuat suatu keputusan yang berhubungan dengan bisnis yang dijalankan.

b. Owner / Pemilik

Pemilik adalah pihak internal yang tertarik dengan laporan keuangan. Tidak hanya untuk melihat laba perusahaan, namun pemilik juga ingin mengetahui informasi dari jumlah keuangan yang dimiliki untuk pendapatannya. Pemilik ingin mengetahui besar modal yang diperlukan untuk memperoleh pendapatan penjualan produk perusahaan.

c. Karyawan

Terkadang karyawan juga memiliki kepentingan untuk melihat laporan keuangan perusahaan. Biasanya karyawan melihat laporan keuangan dengan sudut pandang yang berbeda, misalnya untuk mengetahui pemberian bonus atau kenaikan gaji berdasarkan kinerja keuangan.

Selain itu, terdapat juga karyawan yang ingin mempelajari bisnis serta industri secara mendalam yang bisa diketahui dari laporan keuangan. Dalam mengambil keputusan, sudah seharusnya perusahaan mengajak dan melibatkan karyawan.

Karyawan juga bisa memanfaatkan laporan keuangan dalam memprediksi peluang serta ekspansi pengembangan karir.

2. Pihak eksternal pengguna laporan keuangan

Terdapat banyak pihak eksternal yang membutuhkan laporan keuangan perusahaan untuk berbagai keperluan. Beberapa pihak eksternal yang menggunakan laporan keuangan, yaitu:

a. Kreditor

Kreditor atau pemberi pinjaman perusahaan akan memerlukan laporan keuangan untuk melihat kemampuan perusahaan dalam membayar utang. Umumnya, kreditur akan melihat bagian likuiditas perusahaan, yaitu kemampuan perusahaan membayar kewajiban jangka pendek.

b. Investor

Setiap investor dan calon investor akan memerlukan informasi mengenai peluang keuntungan serta keamanan investasi. Laba yang terjadi masa depan bisa diperkirakan dari laporan laba rugi. 

Selain itu, investor juga memerlukannya untuk membuat keputusan mengenai investasinya.

c. Analisis investasi

Analisis investasi akan melakukan pengawasan pada laporan keuangan perusahaan. Dari analisis yang dilakukan dari laporan keuangan maka analisis investasi akan membuat suatu keputusan untuk merekomendasikan saham perusahaan pada klien atau tidak.

d. Pihak-pihak Lain

Selain itu, beberapa pihak eksternal yang bisa menggunakan laporan keuangan adalah

  • pelanggan,
  • lembaga pemeringkat,
  • otoritas pajak dan pemerintah,
  • pemasok,
  • kompetitor,
  • serikat pekerja,
  • masyarakat umum.

Jenis Laporan Keuangan Yang Dipakai Pengguna Laporan Keuangan

Di dalam laporan keuangan terdapat beberapa unsur yang harus ada. Unsur-unsur yang terdapat dalam laporan keuangan, yaitu:

a. Neraca

Neraca akan memperlihatkan ikhtisar mengenai posisi keuangan dari perusahaan. Pada neraca, Anda bisa mengetahui aset, ekuitas, serta liabilitas. Total aset yang dimiliki harus sama dengan total liabilitas serta ekuitas pemegang saham (total ekuitas).

b. Laporan laba rugi

Pada laporan laba rugi terdapat informasi mengenai kinerja keuangan perusahaan pada periode akuntansi. Informasi yang bisa diketahui adalah nilai pendapatan, laba, serta beban. Laporan laba rugi akan ditautkan ke neraca melalui akun laba ditahan. 

Akun laba ditahan dapat dilihat pada bagian ekuitas pemegang saham.

c. Laporan arus kas

Laporan ini akan menunjukkan kas masuk dan keluar perusahaan. Pada laporan ini terdapat tiga bagian, yaitu aktivitas operasi, investasi, serta pendanaan atau pembiayaan. Akun kas dan setara kas pada bagian aset akan menautkan laporan arus kas ke neraca.

d. Pernyataan perubahan pada ekuitas pemegang saham

Bagian ini memperlihatkan efek yang terjadi dari transaksi yang mempengaruhi ekuitas pemegang saham dalam periode pelaporan.

e. Tanggung jawab manajemen atas pelaporan keuangan

Bagian ini berisi pernyataan mengenai tanggung jawab resmi yang dibuat oleh manajemen yang berhubungan. Pernyataan harus dibuat dengan objektif dan integritas keuangan.

f. Laporan auditor independen

Memperlihatkan pendapat yang diberikan auditor. Pendapat menjelaskan mengenai kualitas informasi yang terdapat pada laporan keuangan perusahaan.

g. Catatan atas laporan keuangan

Mendiskusikan unsur-unsur yang terdapat pada neraca, laporan laba rugi, serta laporan arus kas secara lebih lengkap dan detail.

Unsur neraca, laporan laba rugi, serta laporan arus kas merupakan unsur yang paling penting. Ketika melakukan analisis laporan keuangan, pengguna laporan keuangan akan fokus pada ketiga unsur tersebut.Keberadaan laporan keuangan tentu sangat penting bagi setiap perusahaan. Pengguna laporan keuangan bisa melakukan suatu tindakan dan mengetahui informasi mengenai perusahaan berdasarkan laporan keuangan yang disusun baik dan sesuai.

Baca juga artikel akuntansi yang terkait dengan “Pengguna Laporan Keuangan” berikut ini :

Gambar Gravatar
Seorang praktisi Pemasaran, SEO dan Digital Marketing. Suka dengan kata dan cinta dengan karya. Turut memajukan dan mencerdaskan kehidupan bangsa melalui beragam artikel pendidikan di kitapunya.net.